Ternyata Punya Adik Bisa Cegah Si Kecil Kelebihan Berat Badan Lho Moms

Merries Insight
15 Mei 2016
Kesehatan
Share
Ternyata Punya Adik Bisa Cegah Si Kecil Kelebihan Berat Badan Lho Moms

Walaupun terlihat menggemaskan, ada banyak dampak buruk yang bisa diterima si kecil jika mengalami obesitas, salah satunya adalah, bullying yang bisa saja menimpanya. Selain itu, obesitas pun berkaitan erat dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung dan lainnya.

Terus, bagaimana cara supaya si kecil tidak mengalami obesitas?

Yang namanya anak-anak, mereka belum sepenuhnya mengenal bahaya dari obesitas. Disinilah peran anda sebagai orang tua untuk memfilter kebiasaan makan yang bisa berujung kepada obesitas. Selain itu, anda pun bisa mendorong si kecil untuk aktif berolahraga, dan sejumlah upaya lainnya.

Punya Adik Baru Cegah Besitas

Sepintas ini terdengar konyol. Tapi sebuah penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan dari University of Michigan, berhasil membuktikan jika punya adik baru, efektif untuk mencegah si kecil dari obesitas. Nah lho, kenapa bisa seperti ini?

Dalam keterangannya, peneliti senior Julie Lumeng, menegaskan jika anak yang berusia 4 tahun, sebenarnya sudah sangat siap untuk memiliki adik baru. Bahkan faktanya, penelitian ini membuktikan jika kelahiran adik baru dikaitkan dengan bobot tubuh yang ideal.

Penyebabnya cukup sederhana, dengan memiliki adik baru, si kecil akan lebih aktif untuk bermain dan mulai mengurangi waktu mereka duduk depan gadget atau layar televisi.

Tidak hanya itu, kelahiran adik baru pun secara tidak langsung akan mengubah pola asuh orang tua, dimana sebelumnya, si sulung akan menguasai karena terbiasa dimanjakan dengan segala hal yang diinginkannya, kini dominasinya akan sedikit berkurang dengan kehadiran anggota keluarga baru.

Walaupun begitu, Julie pun tidak lupa untuk mengingatkan para orangtua agar jangan sampai si sulung merasa terabaikan dengan kehadiran adik baru. Sebisa mungkin, anda harus memberikan pengertian jika kasih sayang anda tidak akan luntur, walaupun sudah ada adik baru.

Dengan demikian, nuansa yang tercipta dalam keluarga anda, bukan lagi persaingan untuk memperebutkan siapa yang terbaik, tapi yang terbangun adalah, nuansa akrab kekeluargaan dengan semangat saling melindungi dan memberikan kasih sayang secara maksimal.

So, selamat mencoba Moms, semoga dengan cara ini kualitas hidup anda dan keluarga bisa jadi lebih baik, dan si kecil pun terhindar dari bahaya obesitas.