Waspada, Moms! Penyakit-penyakit Ini Mengintai Bayi yang Baru Lahir

Merries Insight
20 April 2016
Kesehatan
Share
Waspada, Moms! Penyakit-penyakit Ini Mengintai Bayi yang Baru Lahir

Si Kecil yang baru lahir mungkin menjadi salah satu hal terindah yang pernah Moms alami dalam hidup. Tetapi, Moms juga harus waspada, karena Si Kecil yang masih rapuh dan sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan baik ini, rawan terserang berbagai penyakit. Berikut beberapa diantaranya yang harus Moms waspadai.

Penyakit Kuning

Mungkin Moms sudah sering mendengar nama penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh jumlah bilirubin yang berlebihan dalam tubuh Si Kecil. Sel darah merah memproduksi zat ini secara alami dan Moms pun memilikinya. Akan tetapi, karena sistem kekebalan tubuh Si Kecil belum terbentuk sempurna, maka kemampuan tubuh mereka memproses zat ini lebih lambat, dan menyebabkan penyakit ini.

Untuk mengobati penyakit ini, Moms sebenarnya tidak perlu melakukan apa-apa. Sistem kekebalan Si Kecil perlahan akan semakin kuat dan membuat kadar bilirubin kembali ke level normal dalam beberapa hari. Tetapi, bila hal tersebut tidak terjadi, dokter mungkin menyarankan untuk memberikan perawatan tambahan, yaitu fototerapi, selama satu hingga dua hari. Yang penting, Moms harus mengkonsultasikan hal ini pada dokter.

Sariawan

Penyakit ini juga sering mengancam. Mungkin terlihat remeh, tetapi, bila dibiarkan, tentunya membuat Si Kecil menderita. Solusinya, Moms hanya perlu membawa Si Kecil ke dokter, dan biasanya akan diberikan resep untuk obat anti jamur oral.

Detak Jantung Tidak Normal

Salah satu penyakit atau mungkin lebih tepat disebut sebagai kelainan yang normal dialami Si Kecil yang baru lahir. Penyakit ini biasanya disebut dengan nama heart murmur. Penyakit ini muncul karena adanya kelainan pada proses darah saat melewati ruang-ruang dalam jantung. Biasanya, dokter akan melakukan tes dengan mendengarkan detak jantung Si Kecil. Heart murmur biasanya dapat sembuh secara sendiri. Namun, dokter juga akan menyarankan Moms untuk pergi ke spesial jantung tertentu untuk mengetahui lebih lanjut kondisi dari Si Kecil sebenarnya.

Saluran Air Mata Tersumbat

Mungkin bila Moms perhatikan Si Kecil yang baru lahir, Moms menemukan bila saat menangis, Si Kecil tidak mengeluarkan air mata. Hal ini dapat terjadi karena ada penyumbatan kelenjar air mata. Namun, Moms tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak berbahaya. Penyumbatan terjadi karena adanya cairan yang kental pada ujung mata. Biasanya, cairan ini akan hilang dalam 2 minggu. Dokter biasanya akan meminta Moms untuk memijat lembt bagian sudut mata Si Kecil untuk mempermudah cairan ini agar hilang.