Pakai Ini, Cara Mengatasi Ruam Popok Secara Alami

Merries Insight
05 Agustus 2020
Umum
Share
Pakai Ini, Cara Mengatasi Ruam Popok Secara Alami

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi ruam popok secara alami. Moms bisa menggunakannya agar Si Kecil menjadi lebih sehat. Bahan yang bisa digunakan tidaklah susah, kebanyakan ada di sekitar kita dan sering juga digunakan sebagai bumbu masakan. 

Saat Si Kecil rungsing ataupun gelisah, kerap kali Moms kebingungan mencari cara untuk menenangkannya. Mulai dari berdendang, mengajaknya bercanda, mengajaknya jalan-jalan, namun tetap saja Si Kecil masih uring-uringan.

Bila itu terjadi, coba cek kondisi popoknya, apakah popok masih kering atau sudah lembap? Popok dengan kondisi lembap yang menempel pada kulit Si Kecil berpotensi menimbulkan ruam pada pantatnya. Hal itulah yang membuat Si Kecil gelisah, karena gatal atau bahkan perih karena lecet. Ruam popok merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi. Namun bukan berarti Moms bisa menganggap hal tersebut sebagai hal yang sepele. Ada beberapa kasus yang menyebabkan penyakit lebih serius dari ruam popok.

Mulai dari kulit mengelupas, infeksi hingga mengeluarkan nanah bahkan bayi bisa mengalami demam tinggi. Kondisi tersebut merupakan efek jangka panjang dari munculnya ruam popok yang tidak segera ditangani.

Ciri-ciri ruam popok

Ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk melihat apakah Si Kecil terkena ruam popok atau tidak. Salah satunya adalah ketika kondisi Si Kecil yang sering rewel dan tidak ceria. Perilaku Si Kecil ini bisa menjadi ekspresi Si Kecil untuk mengkomunikasikan rasa tidak nyamannya.

1. Bintik Kemerahan 

Adanya bintik-bintik kemerahan di wilayah sekitar popok menandakan Si Kecil memiliki ruam popok. Dalam kondisi yang berat, bintik-bintik merah akan terlihat sangat banyak dan memenuhi area selangkangan juga dan pantat. Dalam kondisi ini rasa perihnya akan sangat dirasakan oleh Si Kecil, itu mengapa bayi akan menjadi rewel.  

2. Tampak warna kemerahan di sekitar bintik

Bila sudah terjadi iritasi berat, maka akan terlihat warna yang sangat merah pada pantat bayi. Iritasi bisa terjadi karena sering adanya kontak dengan kotoran maupun pipis bayi.  Hal itu diperparah dengan seringnya gesekan antara popok dengan kulit Si Kecil. Itu mengapa pemilihan popok yang baik merupakan kunci untuk terhindar dari ruam popok. Tidak hanya popok dengan daya serap yang baik, perhatikan juga tekstur popok yang Moms pilih. Pastikan permukaan terasa lembut, karena popok akan sering bersentuhan dengan kulit Si Kecil.  

Moms bisa mengandalkan popok Merries sebagai teman Si Kecil. Permukaannya memiliki tekstur lembut yang nyaman di kulit, bahkan untuk bayi dengan kulit sensitif. Selain itu, terdapat juga lapisan yang memiliki terowongan udara yang membantu cairan cepat terserap dan menjaga sirkulasi udara di dalam popok. Sehingga kulit Si Kecil akan selalu terjaga sejuk, tidak lembap dan tetap kering. 

3. Kulit bayi agak kasar 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara meraba kulit di sekitar popok. Biasanya karena adanya bintik merah, maka kulit pantat Si Kecil bakal sedikit kasar. Biasanya pada bagian itu juga dirasa agak hangat dari suhu tubuh di bagian lain. Bintik merah yang terlihat juga bisa menjalar hingga lipatan-lipatan tubuh Si Kecil. 

Bila Moms menemukan tanda-tanda diatas, jangan langsung panik. Mulailah beralih menggunakan popok Merries dengan permukaan popok yang lembut sehingga aman bersentuhan dengan kulit bayi.

Cara Mengatasi Ruam Popok Secara Alami 

Terdapat cara mengatasi ruam popok secara alami tanpa harus ke klinik anak. Berikut merupakan 5 cara tradisional untuk menghilangkannya. 

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa yang juga bisa digunakan untuk memasak bisa digunakan untuk mengurangi dan menyembuhkan ruam popok pada bayi. Kandungan lemak jenuh terdapat didalamnya membantu menjaga kulit Si Kecil tetap lembut juga lembap. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu membunuh bakteri ataupun jamur yang ada di ruam Si Kecil.

Minyak kelapa masuk sebagai cara mengatasi ruam popok secara alami karena Moms bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskannya di bagian yang mengalami ruam. Namun sebelumnya, bersihkan dulu area yang terkena ruam. Bilas dulu dengan air hangat lalu keringkan dengan cara menepuknya perlahan dengan handuk lembut ataupun kapas. Kemudian sambil diolesi, pijat bagian yang terkena ruam. Moms bisa menggunakan minyak kelapa dengan rutin setiap Moms mengganti popok Si Kecil. Namun tetap pastikan olesan minyak telah kering sebelum Moms menutup area kulit dengan popok.

2. Cuka Apel

Cara mengatasi ruam popok secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Ya, salah satu bumbu masak yang biasa digunakan untuk membuat acar itu bisa juga digunakan untuk mengatasi ruam popok. Kandungan yang terdapat didalamnya memiliki sifat anti bakteri dan anti. Alasannya adalah cuka apel memiliki asam asetat yang berfungsi sebagai disinfektan alami. Kandungan tersebut yang nantinya akan memerangi dan meredakan ruam popok pada bayi.

Caranya juga cukup mudah, Moms bisa mencampur 1 sendok teh cuka apel dengan air hangat. Aduk hingga rata agar cuka lebih encer. Setelah itu usap secara lembut ke bagian yang terkena ruam. Moms bisa melakukannya selama 2 kali sehari, tergantung tingkat keparahannya. Moms bisa mengusapkan cuka 3-4 hari. Bila ruam popok tidak kunjung sembuh, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter. 

3. ASI

Tidak hanya menjadi asupan gizi yang baik untuk Si Kecil, air susu ibu (ASI) ternyata memiliki manfaat lain. ASI dikenal mampu meningkatkan imunitas tubuh sebagai nutrisi.  Ternyata, ASI bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi ruam popok secara alami. ASI bisa digunakan sebagai cara mengatasi ruam popok dengan cara mengoleskannya di bagian yang ruam. Biarkan sampai kering dan jangan dibilas dengan air ya Moms. ASI akan masuk kedalam pori-pori kulit dan meresap ke wilayah yang terdapat ruam. 

4. Lidah buaya

Moms sekalian mungkin sudah tahu kemampuan tumbuhan yang memiliki nama latin aloe vera itu. Ya, lidah buaya merupakan salah satu cara mengatasi ruam popok secara alami yang bisa digunakan di rumah. Tanaman tajam bergerigi itu memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menghilangkan radang akibat ruam popok. Selain itu, lidah buaya juga mengandung anti mikroba yang sangat membantu meredakan ruam pada bayi. 

Ambil bagian dalam lidah buaya lalu oleskan ke bagian yang terdapat ruam popok. Rasa dingin dari daging tanaman lidah buaya akan membuat Si Kecil nyaman, karena rasa gatal dan perihnya sekaligus akan hilang.

5. Yogurt

Selain lezat, yogurt juga masuk sebagai cara mengatasi ruam popok secara alami. Yogurt mengandung bakteri baik atau yang dikenal dengan istilah probiotik. Zat itulah yang sangat membantu dalam menyembuhkan ruam popok dan menghentikan peradangan. Moms bisa mengoleskan yogurt di wilayah yang terkena ruam, namun pastikan yoghurt yang Moms gunakan adalah yoghurt dengan rasa plain ya. Lebih nyaman lagi jika yogurt diberikan saat dingin lalu diamkan sebentar di kulit yang terdapat ruam.