Menghilangkan Cegukan pada Bayi Baru Lahir

Merries Insight
21 Juli 2021
Umum
Share
Menghilangkan Cegukan pada Bayi Baru Lahir

Moms jangan panik jika Si Kecil mengalami cegukan karena hal tersebut sudah umum terjadi. Bayi baru lahir cegukan terjadi karena mekanisme kontrol serta refleknya belum berkembang sempurna. Diafragma bayi dapat mengencang secara tiba-tiba sehingga menutup pita suara di kerongkongan, kemudian menghasilkan suara cegukan.

Apa penyebab cegukan pada bayi yang sering terjadi? Cegukan bisa terjadi karena Si Kecil makan terlalu banyak dan terlalu cepat. Tetapi pada bayi baru lahir juga sering sekali terjadi cegukan padahal Si Kecil belum bisa makan.

Ternyata terlalu banyak menelan udara saat menyusui dan udara dari botol susu juga bisa menjadi pemicu kenapa bayi baru lahir sering cegukan. Bahkan ketika dalam kandungan Si Kecil juga bisa mengalami cegukan.

Cegukan ini memang tidak berbahaya, namun terkadang membuat rasa tidak nyaman untuk sI Kecil. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan pada bayi.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

  1. Membuatnya Sendawa

Ketika bayi baru lahir cegukan Moms dapat menyendawakannya agar cegukan hilang. Apabila sedang menyusui, maka berhentilah terlebih dahulu dan biarkan Si Kecil bersendawa. Saat bersendawa, gas yang menjadi pemicu cegukan akan dikeluarkan. Untuk membuatnya bersendawa Moms dapat menepuk punggungnya.

  1. Ganti Posisi Menyusui

Cegukan pada bayi 1 bulan sering terjadi karena saat menyusui udara ikut tertelan masuk. Gantilah posisi menyusui agar Si Kecil tidak kemasukan udara lagi. Apabila Moms sudah mengganti posisi menyusui tetapi masih cegukan, maka sebaiknya hentikan proses menyusui agar Si Kecil tidak kemasukan ASI dan udara bersamaan. Setelah cegukannya menghilang maka dapat dilanjutkan menyusu kembali.

  1. Menepuk Punggung Bayi

Selanjutnya yang bisa dilakukan saat bayi baru lahir cegukan adalah dengan menepuk punggungnya. Moms dapat menggendong bayi secara tegak kemudian letakan kepalanya di pundak, lalu tepuk-tepuk pundaknya secara lembut. Biasanya Si Kecil akan bersendawa mengeluarkan gas berlebih di perut. Si Kecil akan  kembali merasa nyaman ketika gas berlebih dalam perut keluar.

  1. Menyusui dengan Posisi Lebih Tegak

Bayi yang baru lahir sebaiknya menyusu dalam posisi lebih tegak agar udara tidak mudah masuk ke dalam rongga pernapasan. Setelah menyusu jangan langsung menidurkannya, Moms dapat menggendongnya secara tegak sambil menepuk punggungnya perlahan hingga bersendawa. Hal ini dilakukan agar udara yang ikut masuk dapat keluar melalui sendawa.

  1. Peluk Si Kecil

Rasa tidak nyaman ketika bayi baru lahir cegukan dapat diredakan dengan memberinya pelukan. Berikan pelukan beberapa menit untuk membuatnya nyaman dan menghilangkan cegukannya. Pelukan juga akan membuatnya hangat dan nyaman sehingga Si Kecil lebih tenang.

  1. Membuat Si Kecil Menghisap

Gerakan menghisap menjadi salah satu cara untuk menghilangkan cegukan pada Si Kecil. Ketika menghisap akan terjadi relaksasi pada otot yang berkaitan dengan cegukan. Biarkan Si Kecil menghisap puting atau empeng agar bisa terus menghisap, tetapi sebaiknya jangan memberikan botol susu kosong karena justru akan semakin banyak udara yang masuk.

  1. Memberi Makan Secara Perlahan

Jika Si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI maka Moms dapat menghindari terjadi cegukan dengan menyuapinya perlahan dan sedikit demi sedikit. Hal tersebut dilakukan agar Si Kecil tidak menelan buru-buru sehingga tidak banyak udara yang masuk.

  1. Memberikan Susu di Botol dengan Benar

Apabila Si Kecil minum susu dengan botol sebaiknya Moms pastikan bahwa botol dimiringkan sepenuhnya hingga susu memenuhi mulut botol. Moms dapat memiringkan botol susu hingga posisi miring 45 derajat agar tidak ada udara yang ikut tertelan saat Si Kecil menyusu.

  1. Bawa ke Tempat Hangat

Salah satu penyebab bayi baru lahir cegukan terjadi karena kedinginan. Agar cegukannya hilang bawalah Si Kecil ke tempat yang lebih hangat. Moms bisa mengajak Si Kecil berjemur di bawah sinar matahari saat pagi atau memeluknya sambil mengusap untuk membuatnya hangat.

  1. Biarkan Berhenti Sendiri

Apabila Si Kecil tidak merasa terganggu dengan cegukan yang dialaminya maka biarkan cegukan berhenti dengan sendirinya. Biasanya cegukan tidak akan berlangsung lama, umumnya hanya terjadi dalam beberapa menit saja.

Tetapi jika cegukan terjadi lebih dari 10 menit maka Moms perlu mulai waspada. Bisa saja merupakan pertanda gangguan kesehatan pencernaannya. Perhatikan apakah diikuti gejala lainnya, seperti rewel, muntah, hingga sesak napas. Apabila itu terjadi sebaiknya Moms segera bawa ke dokter anak.

Mencegah Cegukan Datang

Agar Si Kecil tidak mudah cegukan, Moms dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memberikan botol susu pada posisi yang tepat sehingga tidak ada udara sekitar dot.
  • Memberikan makan dalam jumlah kecil
  • Sendawakan Si Kecil setelah makan dan minum
  • Mulut Si Kecil menempel di seluruh puting saat sedang menyusui langsung
  • Mendudukan Si Kecil dalam posisi tegak selama 20-30 menit setelah selesai menyusui dan makan.

Hal yang Dihindari Saat Bayi Cegukan

Ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat untuk menghilangkan cegukan. Sebaiknya Moms jangan menelan bulat-bulat mitos tersebut karena ada beberapa yang membahayakan Si Kecil. Sebaiknya Moms jangan melakukan ini saat Si Kecil cegukan :

  • Meletakan kain atau kertas basah pada dahi Si Kecil.
  • Memberikan bantuan pernapasan  
  • Mengagetinya
  • Menakut-nakuti
  • Menarik lidah
  • Menekan dahi

Cegukan yang Harus Diwaspadai

Meskipun bayi baru lahir cegukan merupakan hal yang normal tetapi jika terjadi terus menerus sebaiknya perlu diwaspadai. Cegukan normal biasanya terjadi sekitar 10 menit, apabila lebih dari itu sebaiknya Moms perlu mewaspadainya.

Cegukan terus menerus bisa saja merupakan tanda bahwa Si Kecil mengalami gangguan kesehatan seperti gastroesophageal reflux atau refluks asam lambung. Gangguan kesehatan tersebut terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Selain cegukan terus menerus biasanya Si Kecil juga akan mengalami gejala lain, seperti:

  • Muntah
  • Keluar liur lebih sering dari biasanya
  • Air liur berwarna kehijauan atau kekuningan
  • Rewel
  • Terlihat sulit bernapas

Apabila Si Kecil sudah menunjukan tanda-tanda tersebut sebaiknya Moms segera konsultasikan ke dokter anak agar bisa segera ditangani.

Itulah tadi cara menghilangkan cegukan dan beberapa informasi seputar cegukan pada bayi. Cegukan memang akan membuat Si Kecil tidak nyaman. Padahal kenyamanan Si Kecil sangat penting, seperti kenyamanan Si Kecil ketika menggunakan popok. Agar membuat Si Kecil selalu nyaman beraktivitas Moms dapat menggunakan popok terbaik pilihan No.1 Ibu di Jepang, yaitu popok Merries.

Popok Merries memiliki teknologi terbaru pada permukaannya sehingga Si Kecil akan semakin nyaman. Bagian tengah popok Merries memiliki permukaan yang bergelombang dengan rongga udara 3x lebih besar sehingga penyerapannya maksimal dan sirkulasi udaranya juga makin baik. Pada bagian kanan dan kirinya memiliki permukaan dengan serat halus sehingga poop dan pee tidak mudah bocor.

Buat Si Kecil selalu nyaman beraktivitas dan tersenyum sepanjang hari dengan popok Merries! (Referensi: halodoc, klikdokter)