Lakukan Yoga untuk Mengusir Lelah Selama Kehamilan

Merries Insight
06 Agustus 2014
Kesehatan
Share
Lakukan Yoga untuk Mengusir Lelah Selama Kehamilan

Kebanyakan Moms akan mengurangi segala aktivitas fisik selama masa kehamilan demi memastikan perkembangan janin yang sempurna. Moms tentu tidak ingin membahayakan janin dengan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Namun, Moms salah jika beranggapan bahwa Moms tidak boleh melakukan aktivitas fisik apapun selama hamil termasuk olahraga. Olahraga justru sangat penting bagi ibu hamil. Tentunya olahraga yang dipilih harus disesuaikan dengan kemampuan fisik ibu hamil. Moms sebaiknya menghindari olahraga high impact selama hamil. Moms mungkin beranggapan bahwa olahraga akan menyebabkan kelelahan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Olahraga low impact seperti yoga justru akan memberikan beragam manfaat untuk ibu hamil termasuk mengusir rasa lelah yang sering dirasakan selama masa kehamilan.

Tak salah rasanya jika Moms memilih yoga sebagai olahraga selama kehamilan. Yoga khusus kehamilan akan membantu Moms meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. Moms juga akan mendapatkan otot yang lebih kuat, fleksibel, dan tahan lama yang dibutuhkan dalam proses kelahiran normal. Sakit punggung, mual, sakit kepala, dan napas pendek yang sering terjadi pada ibu hamil juga bisa berkurang.

Ada beberapa kelas yoga kehamilan yang bisa Moms lakukan. Moms bisa melakukan latihan yoga untuk melatih pernapasan dengan latihan fokus pada menghirup dan menghela napas secara lambat dan dalam melalui hidung. Ada beberapa teknik pernapasan yang bisa dipelajari dan berguna untuk mengatur pernapasan ketika proses persalinan. Latihan peregangan lembut juga bisa dilakukan dalam kelas yoga. Selain itu, Moms juga akan latihan postur dengan berbagai gerakan yang dilakukan dalam posisi duduk, tidur, maupun berdiri. Akhir latihan yoga kehamilan biasanya ditutup dengan pendinginan dan relaksasi untuk membantu melemaskan otot dan mengembalikan ritme jantung dan pernapasan.