Susu Ibu Hamil yang Direkomendasikan

Merries Insight
24 Agustus 2021
Umum
Share
Susu Ibu Hamil yang Direkomendasikan

Pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil terbentuk mulai dari kandungan. Untuk itulah Moms perlu memperhatikan asupan ketika hamil. Salah satu asupan yang dianjurkan selama kehamilan adalah susu ibu hamil.

Sebenarnya minum susu khusus ibu hamil tidak diwajibkan asalkan Moms dapat memenuhi asupan gizi yang cukup ketika hamil. Meskipun begitu, susu merupakan sumber protein yang lengkap sehingga mengonsumsinya sebagai pelengkap kebutuhan gizi saat hamil sangat dianjurkan.

Biasanya Moms akan mengonsumsi suplemen tambahan saat hamil untuk memenuhi gizi. Lalu apakah Moms juga tetap perlu mengonsumsi susu ibu hamil? Penyerapan gizi tetap lebih baik didapatkan dari makanan langsung dibandingkan suplemen, tetapi Moms sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter tentang kebutuhan nutrisi selama hamil.

Mengonsumsi susu akan mengurangi risiko mengalami anemia saat hamil. Selain itu mengonsumsi susu saat hamil bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Moms dapat mengonsumsi susu ibu hamil dari awal kehamilan. Mungkin minum susu saat hamil muda akan terasa sedikit mual. Sebaiknya pilih susu untuk ibu hamil 4 minggu yang memiliki rasa, seperti rasa coklat atau lainnya untuk mengurangi rasa mual.

Susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin tentunya selain harus mengandung protein dan kalsium, juga perlu mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan ini hamil. Nutrisi penting tersebut adalah :

- Asam Folat, nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil ini bermanfaat untuk mengurangi risiko lahir prematur dan juga baik untuk membantu pembentukan darah ibu hamil.
- AHA/DHA, memiliki peran penting dalam menyusun sel otak janin dan pertumbuhan saraf pusatnya.
- Vitamin B6, membantu pembentukan sel darah merah, antibodi, dan neurotransmitter untuk si Kecil dalam kandungan.
- Vitamin D, sangat baik untuk imunitas Moms saat hamil dan juga menjaga tingkat kalsium yang berguna untuk tulang dan gigi Moms selama hamil.
- Yodium, akan membantu perkembangan fisik dan otak si Kecil dalam kandungan. 

Selain susu khusus ibu hamil, Moms juga dapat mengonsumsi jenis susu lainnya. Berikut ini beberapa susu yang bagus untuk ibu hamil dan aman untuk dikonsumsi.

1. Susu Full Cream

Susu murni atau susu full cream baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu full cream mengandung lemak lebih banyak dibandingkan susu skim. Selain itu kandungan nutrisinya juga lebih lengkap. Dalam satu gelas susu full cream 200 ml mengandung kurang lebih 150 kalori dan 5 g lemak jenuh. Apabila berat badan Moms ideal dapat mengonsumsi susu ini.

2. Susu Skim

Susu skim dapat menjadi salah satu pilihan susu ibu hamil yang aman dikonsumsi. Pada proses pembuatan susu skim akan ada pembuangan lemak jenuh sehingga susu menjadi lebih ringan. Kalori susu skim terbilang rendah, yaitu 83 kalori dalam setiap cangkir susu 200 ml. Proses pembuatan susu skim akan menurunkan beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan C. Susu ini cocok untuk Moms yang tidak ingin mengonsumsi makanan berkalori tinggi. 

3. Susu Pasteurisasi

Apapun jenis susu ibu hamil yang Moms pilih selalu pastikan bahwa susu telah melewati proses pasteurisasi. Proses ini penting untuk menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terkandung pada susu mentah. Susu yang terkontaminasi bakteri tentunya berbahaya untuk janin

Moms dapat mengonsumsi susu sebanyak 2-3 porsi selama hamil atau sesuai dengan anjuran dokter kandungan. Perlu diingat bahwa Moms tidak boleh mengonsumsi susu secara berlebihan, karena pada susu memiliki kandungan gula. Jika dikonsumsi berlebihan akan mempengaruhi kadar gula Moms selama hamil. Mengonsumsi gula berlebih ketika hamil dapat mengakibatkan kenaikan berat badan berlebih, meningkatkan risiko pre-eklampsia, dan berdampak buruk bagi janin seperti obesitas.

Apabila Moms memiliki alergi susu sapi atau intoleran laktosa, Moms dapat mengganti susu dari kacang-kacangan yang juga memiliki manfaat untuk kehamilan. Berikut ini jenis susu lainnya yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. 

1. Susu Kedelai

Mungkin Moms sudah tidak asing bahwa susu kedelai menjadi salah satu pilihan konsumsi susu ibu hamil. Susu yang berasal dari kedelai yang digiling dan direndam air ini  juga memiliki kalsium yang sama dengan susu sapi. Dalam segelas susu kedelai terkandung 300 mg kalsium yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan Moms.

Susu kedelai bebas lemak sehingga baik untuk Moms yang tetap ingin menjaga kebugaran selama hamil. Selain itu susu kedelai mengandung antioksidan.dan serat yang baik untuk pencernaan.

2. Susu Almond

Kacang almond memang dikenal baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Moms bisa mengonsumsi susu almond sebagai pengganti susu ibu hamil yang terbuat dari sapi. Beberapa orang memiliki alergi terhadap kacang kedelai dan intoleran terhadap laktosa dapat sangat aman mengonsumsi susu almond.

Sama seperti susu kedelai, susu almond juga rendah lemak. Susu almond banyak mengandung asam folat, serat, vitamin B, dan E yang tentunya baik untuk ibu hamil. Moms dapat membuat sendiri susu almond dengan menghaluskan kacang almond dengan air kemudian memerasnya untuk mendapat sarinya. Saat ini juga banyak susu almond yang dijual dalam kemasan dengan tambahan kalsium dan vitamin lainnya.

3. Susu Beras

Susu ibu hamil lainnya adalah susu beras yang terbuat dari beras dan air. Apabila Moms menderita diabetes sebaiknya hindari mengonsumsi susu beras karena kandungan karbohidratnya empat kali lebih banyak dibandingkan susu sapi. Pada susu beras banyak mengandung vitamin B1 dan kalsium. 

4. Susu Gandum

Apabila Moms sering merasa sembelit saat hamil maka sebaiknya mencoba susu gandum. Susu gandum memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Moms bisa menjadikan susu gandum sebagai salah satu pilihan susu ibu hamil karena mengandung berbagai mineral seperti kalium, mangan, dan fosfor. 

Susu gandum juga kaya akan vitamin A, B, dan protein yang lebih banyak dibandingkan susu almond dan susu beras. Susu ini dapat dijadikan pilihan saat Moms mengalami mual. Kandungan serat dalam susu gandum juga dapat mengendalikan keinginan makan yang tinggi.

Itulah tadi informasi mengenai susu ibu hamil untuk Moms. Selain mempersiapkan kesehatan dan pertumbuhan si Kecil, Moms juga perlu memperhatikan kenyamanan si Kecil ketika lahir. Moms perlu mempersiapkan popok yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Moms dapat menggunakan popok Merries yang merupakan popok pilihan No. 1 para ibu di Jepang.

Untuk bayi baru lahir dapat menggunakan popok New Born Tape Merries yang memiliki 3 lapisan bersirkulasi. Permukaan popok yang lembut dan mudah menyerap cairan akan membuat si Kecil nyaman dan bebas iritasi. Perekatnya juga lembut dan mudah dilepas pasang berulang kali. Popok Merries New Born juga memiliki alarm penanda jika popok sudah penuh, sehingga Moms bisa segera menggantinya agar si Kecil tetap nyaman. 

Yuk Moms gunakan popok Merries New Born demi kenyamanan si Kecil!