Simak, Pentingnya Memilih Popok Bayi Terbaik

Merries Insight
31 Maret 2022
Umum
Share
Simak, Pentingnya Memilih Popok Bayi Terbaik

Memilih popok bayi terbaik adalah salah satu hal penting yang mesti diperhatikan Moms. Sebab, popok adalah faktor nyaman-tidaknya bayi saat tidur maupun beraktivitas. Semakin baik kualitas popok yang dipilih, maka semakin nyaman pula Si Kecil dalam melakoni tiap aktivitasnya. Salah memilih popok akan membuat Si Kecil tak nyaman dan rentan terkena iritasi atau ruam pada bagian kulit. 

Untuk bisa memilih popok bayi terbaik, Moms mesti memperhatikan berbagai macam faktor. Mulai dari ukuran popok sampai budget yang mesti dikeluarkan. Pada artikel ini, Merries akan coba jelaskan faktor-faktor itu satu per satu. Siapa tahu bisa membantu Moms dalam mendapatkan popok terbaik untuk Si Kecil.

Pembahasan soal faktor-faktor itu bisa disimak saja di bawah ini!

Faktor Penting dalam Memilih Popok Terbaik untuk Si Kecil

  • Ukuran Popok yang Cocok untuk Si Kecil

Dalam membeli popok bayi, Moms mesti tahu dulu berapa ukuran popok yang cocok untuk Si Kecil. Pastikan ukurannya pas agar Si Kecil nyaman dan terhindar dari ruam atau iritasi kulit.

Untuk tahu ukuran popok yang pas, Moms bisa mengetahuinya lewat berat badan Si Kecil. Untuk berat badan yang relatif kecil 4 sampai 8 Kg dan 6 sampai 11 Kg, Moms bisa memilih popok berukuran S atau M. Sebaliknya, ukuran L dan XL mesti Moms pilih jika ukuran badan Si Kecil tergolong besar di 9 sampai 14 Kg atau 12 sampai 22 Kg.

Jika sudah saatnya mengganti popok ke ukuran yang lebih besar, Moms bisa perhatikan tanda-tanda berikut ini.

  • Popok terlihat ketat di sekitar pinggang dan paha. Atau meninggalkan bekas di kulit.
  • Untuk tipe perekat, hanya ujung perekatnya saja yang bisa direkatkan untuk menahan popok.
  • Saat popok dipakai Si kecil, popok akan terlihat kekecilan dan berada dibawah pusar.
  • Saat air pipis dan dan kotoran bertambah, popok tidak bisa menampung dan menyebabkan kebocoran.
  • Saat berat badan Si Kecil bertambah dan melebihi ukuran popok yang saat ini digunakan.
  • Jenis Popok yang Mesti Dipilih

Sebagian besar ibu masih bingung dalam memilih jenis popok yang layak mereka pilih. Oh ya, popok sekali pakai sendiri punya dua jenis yang dikenal di pasaran, yaitu popok jenis tape dan pants. Popok sekali pakai dibuat dari bahan non-kain yang praktis dalam penggunaannya. Jenis tape cocok untuk bayi baru lahir karena jenis popok ini memiliki perekat yang dapat dilepas pasang berulang kali. Kemudian jenis pants cocok untuk bayi yang mulai belajar merangkak dan berjalan karena popok bersirkulasi udara dan dapat diregangkan hingga 2.5 kali.

Untuk bisa memilih salah satu jenis popok itu, Moms harus tahu apa yang jadi kebutuhan Moms dan Si Kecil. Jika Moms mau popok yang praktis dalam pemakaiannya, popok sekali pakai bisa jadi pilihan.

  • Kondisi Kulit Si Kecil (Apakah Kulitnya Tergolong Sensitif atau Tidak)

Kulit bayi adalah bagian tubuh yang akan bersentuhan langsung dengan popok. Oleh karenanya, bagian tubuh ini jadi salah satu faktor penting dalam memilih popok terbaik. Faktor ini tak jadi masalah berat bila kulit Si Kecil tergolong tidak sensitif. Hal ini justru jadi perhatian lebih bila kulit Si Kecil tergolong sensitif alias rentan terkena iritasi. 

Untuk soal ini, Moms mesti agak sedikit selektif. Sebagai saran, pilihlah popok yang tidak mengandung pewangi, jenis popok ini lebih aman untuk kulit Si Kecil. 

  • Kelebihan Pada Popok yang Hendak Dipilih

Tiap popok pasti punya kelebihannya sendiri. Kalau mau mendapatkan popok terbaik, Moms wajib memilih popok yang memiliki fitur berupa daya serap tinggi, serta sirkulasi udara yang baik.

Popok berdaya serap tinggi mampu menyerap cairan dan kotoran bahkan sampai beberapa kali. Pastikan popoknya tidak gampang bocor, karena akan sangat percuma bila popok punya daya serap tinggi tapi malah mudah mengalami kebocoran.

Sementara itu, sirkulasi udara yang baik bisa membuat kulit mendapatkan udara, serta Si Kecil merasa nyaman selama memakai popoknya. Selain dua kelebihan di atas, disarankan juga untuk memilih popok terbaik dengan kelebihan lainnya. Semisal punya lapisan permukaan yang lembut serta tidak menimbulkan bekas di kulit saat Si Kecil memakainya.

  • Budget yang Moms Punya

Inilah faktor terakhir yang mesti Moms perhatikan sebelum memilih popok terbaik. Untuk menentukan budget yang pas, Moms bisa mencari tahu informasi bagaimana kondisi kulit, serta kebiasaan buang air Si Kecil.

Mengetahui kedua aspek itu bisa membantu Moms mendapatkan popok yang cocok. Setelahnya, cek berapa harga popok yang hendak dipilih, baik via online atau bertanya langsung ke supplier. Pastikan harganya pas dan sesuai dengan kualitas popok yang didapatkan.

Memilih popok terbaik untuk bayi adalah keharusan, karena popok menentukan nyaman-tidaknya bayi selama beraktivitas. Salah memilih popok akan membuat Si Kecil tak nyaman dan rentan iritasi.

Untuk menentukan mana popok terbaik yang layak beli, Moms mesti memerhatikan berbagai faktor. Mulai dari ukuran sampai biaya yang mesti dikeluarkan. Adapun faktor-faktor itu sudah kami jelaskan satu per satu di atas. Semoga bisa jadi panduan untuk Moms sekalian.

Oh ya, sebelum ditutup, Merries mau kasih satu rekomendasi popok yang sekiranya cocok untuk Moms, yaitu Merries Good Skin. Produk ini merupakan salah satu popok terbaik karena sudah teruji secara klinis mampu mengatasi iritasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski).

Kelebihannya pun banyak, mulai dari daya serap yang tinggi yang mampu menahan cairan hingga 5 kali pipis , sirkulasi udara yang baik, sampai lapisan bagian dalamnya bahan yang lembut. Ukurannya pun beragam mulai dari S hingga XXL dan sesuai berat badan Si Kecil, serta dilengkapi desain menarik. Kalau Moms tertarik, Moms bisa langsung memesannya dengan klik link berikut ini.