Tips Atasi Kecemasan pada Anak

Merries Insight
16 Februari 2015
Kesehatan
Share
Tips Atasi Kecemasan pada Anak

Anak-anak memang suka menonton televisi. Tanpa pengawasan, anak Anda mungkin tidak sengaja menonton tayangan televisi yang menampilkan tragedi yang menakutkan. Sebagai anak yang masih labil emosinya, tentunya tiap anak akan mereponnya dengan ekspresi yang berbeda. ada yang cemasnya berlebihan namun ada yang biasa saja. Nah, bagi moms yang mempunyai buah dengan rasa cemas yang berlebihan, moms boleh coba beberapa tips atasi kecemasan yang berlebihan pada anak berikut ini:

  • Matikan televisi

Jika rasa cemas yang berlebihan pada anak disebabkan oleh tragedi yang ditayangkan di televisi, sebaiknya matikan televisi bila Anda sedang berada dekat dengan anak Anda. Pasalnya tayangan televisi bisa saja membuat anak Anda trauma. Terlebih lagi jika televisi yang menyala bersuara nyaring yang memperdengarkan suara jeritan, teriakan, tembakan, dll. Jika Anda ingin mengetahui berita yang up-to-date akan tetapi Anda sedang bersama dengan anak Anda, Anda tetap dapat mengakses berita via online di Smartphone Anda.

  • Ajak anak berbicara

Solusi lainnya yaitu silahkan moms mengajak bicara anak Anda tentang tragedi yang baru saja dilihat. Namun sebelum mengajaknya berbicara, sebaiknya mom mencari tahu terlebih dahulu tentang sumber tragedi tersebut. Apakah anak Anda mengetahui tragedi tersebut dari teman-teman, guru, atau pihak lainnya.

Jauhkan anak dari tayangan-tayangan yang menampilkan peristiwa yang menakutkan, sadis, dll. Jika anak Anda sudah terlanjur melihatnya segera ganti channel televisi Anda. Jika anak Anda tetap menanyakan mengapa orang di dalam televisi berdarah-darah, Anda jelaskan secara umum saja. Kemudian jika Anda menjadi ketakutan karena tayangan tersebut, jelaskan padanya jika kejadian tersebut tidak akan menimpanya. Ini adalah cara yang paling mudah untuk menghilangakan kecemasan pada anak.

  • Peluk erat dan yakinkan bahwa dirinya aman bersama dengan Anda.

Dengan memeluknya, anak akan merasa aman. Biarkan anak berbicara atau bertanya seputar tragedi yang baru saja dilihatnya. Jika Anda tidak mengetahui jawabannya, katakana saja Anda tidak tahu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya moms.