Trik Sehat Saat Hamil untuk Penderita Diabetes

Merries Insight
05 Mei 2014
Kesehatan
Share
Trik Sehat Saat Hamil untuk Penderita Diabetes

Moms, penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk kepada para ibu hamil. Penyakit diabetes dalam masa kehamilan atau yang biasa dikenal dengan diabetes gestasional merupakan penyakit yang diketahui akan sangat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Untuk ibu hamil yang menderita penyakit diabetes biasanya akan mengalami mual yang berlebihan, kelelahan dan juga akan mengalami sakit punggung yang pastinya akan terasa berlipat ganda jika dibanding ibu hamil yang normal dan tidak menderita penyakit diabetes ini.

Dalam kondisi ini, Moms akan membutuhkan perawatan yang khusus dan telaten supaya kondisi penyakit ini tidak semakin parah dan akhirnya dapat membahayakan janin. Selain itu, Moms pasti tahu bahwa penyakit diabetes ini memang penyakit yang sangat susah untuk disembuhkan.

Untuk menghadapi ini, Moms hanya bisa mengurangi dampak yang mungkin di timbulkan oleh penyakit ini dengan cara mengatur pola makan dan rutin melakukan olahraga. Berikut ini merupakan beberapa cara supaya Moms tetap sehat selama masa kehamilan walaupun terkena penyakit diabetes.

Kurangi Asupan Gula

Moms pasti tahu bahwa diabetes merupakan penyakit akibat dari kelebihan kadar gula darah. Supaya kadar gula dalam darah Moms bisa berkurang, Moms sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi gula harian. Selain itu hindari beberapa makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat tinggi dan mengandung gula buatan. Moms masih tetap boleh mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang wajar.

Asupan Karbohidrat

Selain makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, Moms juga harus tahu bahwa karbohidrat ternyata bisa membuat kadar gula darah Moms meningkat tajam. Makanya Moms juga harus bisa memperhatikan jumlah asupan karbohidrat yang Moms konsumsi dalam setiap harinya. Usahakan agar tidak terlalu banyak makan nasi putih supaya kadar gula dalam darah Moms tetap terkontrol dengan baik.

Asupan Protein

Menurut peraturan medis, menu makan bagi penderita diabetes harus selalu mencakup sekitar 15 sampai 30 persen protein tanpa lemak jenuh. Hal ini karena protein ternyata bisa membantu Moms untuk mengimbangi lonjakan gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan kaya protein yang direkomendasikan untuk Moms adalah kacang kedelai, telur, ikan dan daging tanpa lemak.

Makanan Kaya Serat

Untuk Moms yang pengidap diabetes gestasional sangat disarankan untuk selalu memperbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi. Hal tersebut karena serat yang terkandung pada makanan akan mampu membantu Moms untuk menyerap kandungan gula darah dalam tubuh.

Selalu Sarapan

Walaupun nafsu makan Moms sedang turun, tapi tidak ada alasan untuk Moms melewatkan sarapan. Karena sarapan akan mampu menyeimbangkan lonjakan kadar gula di dalam tubuh. Sebagai catatan yang harus Moms perhatikan, dalam sarapan ini Moms harus tetap memperhatikan kadar gizi yang dikhususkan untuk para penderita diabetes.