Mengepel Lantai Dapat Membantu Proses Persalinan

Merries Insight
07 Juli 2015
Kesehatan
Share
Mengepel Lantai Dapat Membantu Proses Persalinan

Moms, tahukah Moms kalau beberapa aktivitas rumah tangga, seperti mengepel lantai dengan cara berjongkok memiliki manfaat besar untuk mempersiapkan persalinan secara normal?

Awalnya anjuran ini sendiri dianggap sebagai mitos kehamilan saja. Bahkan banyak orang yang tidak mau melakukan aktivitas ini karena takut akan berakibat buruk terhadap kehamilannya. Tetapi setelah beberapa penelitian dilakukan, ternyata terbukti jika aktivitas mengepel ini mampu membantu Moms dalam melancarkan proses persalinan seeara normal.

Kenapa bisa seperti ini ya Moms?

Seperti kita ketahui, aktivitas mengepel lantai didominasi oleh sikap tubuh jongkok. Nah, sikap jongkok inilah yang ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk memantapkan posisi janin dalam kandungan. Bahkan posisi jongkok ketika mengepel lantai ini diibaratkan dengan olahraga ringan yang biasa dilakukan oleh Ibu hamil, seperti berenang dan berjalan santai.

Aktivitas mengepel sambil jongkok ini sendiri sangat bermanfaat jika Moms melakukannya di usia kehamilan awal trimester ketiga, yakni ketika usia kandungan sudah mencapai 34 Minggu. Alasannya, karena dalam usia tersebut, kondisi janin sedang mencari posisi yang pas dan sudah mulai siap untuk turun ke jalan lahir.

Selain itu, aktivitas jongkok dalam masa kehamilan trimester ketiga ini sendiri dipercaya mampu memperkuat otot paha dan perut, Nah, karena otot paha dan perut yang kuat inilah akhirnya proses persalinan secara normal ini akan lebih mudah karena si bayi bisa mendapatkan dorongan yang maksimal ketika lahir.

Selain itu, latihan jongkok selama kehamilan ini sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas jalan lahir sampai 20-30 persen. Dengan kata lain, jalan lahir akan terbuka dengan lebar jika Moms rutin melakukan kegiatan ini.

Nah, karena manfaatnya yang sangat besar, tidak ada salahnya mulai sekarang Ibu Hamil membiasakan diri untuk mengepel lantai di pagi-pagi. Ingat, lakukan dengan cara manual ya! (mengepel jongkok). Selain itu, jangan lupa imbangi kegiatan ini juga dengan olahraga ringan lainnya, seperti senam kehamilan, berjalan dan lainnya.

Nah, kalau Moms sendiri biasanya melakukan olahraga apa selama masa kehamilan?