Kebiasaan-Kebiasaan Sehat yang Perlu Dads Ajarkan Pada Si Kecil

Merries Insight
12 September 2016
Kesehatan
Share
Kebiasaan-Kebiasaan Sehat yang Perlu Dads Ajarkan Pada Si Kecil

Peran Dads dalam tumbuh kembang Si Kecil sangat penting terutama sebagai pemimpin dalam keluarga yang sudah sepatutnya memberikan panutan yang baik, termasuk untuk hal kesehatan. Dads selalu punya cara yang bisa membuat Si Kecil memiliki kebiasaan yang baik, di mana cara-cara tersebut tidak sebegitu efektif jika dilakukan oleh para Moms. Dads juga umumnya bisa memiliki kedekatan yang unik dengan Si Kecil sehingga bisa dengan lebih mudah untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang sangat bermanfaat untuk kesehatannya sekarang dan di masa depan. Untuk para Dads, ini dia hal-hal yang bisa diajarkan agar Si Kecil selalu sehat.

Biasakan cuci tangan

Si Kecil punya sifat untuk menirukan apa yang orang lain lakukan terutama meniru orang tuanya. Jadi untuk membiasakan Si Kecil cuci tangan, Dads juga harus punya kebiasaan ini. Cuci tangan sebelum makan, sebelum tidur, setelah menyentuh benda yang kotor atau sehabis menyentuh hewan peliharaan. Tanpa diberitahu pun Si Kecil akan mengamati kebiasaan ini dan mulai menirunya. Cuci tangan secara rutin akan membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan dan mencegahnya masuk ke mulut. Apalagi Si Kecil gemar mengeksplor dunianya dengan sentuhan tangan.

Mengontrol asupan makanan

Masih dengan memanfaatkan kebiasaan Si Kecil yang suka meniru, jika ingin ia sehat maka biasakan dengan pola makan yang sehat. Dads juga sebaiknya memberikan contoh pola makan yang sehat dengan makan banyak sayuran dan buah, menghindari makan bukan di meja makan, banyak minuman soda atau alkohol, dan hindari kebiasaan merokok di depan Si Kecil.

Jika ingin ia tidak terbiasa dengan makanan yang manis dan berlemak tinggi, cukup batasi dengan tidak memberikannya makanan dan minuman tersebut, jangan tunjukkan pula Dads tidak mengkonsumsi makanan rendah nutrisi tersebut. Namun jangan menyebut minuman soda, junk food, dan lainnya sebagai makanan yang buruk karena ini bisa mempengaruhi kondisi psikisnya dan berpotensi membuat Si Kecil memiliki gangguan makan di masa depan.

Biasakan minum air putih cukup

Minum air putih mungkin bisa jadi hal yang membosankan bagi Si Kecil. Dads bisa membuatnya jadi lebih menyenangkan dengan minum air putih bersama-sama sehingga Si Kecil tidak mudah mengalami dehidrasi ketika beraktivitas. Acara minum air putih bisa lebih menyenangkan misalnya dengan saling berlomba siapa yang bisa menghabiskan air dalam gelas paling cepat.