Mainan Bayi yang Baik Untuk Tumbuh Kembang

Merries Insight
16 November 2021
Umum
Share
Mainan Bayi yang Baik Untuk Tumbuh Kembang

Apakah Moms dan Dads suka membelikan mainan untuk si Kecil? Tentunya suka ya, karena ternyata bermain memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Tetapi terkadang mungkin Moms dan Dads bingung sebenarnya mainan bayi seperti apa yang cocok untuk si Kecil, terutama untuk bayi berusia 0-6 bulan yang belum bisa banyak bergerak.

Berbagai jenis mainan anak bayi sangat banyak ditawarkan di pasaran. Berikut ini berbagai pilihan mainan yang bisa Moms dan Dads berikan untuk si Kecil yang berusia 0-6 bulan.

 

Mainan untuk Bayi 0-6 Bulan

  1. Bouncer

    Untuk si Kecil yang baru lahir dapat bermain di bouncer yang diberikan mainan menggantung di atasnya. Moms dapat menggantungkan mainan berwarna-warni sehingga saat si Kecil berada di atas bouncer dapat memperhatikan mainannya. Kegiatan bermain seperti ini dapat membantu kemampuan melihatnya dan mengasah keterampilan tangan si Kecil saat berusaha meraih mainan.
  2. Rattle

    Rattle atau kerincingan salah satu mainan bayi yang mudah dijumpai.  Bermain dengan rattle dapat menstimulasi pendengaran dan penglihatan si Kecil. Rattle yang berwarna-warni dapat mengasah penglihatannya. Suara yang ditimbulkan saat digoyangkan dapat menarik perhatian si Kecil.
    Ada berbagai jenis rattle, ada yang berbahan plastik lembut dan yang terbuat dari kain lembut sehingga bisa diremas. Bentuk mainan ini  biasanya mudah digenggam si Kecil, tentunya ini sangat baik untuk melatih kemampuan jari tangannya untuk menggenggam.
  3. Playmat

    Playmat sangat cocok diberikan untuk si Kecil yang berusia 1-6 bulan. Mainan ini berbentuk alas lembut dengan berbagai gambar menarik berwarna-warni. Si Kecil dapat melakukan tummy time di atasnya sambil melihat warna-warni pada playmat. Si Kecil akan penasaran dengan gambar-gambar yang ada sehingga memancingnya untuk bergerak, hal ini sangat baik untuk melatih sensor motoriknya.
    Biasanya mainan ini dilengkapi dengan suara musik atau suara hewan, ini baik untuk kemampuan kognitif si Kecil. Ajak si Kecil bermain di atas playmat dan biarkan si Kecil bergerak meraih benda-benda di sekitarnya, karena bermanfaat untuk melatih kekuatan otot leher dan lengannya.
  4. Soft Book 

    Soft book salah satu pilihan mainan edukasi bayi yang bisa diberikan. Moms dapat mengenalkan buku kepada si Kecil lewat soft book. Ajak si Kecil membaca dan memperlihatkan gambar-gambar yang ada pada soft book. Membacakan buku dapat mendukung perkembangan bahasa si Kecil dan menambah kosa kata.
    Soft book untuk bayi biasanya terbuat dari bahan lembut yang mudah dicuci. Ada juga yang disertai dengan berbagai tekstur permukaan untuk melatih kemampuan sensori si Kecil.
  5. Cermin

    Ternyata melihat bayangan si Kecil sendiri di cermin memiliki manfaat untuk melatih kemampuan visual, mengenal ekspresi, dan bahasa tubuh. Moms dapat memberikan cermin mainan khusus yang didesain aman untuk si Kecil. Moms dapat juga mengajaknya bermain cermin bersama dengan menghadapkan si Kecil ke depan cermin dan membuat ekspresi-ekspresi lucu atau bermain cilukba.
  6. Teether

    Mainan gigitan bayi atau teether dapat membantu si Kecil melatih keterampilan motorik kasar dan kekuatan rahangnya. Biasanya bayi berusia 2 bulan mulai senang memasukan tangan dan benda-benda ke dalam mulut, hal ini sangat wajar karena artinya si Kecil sedang bereksplorasi dengan benda di sekitarnya.
    Teether juga dapat membantu si Kecil yang mengalami gusi gatal akibat tumbuh gigi. Moms dapat memberikan teether yang terbuat dari bahan silikon lembut dan bebas bahan kimia berbahaya. 
  7. Boneka Berbahan Lembut

    Bermain dengan boneka ternyata sudah bisa dilakukan dari bayi baru lahir. Moms dapat mengajak si Kecil bermain dengan boneka sambil bermain cilukba. Si Kecil juga bisa memainkanya sendiri dengan menggenggam dan memeluknya.
    Berikan boneka dengan bentuk lucu yang berbahan lembut dengan warna warni yang menarik. Warna-warni pada boneka akan menstimulasi kemampuan melihat si Kecil, pola dan corak pada boneka juga dapat membantunya mengenalkan berbagai macam bentuk.
  8. Piano Bayi

    Mainan bayi lainnya adalah piano bayi, mainan ini dapat melatih koordinasi suara dengan tangan. Si Kecil dapat menekan tombol-tombol piano yang akan mengeluarkan suara. Berbagai jenis suara yang dikeluarkan akan meningkatkan kemampuan sensorik dan kognitifnya.
    Biasanya pada mainan piano bayi dapat mengeluarkan berbagai suara hewan. Melalui mainan ini si Kecil dapat memahami bahwa terdapat berbagai macam suara yang bisa ia dengar.

 

Manfaat Bermain untuk Bayi

Kegiatan bermain sangat penting untuk si Kecil karena memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Belajar tentang dunia di sekitarnya
  • Berinteraksi dengan lingkungannya
  • Membantu perkembangan otaknya
  • Membangun kekuatan otot
  • Membangun keterampilan motorik kasar dan halus
  • Melatih sensoriknya
  • Membantu belajar memahami kata-kata

Apabila Moms dan Dads sering mengajak si Kecil bermain bersama tentu akan memberikan lebih banyak manfaat lagi, seperti membangun ikatan antara orangtua dan anak. Ketika Moms dan Dads bermain bersama si Kecil, akan lebih mudah mengetahui bagaimana kepribadiannya, karakternya, dan apa yang ia sukai atau tidak. 

 

Bahan Mainan yang Aman untuk Bayi

Moms perlu memperhatikan jenis bahan mainan yang aman untuk si Kecil. Biasakan untuk memperhatikan bahan mainan sebelum membelinya, pastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang aman untuk si Kecil. Umumnya mainan bayi terbuat dari bahan lembut seperti kain, silikon, dan plastik.

Pilihlah mainan berbahan kain yang lembut, mudah dibersihkan, dan memiliki label tahan api. Sedangkan untuk mainan berbahan plastik dan silikon pastikan terbuat dari bahan yang aman bebas racun. Apabila mainan si Kecil terdapat lapisan cat, maka pastikan pada label mainan bahwa cat yang digunakan aman dan bebas timbal.

Agar lebih mudah, carilah logo SNI (Standar Nasional Indonesia) pada label mainan atau kemasan mainan. Mainan yang memiliki tanda SNI artinya sudah melalui pengujian dan mendapat sertifikat yang menyatakan aman untu anak-anak.

Selain bahannya, Moms juga perlu memperhatikan apakah mainan tersebut mudah dicuci terutama untuk mainan yang sering dimasukan ke mulut seperti teether

 

Mulai sekarang selalu ajak si Kecil bermain ya Moms agar bisa membantu kemampuan tumbuh kembangnya. Agar si Kecil selalu nyaman bermain pastikan menggunakan popok yang nyaman seperti Merries ya. Popok Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara sehingga kulitnya selalu nyaman selama bermain.

Perekat pada popok Merries juga memiliki daya rekat yang kuat namun tetap nyaman, sehingga ketika si Kecil banyak bergerak saat bermain popok tidak mudah bergeser. Alarm penanda pipis di bagian bawah popok dapat memudahkan Moms untuk mengetahui kapan waktunya popok si Kecil perlu diganti.

Popok Merries terbukti nyaman dan baik untuk kulit si Kecil karena menjadi popok pilihan No.1 para ibu di Jepang. Yuk ceriakan aktivitas bermain si Kecil dengan menggunakan popok nyaman dari Merries!