Panduan agar Cepat Pulih Pasca Melahirkan

Merries Insight
22 December 2022
Kesehatan
Share
Panduan agar Cepat Pulih Pasca Melahirkan

Melakukan pemulihan pasca melahirkan harus dilakukan ibu yang baru melakukan proses persalinan, baik persalinan normal maupun caesar. Pemulihan pasca melahirkan bisa membuat kondisi Moms kembali fit sehingga Moms bisa mengurus bayi baru lahir.

Pemulihan pasca melahirkan akan dilakukan terlebih dulu di rumah bersalin atau rumah sakit, lalu dilanjutkan di rumah Moms sampai benar-benar pulih. Pastikan proses pemulihan dilakukan sesuai dengan proses persalinan yang Moms lakukan, apakah normal atau caesar.

Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

Pada ibu yang melahirkan normal, ada kemungkinan vagina mengalami luka persalinan berbentuk sayatan atau robekan. Luka tersebut menimbulkan rasa nyeri yang membuat Moms tidak nyaman, serta membutuhkan waktu beberapa minggu untuk pulih.

Supaya rasa nyerinya bisa hilang, Moms bisa melakukan langkah-langkah pemulihan di bawah ini:

  • Duduk di atas bantal yang empuk sebagai alas duduk
  • Bersihkan vagina dengan air hangat atau lap yang sudah direndam air hangat.
  • Mandilah dengan air hangat selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Konsumsi obat pereda nyeri. Pastikan konsumsi obat tersebut sudah sesuai anjuran dokter.

Pada beberapa kasus, ibu yang baru melahirkan normal akan mengalami kesulitan buang air besar. Moms tidak perlu khawatir karena masalah tersebut bisa membaik seiring waktu. Supaya nanti buang air besar lebih lancar, Moms bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih secara rutin .

Pemulihan Pasca Melahirkan Caesar

Jika proses melahirkan normal menimbulkan luka pada vagina, maka proses melahirkan caesar akan menimbulkan luka sayatan di perut. Luka tersebut bisa Moms pulihkan dalam jangka waktu 6 minggu. Proses pemulihan akan lebih lama jika Moms mengalami komplikasi.

Untuk memulihkan luka tersebut, Moms bisa lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Usap luka pada bagian perut dengan lembut dan perlahan menggunakan kain yang sudah dibasahi air bersih. 
  • Pastikan luka tersebut tetap kering dan bersih. Jika Moms ingin mandi, Moms bisa menutup lukanya dengan penutup kedap air.
  • Jika luka terasa gatal, Moms jangan sampai menggaruknya.
  • Melakukan aktivitas ringan seperti berjalan di sekitar area rumah.

Selain luka sayatan di perut, Moms juga akan mengalami kontraksi rahim beberapa hari setelah operasi caesar. Kondisi ini sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, Moms harus berkonsultasi ke dokter jika kontraksinya semakin parah.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Pasca Melahirkan

Kondisi mental setelah melahirkan belum sepenuhnya pulih sehingga Moms harus selalu menjaganya. Kondisi mental yang tidak terjaga akan membuat Moms rentan stres bahkan mengalami depresi postpartum.

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan Moms pasca melahirkan, beberapa diantaranya adalah:

1. Jangan Memaksakan Diri untuk Mengerjakan Semua Tugas

Pasca melahirkan, Moms tidak hanya sekadar memulihkan diri tetapi juga melakukan beberapa tugas lainnya, salah satunya mengurus bayi baru lahir. Jika kondisi fisik dan psikis Moms belum sepenuhnya siap, Moms jangan paksakan diri untuk melakukan semua tugas tersebut.

Moms bisa meminta bantuan Dads, asisten rumah tangga, atau keluarga Moms jika Moms kerepotan mengurus Si Kecil baru lahir. Untuk pekerjaan, Moms bisa cuti sementara dari tempat kerja Moms sampai Moms betul-betul siap bekerja lagi.

2. Jauhi Hal-Hal yang Memicu Emosi Negatif

Kondisi mental setelah melahirkan belum sepenuhnya stabil. Kondisi tersebut membuat emosi Moms mudah naik-turun, serta membuat Moms sulit mengendalikan pikiran Moms. Kondisi tersebut bisa semakin parah jika terpicu oleh hal-hal negatif seperti komentar negatif dari orang lain atau berita-berita negatif.

 Supaya Moms tidak terpicu emosi negatif, Mom bisa mengelilingi diri dengan hal positif seperti mendengarkan lagu-lagu bernuansa ceria, membaca cerita positif atau mengucapkan afirmasi positif ke diri sendiri.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Walaupun masih dalam masa pemulihan, Moms masih tetap bisa melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan yang dilakukan pasca melahirkan bisa menurunkan hormon stres, serta membuat Moms lebih bersemangat. Menurut American Academy of Family Physicians, melakukan olahraga ringan bisa menjadi salah satu cara mengatasi depresi postpartum. 

Jalan kaki di sekitar area rumah atau taman adalah salah satu contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan. Moms bisa melakukan olahraga tersebut setidaknya 20-30 menit per hari.

4. Banyak Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Selama masa pemulihan, Moms harus banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung lemak sehat. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bisa membuat mood Moms jadi lebih bahagia, serta mendukung proses pemulihan pasca melahirkan.

5. Meminta Dukungan dari Orang-Orang Terdekat

Melewati fase pemulihan pasca melahirkan memang tidak mudah. Supaya Moms bisa lebih kuat melewatinya, Moms bisa meminta dukungan moril dari orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, kerabat, dan teman-teman. Jika Moms ada keluhan Moms juga bisa bercerita kepada mereka. Kehadiran mereka bisa membuat Moms lebih kuat dan tidak merasa kesepian selama menjalani fase pemulihan pasca melahirkan.

Itulah panduan agar cepat pulih pasca melahirkan dari Merries. Semoga bisa Moms praktikkan dan bisa membantu Moms cepat pulih setelah melahirkan, baik itu pulih secara fisik maupun mental.

Selama masa pemulihan, Moms juga harus memperhatkan keperluan Si Kecil yang baru lahir, seperti popok bayi. Untuk urusan popok, Moms bisa pilih popok Merries Premium Tape New Born.

Tiga lapisan bersirkulasi udara pada popok Merries ini bisa membuat bayi yang baru lahir nyaman sepanjang hari. Permukaannya yang berdaya serap tinggi mampu membuat pipis dan kotoran terserap dengan baik serta membuat kulit Si Kecil tetap kering.

Moms tidak akan kebingungan saat mengganti popok Merries ini karena popok Merries Premium Tape New Born sudah dilengkapi alarm penanda pipis dengan garis warna kuning yang akan berubah warna jadi biru saat popok sudah penuh. Adanya alarm tersebut bisa membuat Moms jadi tahu kapan harus mengganti popok Merries ini.

Masih banyak kelebihan dari popok Merries Premium Tape New Born. Untuk mengetahuinya, Moms bisa klik link berikut ini!