Yang Harus Moms Lakukan Ketika Usia Kehamilan 6 Bulan

Merries Insight
05 Mei 2014
Kesehatan
Share
Yang Harus Moms Lakukan Ketika Usia Kehamilan 6 Bulan

Moms, kehamilan anak pertama tentu akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu di dunia ini. Ketika memasuki bulan keenam pada masa kehamilan, kondisi bayi dalam kandungan sudah mengembangkan paru-paru yang sudah dapat memproduksi zat yang disebut surfaktan. Tentu saja zat ini sangat penting bagi paru-paru bayi supaya dapat berfungsi dengan maksimal.

Pada bulan keenam ini, kebanyakan wanita akan mengalami beberapa keluhan dan masalah kehamilan seperti merasa mudah lelah, mood swing atau bahkan Moms akan merasa lebih murung dari biasanya. Untuk mengendalikan kondisi tersebut, maka berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Moms lakukan ketika usia kehamilan menginjak enam bulan.

Gerakan bayi

Ketika Moms mulai merasakan adanya gerakan bayi di dalam rahim Moms, maka saat itu juga Moms akan merasakan pengalaman yang paling menyenangkan yang hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil saja. Pada perkembangannya, Moms akan mulai merasakan gerakan bayi dalam perut Moms tersebut ketika usia kehamilan Moms menginjak usia sekitar 18 sampai 20 minggu. Cobalah nikmati keistimewaan ini sehingga mood Moms akan lebih terjaga.

Jalan kaki

Selain untuk berolahraga, ternyata berjalan kaki juga sangat penting untuk kesehatan janin dalam kandungan. Untuk itulah, semenjak usia kandungan Moms menginjak bulan keenam, maka cobalah lebih rutin lagi berjalan-jalan dipagi hari selama 20 sampai 30 menit, kemudian lanjutkan kegiatan ini disore hari. Kegiatan ini sangat baik untuk menstimulus perkembangan otak bayi dan mampu meredakan stress yang kerap dirasakan pada masa ini.

Baca Juga

Yuk Moms Mengenal MPASI Bayi Usia 7 bulan

Ayah Harus Tahu, Ibu Lebih Stres Ketika Mengasuh Anak

Menu MPASI yang Cocok Ketika Si Kecil Lakukan GTM

Berendam dalam air hangat

Untuk melepaskan semua kepenatan dan stress yang Moms alami, maka Moms bisa berendam air hangat selama beberapa saat. Ibu hamil harus benar-benar merasa santai dan juga berlatih untuk bernapas dalam-dalam ketika mereka berbaring di dalam bak mandi, kegiatan ini juga dapat membantu untuk meringankan kaki yang bengkak dan memperlancar peredaran darah Moms.

Berkomunikasi

Ketika usia kehamilan Moms telah menginjak usia enam bulan, pendengaran bayi dalam kandungan sebenarnya telah berkembang dengan baik. Moms bisa mulai mengajak bayi bicara ataupun hanya sekedar memperdengarkan musik klasik kepadanya dan mendongengkan untuknya sebagai salah satu cara untuk menstimulus perkembangan bayi.

Baca Juga

Ayah Harus Tahu, Ibu Lebih Stres Ketika Mengasuh Anak

Lakukan Lima Langkah Ini Ketika Si Kecil Menangis di Malam Hari

Jangan Lakukan Ini Ketika Sedang Menghukum Anak