Pakai Cara Ini Supaya Kegiatan Menyikat Gigi Si Kecil Jadi Lebih Menyenangkan

Merries Insight
18 Mei 2016
Kesehatan
Share
Pakai Cara Ini Supaya Kegiatan Menyikat Gigi Si Kecil Jadi Lebih Menyenangkan

Menyikat gigi merupakan modal utama untuk mendapatkan gigi yang sehat dan bersih. Tapi sayang, terkadang kegiatan positif justru menjadi salah satu yang paling dibenci si kecil, terutama ritual menyikat gigi di malam hari sebelum tidur.

Adakah cara yang bisa dilakukan agar si kecil bisa semangat ketika menggosok gigi?

Tentu saja ada. Kuncinya, buat kegiatan menyikat gigi ini menjadi menyenangkan bagi si kecil. Caranya? Ikuti yuk beberapa trik yang bisa anda lakukan supaya kegiatan menyikat gigi jadi lebih menyenangkan.

Pilih Perlengkapan Sendiri

Sebelum mengajarkan si kecil untuk menyikat gigi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah, membiarkan si kecil memilih perlengkapan menyikat giginya sendiri, seperti memilih produk pasta gigi, memilih sikat gigi dan lainnya.

Ajak dan Contohkan

Percuma anda menyuruh si kecil agar menyikat gigi, tapi gigi anda sendiri kuning karena jarang menggosok gigi. Untuk itu, sebelum mengajarkan si kecil gosok gigi, sebaiknya jadikan kebiasaan ini sebagai ritual harian anda, kemudian berikan kepada si kecil contoh bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Jadikan Menyenangkan

Inilah inti dari menyikat gigi. Anda bisa mengibaratkan sikat gigi tersebut sebagai ban mobil yang melintasi giginya, atau perumpamaan lainnya yang membuat si kecil merasa senang. Dengan cara ini, maka kegiatan menggosok gigi akan jauh lebih menyenangkan.

Tanya Pendapatnya

Setelah anda dan si kecil selesai menggosok gigi, saatnya untuk bertanya bagaimana komentar si kecil mengenai kegiatannya ini. Cara ini efektif untuk membuat mereka tertarik untuk kembali menggosok gigi. Selain itu, lakukan kegiaan ini di depan cermin secara bersama-sama.

Tanamkan Arti Penting Menggosok Gigi

Ini penting Moms. Bagaimanapun juga, awalnya terget anda hanya menggunakan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan yang menyenangakan. Tapi inti sebenarnya adalah, ajarkan si kecil mengenai pentingnya menggosok gigi, dan apa dampak buruk yang dapat ditimbulkan jika tidak menggosok gigi.

Dengan cara-cara diatas, semoga si kecil semakin sadar akan pentingnya menggosok gigi. Kalau memang dibutuhkan, tidak ada salahnya anda memberikan hadiah kejutan kepada si kecil karena sudah mampu menggosok gigi secara teratur. Selamat mencoba Moms!