Si Kecil Sudah Punya Kamar Sendiri Tapi Masih Takut? Ini Tipsnya Moms

Merries Insight
12 Mei 2016
Kesehatan
Share
Si Kecil Sudah Punya Kamar Sendiri Tapi Masih Takut? Ini Tipsnya Moms

Demi menanamkan kemandirian sejak dini, banyak orang tua yang memberikan kamar sendiri untuk anak-anaknya. Tentu saja ini hal yang positif, apalagi jika anak mereka berbeda jenis kelamin. Dengan demikian, mereka akan belajar bagaimana cara menjaga privacy masing-masing.

Tapi yang jadi masalah, banyak anak yang justru masih takut tidur sendiri. Bahkan tidak jarang mereka akan menjerit histeris di tengah malam karena mimpi buruk atau karena mendapati kamarnya yang gelap gulita. Cukup merepotkan juga kan?

Terus gimana dong solusinya supaya si kecil nggak takut lagi walaupun tidur sendiri?

Sama seperti toilet learning atau proses pelatihan kemandirian lainnya. Semuanya butuh proses yang cukup panjang. Disinilah kesabaran dan teknik mendidik anda akan diuji. Dilansir dalam parenting, berikut merupakan cara supaya si kecil berani tidur di kamarnya sendiri.

Antarkan

Antarkan si kecil menuju kamarnya sendiri. Cara ini akan membuat si kecil yakin kalau anda tidak bermaksud untuk memisahkannya, tapi hanya memberikan ruang pribadinya sejak dini. Selain itu, dengan mengantarkannya sebelum tidur, cara ini akan membuat mereka merasa diperhatikan.

Ajarkan Doa

Bimbing si kecil untuk melafalkan doa sebelum tidur agar dia mendapatkan ketenangan di tidurnya. Jelaskan kepadanya jika berdoa akan membuat mereka terlindung dari berbagai macam bahaya, karena saat tidur, bukan hanya anda saja yang menjaganya,tapi Tuhan pun akan selalu menjaganya.

Yakinkan Tidak Ada yang Perlu Ditakutkan

Beri penjelasan dan yakinkan kalau tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Segala yang si kecil takutkan, semuanya sudah anda atasi. Kalau si kecil takut dengan kamar gelap, anda bisa memberikannya lampu tidur, kalau takut dengan monster, yakinkan kalau itu hanya ada dalam film saja.

Berikan Persiapan

Berikan persiapan tidur yang lengkap, seperti menggosok gigi sebelum tidur, pipis terlebih dahulu dan minim segelas susu hangat. Kalau memang dibutuhkan, anda bisa membacakan dongeng dan menemaninya hingga si kecil tertidur pulas, hingga memberikan teman tidur untuknya, seperti boneka, dan lainnya.

Berikan Hadiah

Inilah yang paling disukai anak-anak. Ketika mereka berhasil tidur sendiri tanpa merepotkan anda, berikan si kecil hadiah yang menarik menurutnya. Minimalnya, banjiri si kecil dengan pujian sebagai anak pintar dan pemberani. Dengan begitu, dia akan semakin termotivasi untuk lebih berani tidur sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya si kecil nggak takut lagi tidur sendiri. Selamat menanamkan kemandirian sejak dini, Moms!