Tips Anak Terhindar Dari Alergi

Merries Insight
12 September 2014
Kesehatan
Share
Tips Anak Terhindar Dari Alergi

Alergi terhadap makanan maupun lingkungan sebenarnya bisa dicegah dengan cara menghindari faktor – faktor yang menyebabkannya. Sebaiknya pencegahan dilakukan sedini mungkin sejak anak masih bayi. Alergi pada makanan itu sendiri biasanya disebabkan karena tubuh menolak atau menganggap makanan tersebut sebagai musuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan membentuk semacam pertahanan. Untuk menghindarkan anak dari alergi, Moms dapat melakukan beberapa tips berikut.

  1. Menghindari Makanan Beralergi Tinggi

Setelah anak berusia satu tahun, berbagai jenis makanan mulai ditambahkan sedikit demi sedikit. Tetapi ketika memberi si kecil suatu makanan, sebaiknya Moms juga sambil melihat reaksi yang terjadi. Penambahan makanan ini disarankan mulai dari makanan yang kadar alergennya paling rendah seperti kacang tanah, susu sapi, dan gandum. Jika tidak terjadi sesuatu terhadap anak, Moms boleh memberinya makanan seperti telur maupun makanan laut.

  1. Menghindari Alergi Karena Faktor Udara

Sebaiknya mulai dari membersihkan tempat kamar tidur anak dan tempat bermainnya supaya terhindar dari debu secara teratur minimal dua kali sehari. Debu rumah adalah zat alergen yang merupakan penyebab utama alergi. Sebaiknya anak juga tidur di kasur busa bukan kasur kapuk.

  1. Lingkungan Bersih

Orang dewasa sebaiknya tidak merokok di dalam rumah maupun memelihara binatang berbulu seperti ayam, burung, dan kucing. Di ruang bermain atau kamar tidur sang anak sebaiknya Moms tidak menyemprotkan obat nyamuk.

  1. Suplemen Makanan

Anak sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah – buahan. Jeruk dan labu merupakan contoh buah yang banyak mengandung antioksidan da cocok untuk dikonsumsi anak. Moms dapat memberinya suplemen khusus anak seperti layaknya susu formula. Suplemen tersebut membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.

  1. Perabot

Bila memungkinkan, Moms dapat mengganti semua perabotan yang berlapis kain dengan perabot dari bahan yang dapat dilap seperti vinil, kulit, atau kayu.

Hal – hal di atas merupakan beberapa upaya yang dapat Moms lakukan agar si kecil terhindar dari resiko alergi. Kunci untuk menghindari alergi adalah memastikan aia berada di lingkungan yang bersih dan tidak memberikan makanan yang menyebabkan ia alergi. Saat bepergian, Moms dapat meminta anak untuk mengenakan masker.