Moms, Ini Manfaat Membiarkan Si Kecil Main Hujan-hujanan!

Merries Insight
05 September 2019
Kesehatan
Share
Moms, Ini Manfaat Membiarkan Si Kecil Main Hujan-hujanan!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Si Kecil Mendapat Banyak Pengetahuan
  2. Merangsang Kreativititas dan Imajinasi Si Kecil
  3. Hujan Juga Bisa Menjadi Terapi Stres untuk Si Kecil
  4. Moms Wajib Perhatikan Aturannya

Bagi kebanyakan orangtua di Indonesia, membiarkan Si Kecil hujan-hujanan merupakan hal yang sulit dilakukan. Alasannya, mereka takut Si Kecil demam karena terpaan air hujan. Benarkah anak-anak tidak boleh main hujan-hujanan?

Pada prinsipnya bermain air hujan tidaklah apa-apa. Hal ini diperbolehkan asalkan anak dalam kondisi yang sehat. Sebab hal itu normal saja dilakukan pada masa anak-anak sebagai suatu permainan yang menyenangkan. (Oleh dokter spesalis anak, dr. Marissa TS Pudjiadi, Sp.A )

Membiarkan Si Kecil main hujan-hujanan juga punya banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak yuk penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Si Kecil Mendapat Banyak Pengetahuan

Di usianya sekarang, Si Kecil sedang semangat untuk mencari tahu apa yang ada di sekitarnya, termasuk hujan. Dengan membiarkannya main hujan-hujanan, Moms bisa memberitahu Si Kecil tentang dari mana hujan, apa saja manfaatnya dan apa bahayanya.

Misalnya, Moms bisa menerangkan proses terjadinya hujan, manfaat hujan untuk tanaman, kehidupan dan lainnya, dan Moms pun bisa menerangkan jika hujan bisa sangat berbahaya jika dalam jumlah yang berlebihan. Terlebih di daerah yang rawan banjir.

Selain itu, saat main hujan-hujanan Si Kecil pun akan banyak bergerak, dari mulai melompat, menengok ke atas hingga mencipratkan air. Kondisi ini memungkinkan Si Kecil untuk banyak bergerak, sehingga kecerdasan kinestetiknya pun akan meningkat.

Merangsang Kreativititas dan Imajinasi Si Kecil

Hujan dikenal sebagai sumber inspirasi bagi mereka yang bergerak di dunia seni. Selain orang dewasa, hujan pun ternyata bisa menginspirasi Si Kecil.

Misalnya Si Kecil akan bermain perahu kertas di genangan hujan air hujan dan membayangkan mereka dengan menjadi pelaut atau bajak laut, menyiram tanaman, membuat saluran irigasi mini dan ide kreatif lainnya.

Dengan kata lain, hujan bisa menginspirasi Si Kecil untuk berpikir kreatif dengan cara-cara yang menyenangkan, sesuai dengan imajinasi dan kreativitas mereka.

Hujan Juga Bisa Menjadi Terapi Stres untuk Si Kecil

Kata siapa orang dewasa saja yang stres, ternyata Si Kecil yang masih berusia balita pun bisa stres. (Oleh Dr Joan Luby, Psikiater anak sekaligus direktur di Early Emotional Development Program dari Washington University di St Louis).

Untuk mengatasi stres Si Kecil, banyak cara yang bisa dilakukan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan Si Kecil bermain hujan-hujanan.

Selain itu, selama bermain hujan-hujanan, Si Kecil pun akan bersenang-senang, melompat dan melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan. Hal inilah yang akan membuat stres mereka teratasi.

Mom Wajib Perhatikan Aturannya

Walaupun banyak memberikan manfaat, termasuk stimulasi motorik, melatih kognitif dan sosial Si Kecil, hujan pun bisa memberikan dampak buruk karena bisa memicu demam dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa aturan saat Si Kecil bermain hujan-hujanan, diantaranya :

  1. Cermati kondisi fisik Si Kecil, dimana Moms harus memastikan Si Kecil dalam kondisi sehat.
  2. Sebaiknya gunakan jas hujan dan sepatu bot agar Si Kecil terlindung dari terpaan angin.
  3. Jangan berlebihan. Maksimal, Si Kecil hanya boleh bermain hujan-hujanan sekitar 30-45 menit.
  4. Pastikan perut Si Kecil dalam kondisi kenyang. Pasalnya perut yang kenyang akan memberikan banyak energi, sekaligus mampu menjaga suhu Si Kecil tetap hangat dari dalam.

Selain itu, pastikan Moms langsung membilas tubuh Si Kecil dengan air bersih. Untuk masalah suhu air, Moms bisa menggunakan air dingin atau air hangat, sesuaikan saja dengan kondisinya. (Oleh Dr R Herman Waluya, SpA, dokter spesialis anak dari RSIA Hermina Bogor).

Untuk mengatasi suhu dingin setelah Si Kecil hujan-hujanan, Moms bisa memberikan selimut tebal, memakaikan baju hangat, membuatkan sup hangat, atau minuman hangat. Selamat mencoba!

Diskusi dan Artikel Lainnya


A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mkdir(): Permission denied

Filename: helpers/template_helper.php

Line Number: 435

Backtrace:

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/content/helpers/template_helper.php
Line: 435
Function: mkdir

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/content/views/merries2019/post-single.php
Line: 134
Function: thumb

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/content/third_party/MX/Loader.php
Line: 362
Function: include

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/content/third_party/MX/Loader.php
Line: 304
Function: _ci_load

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/content/modules/parenting/controllers/Parenting.php
Line: 157
Function: view

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/app/framework.php
Line: 316
Function: require_once

File: /home/33383-27523.cloudwaysapps.com/mfwdkxrnwv/public_html/public/index.php
Line: 25
Function: require_once

https://" alt="Ini Manfaat Si Kecil Sering Main Bareng Dads">

Ini Manfaat Si Kecil Sering Main Bareng Dads