Moms Ini Yang Perlu Dilakukan Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

Merries Insight
29 Oktober 2021
Umum
Share
Moms Ini Yang Perlu Dilakukan Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

Biasanya pertumbuhan bayi yang terlihat saat usia 6 bulan ke atas adalah tumbuh gigi di mulut bayi. Meskipun umumnya bayi tumbuh gigi di usia 6 bulan ke atas, tetapi ada juga kasus bayi yang tumbuh pada usia 4 bulan bahkan saat lahir sudah terdapat gigi. Memang mengejutkan jika menemukan bayi baru lahir yang sudah memiliki gigi, tetapi sebenarnya hal itu bisa saja terjadi karena sejak dalam kandungan gigi bayi sudah terbentuk namun belum keluar.

Pertumbuhan gigi bayi sangat dipengaruhi oleh asupan kalsium, karena dalam gigi banyak sekali unsur kalsium. Kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan gigi didapat sejak dalam kandungan, itulah mengapa ibu hamil membutuhkan kalsium tinggi.

 

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Waktu munculnya gigi pertama bayi memang berbeda-beda tergantung dari kondisi dan penyerapan nutrisi anak. Umumnya pertumbuhan gigi akan terlihat jelas mulai usia 5 bulan. Berikut ini tahapan pertumbuhan gigi agar Moms bisa bersiap dan mengecek pertumbuhannya :

  • Usia 5 Bulan

Pada usia ini pertumbuhan gigi si Kecil akan terlihat di bagian gusi. Mungkin gusi si Kecil akan membengkak dan kemerahan sebagai tanda bahwa gigi akan muncul.

  • Usia 6 Bulan

Gigi pertama si Kecil biasanya mulai tumbuh di usia ini. Gigi pertama yang muncul berupa gigi seri depan di rahang bawah. Terkadang gigi seri langsung muncul 2 secara bersamaan. Setelah muncul gigi sebaiknya Moms selalu membersihkan giginya setelah selesai menyusui dengan kain bersih yang lembut atau dengan kain kasa.

  • Usia 7 Bulan

Gigi seri bagian atas akan muncul pada sekitar usia 7 bulan. Saat gigi seri atas dan bawah sudah muncul biasanya si Kecil akan mulai menerima makanan yang lebih padat seperti biskuit.

  • Usia 9-16 Bulan

Selanjutnya gigi di sebelah samping gigi seri pada rahang atas dan bawah akan muncul.

  • Usia 14 Bulan

Memasuki usia 14 bulan biasanya gigi geraham akan mulai muncul di rahang atas dan bawah.

  • Usia 18 Bulan

Gigi taring rahang atas dan bawah akan muncul mulai usia ini. Tumbuh secara bertahap mulai dari usia 18 bulan hingga 22 bulan.

  • Usia 2-3 Tahun

Memasuki usia 2-3 tahun gigi anak akan lengkap berjumlah 20 gigi, masing-masing 10 gigi pada rahang atas dan bawah. Gigi ini dikenal sebagai gigi susu.

 

Ciri-Ciri Bayi Yang Sedang Tumbuh Gigi

Biasanya bayi saat tumbuh gigi akan merasa nyeri, kurang nyaman, hingga demam. Berikut ini beberapa ciri ciri bayi tumbuh gigi :.

  • Mengeluarkan Banyak Air Liur

Biasanya si Kecil akan mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak saat tumbuh gigi. Hal ini disebabkan karena gerakan otot di mulut bayi terjadi peningkatan sehingga memicu kelenjar ludah lebih aktif memproduksi air liur. Sediakan bibs di leher si Kecil agar bajunya tidak basah terkena air liur.

  • Gusi Bengkak 

Saat tumbuh gigi akan diawali dengan pembengkakan gusi dan kemerahan di area tumbuh gigi. Moms dapat mengeceknya dengan memperhatikan gusi si Kecil dan merabanya, biasanya gusi akan terasa samar terasa gigi di dalam gusi.

  • Sering Menggigit Benda

Ketika tumbuh gigi, gusi si Kecil akan terasa gatal dan memberikan respon ingin menggigit atau menghisap benda-benda.

  • Menolak Makan

Gusi yang bengkak dan mengalami nyeri membuat si Kecil menolak untuk makan karena merasa tidak nyaman saat mengunyah. Jadi ketika si Kecil sedang mengalami gerakan tutup mulut atau GTM coba periksa mulutnya, mungkin saja si Kecil sedang tumbuh gigi. Moms perlu bersabar dan buatkan makanan yang nyaman di mulutnya.

  • Rewel Saat Tidur Malam

Saat malam hari, laju pertumbuhan gigi si Kecil akan lebih cepat. Hal tersebut membuat si Kecil merasa tidak  nyaman di malam hari sehingga ia akan rewel saat tidur.

  • Demam

Pada beberapa bayi akan timbul demam saat sedang tumbuh gigi. Moms bisa meredakan demam dengan memberinya parasetamol atau jika demamnya tidak tinggi cukup diberikan ASI.

 

Cara Membuat Nyaman Bayi Yang Tumbuh Gigi

Ketika tumbuh gigi si Kecil merasa tidak nyaman, rewel, bahkan menolak makan. Hal tersebut sangat wajar Moms, agar si Kecil merasa nyaman Moms bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Memberikan Minuman Dingin

Minuman dingin dapat membuat rasa nyeri pada gusi si Kecil mereda. Cobalah berikan minuman dingin namun jangan terlalu dingin karena justru akan membuat gusinya terasa sakit. Moms bisa memberikan susu, yoghurt, atau air putih dingin.

  • Mengusap Gusi

Untuk meredakan nyerinya Moms bisa membantu si Kecil dengan mengusap gusinya menggunakan jari yang bersih. Lakukan secara lembut dan perlahan untuk membuatnya merasa lebih nyaman.

  • Memberikan Teether

Rasa gatal pada gusi yang timbul membuat si Kecil senang menggigit berbagai benda untuk meredakan rasa gatalnya. Moms bisa memberikan teether yang aman dan sudah dibersihkan untuk digigit oleh si Kecil. Memberikan teether lebih aman karena biasanya empuk dan terbuat dari bahan yang aman. Selalu bersihkan teether setelah selesai digunakan untuk menjaga kebersihannya.  

  • Camilan Sehat

Selain teether Moms juga bisa memberikan camilan sehat seperti buah atau sayur yang dipotong seukuran genggaman anak. Moms bisa memberikannya dalam keadaan dingin sehingga menambah kenyamanan untuk gusinya.

 

Perawatan Gigi Bayi

Jika bayi tumbuh gigi tentunya Moms perlu melakukan perawatan untuk giginya agar selalu bersih dan sehat. Berikut ini hal yang bisa Moms lakukan jika si Kecil sudah mulai tumbuh gigi.

  • Mengusap gigi dan lidah si Kecil sebelum tidur dan setelah makan pagi. Moms bisa juga menggunakan kain yang agak bertekstur misalnya menggunakan kain kasa steril. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi dan lidah si Kecil.
  • Mulailah mengenalkan aktivitas sikat gigi pada si Kecil. Moms bisa menggunakan sikat gigi khusus untuk si Kecil dengan bulu yang halus. Perlihatkan caranya saat mandi kepada si Kecil. Mungkin di awal ia tidak bisa membersihkan giginya secara sempurna, tidak apa-apa karena masih dalam proses belajar. Moms bisa membantunya membersihkan giginya dengan kain atau sikat gigi khusus. 
  • Saat gigi si Kecil sudah keluar Moms boleh menambahkan pasta gigi, tetapi jika si Kecil belum bisa berkumur dengan benar sebaiknya gunakan pasta gigi tanpa fluoride. Gunakan sedikit saja pasta gigi untuk si Kecil. Jika ia sudah bisa berkumur sendiri maka Moms boleh memberikan pasta gigi yang mengandung fluoride karena akan baik untuk kesehatan giginya.

Melihat pertumbuhan bayi memang sangat menyenangkan. Si Kecil akan melewati berbagai pertumbuhan seperti tumbuh gigi, badan semakin tinggi, kemampuan motorik yang baik, mampu melakukan hal-hal baru, tumbuh menjadi anak sehat dan ceria. Selama masa pertumbuhan ini Moms perlu memperhatikan kebutuhannya untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah satu kebutuhan pentingnya adalah popok yang nyaman.

Dengan popok yang nyaman maka aktivitas si Kecil setiap harinya tidak akan terganggu sehingga dapat bermain dan belajar dengan ceria. Moms bisa memenuhi kebutuhan popok nyaman dengan popok Merries yang menjadi pilihan No.1 para ibu di Jepang. Popok Merries memiliki 3 lapisan yang memiliki sirkulasi udara baik, menyerap cairan dengan banyak dan cepat, dan berbahan lembut sehingga kulit bayi bebas lembab dan iritasi. Kelebihan lainnya adalah popok Merries memiliki alarm penanda pipis jika popok sudah penuh dan perlu diganti. Moms jadi mudah mengetahui kapan waktunya popok harus diganti sehingga kulit bayi akan aman. Dukung tumbuh kembang si Kecil dengan memberikan popok Merries yang nyaman di kulitnya ya Moms!