Tidak Cuma Orang Dewasa, Si Kecil Juga Jangan Kekurangan Minum Air Putih

Merries Insight
16 Mei 2016
Kesehatan
Share
Tidak Cuma Orang Dewasa, Si Kecil Juga Jangan Kekurangan Minum Air Putih

Tidak hanya orang dewasa, si kecil pun butuh asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Bahkan dibanding dengan orang dewasa, si kecil jauh lebih rentan terkena dehidrasi. Pasalnya, mereka belum begitu faham tentang kewajiban untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Apa sih tanda-tanda si kecil mengalami dehidrasi?

Mengenai gejalanya, dehidrasi sendiri bisa dilihat dari jeda buang air kecil yang lama, bahkan mencapai 6-8 jam, urin terlihat lemas dan lesu, urine terlihat lebih pekat dan berbau tajam, bibir dan mulut nampak kering, dan yang paling parah, tidak mengeluarkan air mata ketika menangis.

Selain itu, waspadai juga beberapa kondisi kesehatan yang sering menimpa si kecil, seperti demam tinggi, terlalu sering buang air besar alias diare, muntah dan lainnya. Kondisi-kondisi tersebut dinilai sangat berbahaya dan berisiko besar menimbulkan dehidrasi.

Bagaimana dampak jika si kecil terkena dehidrasi?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Tentu saja kondisi ini akan memberikan dampak yang cukup serius kepada si kecil, salah satunya adalah, si kecil akan cenderung susah untuk berkonsentrasi.

Selain itu, kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat si kecil malas untuk bergerak, selalu merasa lemas, hingga suhu tubuh yang tinggi. Bahkan jika dibiarkan terus seperti ini, bukan tidak mungkin fungsi organ dalam akan berjalan kurang maksimal, hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Bagaimana cara menanganinya?

Ketika tanda-tanda dehidrasi sudah mulai terlihat, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter atau rumah sakit. Biasanya, mereka akan melakukan beberapa langkah pengobatan, salah satunya akan memberikan cairan elektrolit. Dalam kondisi dehidrasi yang ringan, terkadang cairan oralit bisa jadi solusi.

Sebagai langkah pencegahan, pastikan dikecil selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran hijau dan makanan lainnya penunjang cairan tubuh. Selain itu, sebaiknya berikan si kecil makanan yang berkuah.

Sebenarnya dehidrasi merupakan masalah yang sederhana. Tapi ingat Moms, dehidrasi bisa jadi fatal kalau anda mengabaikannya dan menganggap enteng masalah ini. So, penuhi kebutuhan cairan tubuh si kecil agar masalah dehidrasi nggak lagi jadi ancaman bagi mereka.