Pengertian Daycare Anak serta Kelebihan dan Kekurangannya

Merries Insight
09 Mei 2022
Umum
Share
Pengertian Daycare Anak serta Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti halnya memilih tempat imunisasi bayi, memilih tempat penitipan anak juga agak gampang-gampang susah, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Moms harus tahu seperti apa kondisi tempat itu, lalu tentukan apakah tempatnya memang layak untuk dipilih atau tidak.

Sebagai saran, Moms bisa pilih daycare sebagai tempat menitipkan Si Kecil. Tempat ini sangat cocok untuk Moms yang ingin menitipkan Si Kecil di tempat yang aman dan punya berbagai fasilitas penunjang. Daycare sendiri punya kelebihan dan kekurangan di dalamnya.

Di artikel ini, Merries akan kasih tahu apa saja kelebihan dan kekurangan tempat penitipan anak tersebut. Namun, sebelumnya Merries akan kasih tahu dulu definisi singkat daycare yang bisa Moms baca di bawah ini!

Pengertian Daycare

Secara sederhana, daycare adalah tempat penitipan anak yang dikelola oleh pihak-pihak tertentu dan memiliki berbagai fasilitas. Tempat ini sering dipilih oleh para orangtua yang bekerja dan tak memiliki kerabat atau ART yang bisa menggantikan mereka untuk mengurus Si Kecil.

Berdasarkan sarananya, daycare terbagi atas beberapa jenis, yaitu: daycare di rumah, daycare di sekolah, dan daycare di tempat pelayanan (rumah sakit, tempat ibadah, dan kantor).

Kelebihan dan Kekurangan Daycare

Merries akan berikan informasi kelebihan dan kekurangan daycare. Mengetahui dua aspek itu bisa membantu Moms untuk mempertimbangkan apakah Si Kecil mau dititipkan ke daycare atau tidak.

Kelebihan

Kita mulai dari kelebihan. Boleh dibilang kalau daycare punya kelebihan yang cukup banyak. Kelebihan-kelebihan itu adalah:

  • Dilengkapi fasilitas sarapan, makan siang, dan camilan yang akan dikasih tiap harinya. Dengan begitu, Moms pun jadi tak perlu menyiapkan bekal makanan untuk Si Kecil.
  • Memiliki kurikulum pendidikan khusus (bahkan ada yang setara PAUD), serta jadwal kegiatan yang tersusun rapi. Si Kecil pun jadi bisa mendapatkan ilmu dan kegiatan baru.
  • Semua ilmu dan kegiatan yang tersedia di daycare telah disesuaikan dengan usia Si Kecil.
  • SI Kecil bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan baru, bersosialisasi, serta melakukan kegiatan bersama dengan anak-anak lainnya. Seperti berbagi, mengantre, maupun bekerja sama.
  • Dilengkapi guru dan pengasuh profesional. Pengasuhnya sendiri bisa diganti pengasuh baru jika pengasuhnya tengah berhalangan hadir.
  • Di beberapa daycare, Moms akan mendapatkan fasilitas khusus berupa akses untuk memantau kegiatan Si Kecil secara online. Tak hanya itu, Moms juga akan menerima dokumen kegiatan Si Kecil berupa foto dan catatan.

Kekurangan

Dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan. Hal itu juga berlaku pada daycare. Moms mau tak mau mesti mengetahuinya sebagai bahan pertimbangan sebelum menitipkan Si Kecil di daycare. Adapun kekurangan itu adalah:

  • Si kecil akan rentan terkena virus atau penyakit dari anak lainnya, terutama bila anak tersebut sedang kurang fit. Virus atau penyakitnya sendiri biasanya menular melalui interaksi antara Si Kecil dan anak itu, atau lewat benda-benda yang mereka pakai. Kendati begitu, beberapa daycare telah menerapkan kebijakan tertentu untuk menghindari risiko penularan virus atau penyakit di tempat mereka.
  • Jam operasional daycare yang cukup merepotkan, terutama untuk Moms yang harus lembur atau berangkat ke kantor lebih pagi.
  • Walau di sana telah dilengkapi pengasuh, Si Kecil tetap akan rentan terkena benturan dari benda atau anak lain, serta terjatuh saat bermain.
  • Karena bertemu dengan anak-anak lain, Si Kecil pun jadi rentan terpengaruh perilaku anak-anak tersebut. Bisa saja nantinya Si Kecil terpengaruh oleh perilaku yang kurang baik. 

Tips Memilih Daycare yang Tepat di Masa Pandemi

Sebelum ditutup, Merries akan kasih beberapa tips memilih daycare yang tepat. Sebagaimana yang telah Merries bilang, kalau memilih daycare tergolong gampang-gampang susah. Apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang yang membuat tiap orangtua mesti lebih berhati-hati, serta selektif dalam memilih daycare. 

Adapun tips-tips itu adalah:

  • Pilihlah daycare yang secara konsisten selalu memeriksa kesehatan pengajar, pengasuh, petugas, serta anak-anak secara berkala.
  • Pastikan daycare yang dipilih telah menerapkan berbagai protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan, memakai masker, sampai menjaga jarak aman.
  • Tanyakanlah kepada pihak pengelola soal seberapa sering mereka melakukan disinfeksi. Biasanya, daycare terpercaya akan melakukan disinfeksi secara berkala, yaitu sebelum Si Kecil masuk dan setelah Si kecil pulang dari daycare.
  • Bila Si Kecil memiliki kebutuhan khusus, Moms bisa berkonsultasi dulu ke dokter. Nantinya, dokter akan merekomendasikan sejumlah daycare yang sesuai dengan kebutuhan Si kecil.

Itulah pengertian daycare anak beserta kelebihan dan kekurangan di baliknya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Moms sekalian. Walaupun nanti Moms menitipkan Si kecil, pastikan Moms untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang agar Si Kecil tak kekurangan kasih sayang dari orangtuanya. Jangan lupa untuk memberikan Si Kecil imunisasi bayi agar imun tubuhnya tetap terjaga

Pastikan pula Si Kecil selalu memakai popok yang cocok, sehingga Si Kecil bisa beraktivitas, baik selama di daycare maupun di rumah. Moms bisa pilih popok dengan perlindungan higienis seperti Merries Skin Protection.

Popok Merries Skin Protection merupakan popok pertama di Indonesia dengan lapisan antibakteri sehingga melindungi si Kecil dari iritasi, ruam dan gatal. Ekstrak natural daun teh yang terkandung dalam lapisan antibakteri Merries Skin Protection dikenal sebagai bahan antiinflamasi dan antibakteri. Popok jadi lebih higienis, cegah bau dan lindungi kulit Si Kecil dari kuman. Pilihan yang cocok untuk Moms yang akan menitipkan Si Kecil di daycare. 

Popok Merries ini punya sirkulasi udara di seluruh permukaannya, sehingga kulit Si Kecil pun bebas bernapas dan tak akan merasa pengap. Bagian pinggangnya telah dilengkapi karet yang lembut dan elastis, serta lapisan dalamnya yang lembut dan memiliki 3 jalur penyerapan, sehingga cairan pipis dapat tersebar rata. Popok ini sangat nyaman dipakai oleh Si Kecil yang terus aktif bergerak. Moms pun akan merasa aman karena popoknya yang sudah terlindungi higienis dan kulit Si Kecil dapat sehat terawat . Silakan Moms klik di sini bila ingin memesannya.