Ini Saat yang Tepat Untuk Borong Perlengkapan Mandi Bayi

Merries Insight
01 Juli 2020
Kesehatan
Share
Ini Saat yang Tepat Untuk Borong Perlengkapan Mandi Bayi

Kebutuhan untuk Si Kecil tidak bisa dianggap sepele. Moms harus membuat daftar kebutuhannya dengan detail sehingga tidak ada yang terlewat. Mulai dari perlengkapan makan, perlengkapan mandi bayi hingga perlengkapan hiburannya. Untuk bisa menghemat pengeluaran, Moms bisa memborongnya saat sedang promo harga. Namun tentunya Moms harus mengetahui kapan promo harga itu diadakan.

Membincang barang kebutuhan bayi memang tidak ada habisnya. Moms sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Mulai dari asupan nutrisinya hingga kebutuhan perlengkapan mandi.

Nah khusus untuk perlengkapan mandi bayi, Moms perlu melakukan riset terlebih dahulu, untuk mengetahui barang-barang apa saja yang pas untuk menemani Si Kecil bermain air.

Saat mandi, Si Kecil biasanya akan terlihat sangat antusias. Karena dia bisa bermain sambil merasakan kesegaran air. Selain perlengkapan untuk menunjang kebersihannya, Moms juga perlu memfasilitasinya dengan beberapa mainan yang bisa membuat bayi betah berlama-lama saat mandi.

Saat memandikan bayi, Moms juga bisa memperkuat bonding dengan bayi lho. Sentuhan lembut Moms dan juga celotehan obrolan saat mandi, akan menambah kedekatan Moms dengan Si Kecil. 

Jadi buatlah suasana mandi yang menyenangkan. Jangan sampai ada perasaan repot memandikan bayi, karena suasana hati Moms dapat ditangkap oleh Si Kecil. Nah berikut merupakan perlengkapan mandi bayi yang Moms bisa mulai hunting untuk menemani Si Kecil mandi. 

1. Alat bantu penyangga tubuh

Perlengkapan mandi bayi yang harus Moms penuhi saat memandikannya adalah alat penyangga tubuh. Fungsinya adalah untuk memudahkan Moms untuk membersihkan sekaligus bermain dengan bayi saat mandi. Dengan alat tersebut, Moms bisa dengan mudah mengangkat Si Kecil ketika ingin membasuh lipatan tubuhnya. Selain itu, dengan alat tersebut, bayi juga jadi tidak selalu terendam air. Hal ini dapat membantu Moms saat sedang memandikan Si Kecil. Moms  tidak jadi terlalu basah saat sedang memandikannya

Moms juga bisa mengajak bayi berbicara saat sedang memandikannya. Selain mengobrol, Moms juga bisa bersenandung agar membuat suasana semakin ceria. Meskpiun bayi belum paham apa yang Moms katakan, interaksi ini akan membantu Moms membangun dan mendekatkan hubungan antara Moms dan Si Kecil.  

2. Bak Mandi Bayi

Perlengkapan mandi bayi yang berikutnya wajib Moms miliki adalah bak mandi bayi. Nah alat bantu mandi dengan bak mandi merupakan perpaduan yang baik. Moms bisa memilih bak mandi yang pas dengan ukuran si kecil. Tetapi jangan yang terlalu kecil juga ya Moms, nanti Si Kecil akan kesulitan untuk bergerak dan bermain.

Moms baru bisa memandikan bayi di bak mandi kala usianya sudah mencapai 10 hingga 14 hari atau setelah tali pusat bayi lepas (puput). Saat tersebut merupakan saat tepat untuk mengenalkan bayi dengan air yang menggenang di bak mandi. 

Jangan juga lupa untuk membawa beberapa mainan, seperti boneka bebek atau mainan lainnya yang memang disukai anak. Itu akan membuatnya fokus memegang mainan disaat Moms sibuk membersihkan tubuhnya. Pilihlah bahan bak mandi yang aman untuk bayi, seperti plastik anti-slip yang lembut. Moms juga harus teliti di sini, jangan sampai ada bagian tajam yang tidak disadari. Raba keseluruhan bak mandi sebelum menaruh bayi di dalamnya. Hal itu perlu Moms lakukan, karena pergerakan bayi tidak dapat diduga.

3. Waslap

Perlengkapan mandi bayi yang bisa Moms gunakan untuk membersihkan Si Kecil adalah waslap. Sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak baru bisa dimandikan 6 jam setelah dilahirkan.

Proses memandikannya pun hanya boleh dilakukan dengan cara mengelap secara perlahan dan halus setiap bagian tubuh bayi. Gunakan air yang hangat ya Moms, jangan yang panas juga dingin. 

Nah untuk mengelapnya, Moms bisa menggunakan waslap. Waslap sendiri merupakan kain yang berbentuk seperti sarung tangan yang longgar. Jadi Moms bisa dengan mudah membersihkan setiap bagian tubuh bayi dengan waslap. Pilihlah bahan yang halus dan agak tebal. Jangan juga lupa untuk selalu mencuci waslap setelah digunakan.

Kemudian jemur walsap dengan mengangin-anginkannya. Jangan dibiarkan basah terus ya Moms, karena nanti akan membuatnya menjadi sarang bakteri atau kuman. 

4. Handuk dan Perlak

Perlengkapan mandi bayi berikutnya yang harus dipenuhi adalah handuk. Moms bisa mencari bahan yang lembut dan juga berukuran tidak terlalu besar. Mengapa ukurang kecil lebih baik? Karena nanti Moms akan kesulitan saat akan menggendongnya setelah mandi. Dengan handuk yang sesuai ukuran juga bayi akan merasa lebih nyaman saat akan dibersihkan. Handuk yang terlalu besar untuk digulungkan ke bayi pun bisa menjadi bahaya karena memiliki risiko tersangkut di benda-benda lain.

Setelah mengeringkan dengan handuk, Moms juga bisa membeli perlak untuk diletakkan di atas kasur. Biasanya sehabis mandi, bayi akan diletakkan diatas kasur untuk kemudian diberikan baby oil untuk menghangatkan badan Si Kecil. Nah agar kasur tidak basah, diperlukan perlak. Di sini Moms juga perlu mencari ukuran yang tepat. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Cari bahan perlak yang halus dan tidak kasar. Agar bayi bisa nyaman saat sedang dipakaikan baju atau celana. 

5. Popok

 

Perlengkapan mandi bayi berikutnya adalah popok bayi. Ya, popok merupakan produk vital yang tidak bisa dipisahkan dari hidup Si Kecil. Sebelum mandi, copot popok lamanya dengan baik. Cari popok bayi yang memiliki daya serap tinggi dan cepat. Selain itu, Moms juga bisa memperhatikan tentang daya tampung popok itu sendiri. 

Di masa kini, banyak alternatif popok bayi yang Moms pilih. Popok bayi tersedia di banyak jenis dan ukuran. Oleh karena itu, Moms harus mengetahui ukuran dan bahan yang tepat untuk Si Kecil. Selain itu,  Moms juga perlu memperhatikan sensitivitas kulit bayi dalam memilih popok.

Cari popok yang memang berkualitas baik. Pemilihan popok bayi yang tepat bisa membantu Moms untuk memperkecil risiko munculnya ruam popok pada bayi. Salah satu popok bayi yang Moms bisa pilih adalah Merries. Popok bayi yang memiliki 3 lapisan dan terowongan udara, sehingga popok tetap kering dan menjauhkan bayi dari risiko kulit lembab. Permukaan Merries yang lembut juga membantu bayi tetap merasa nyaman.

Kapan waktu membeli perlengkapan mandi bayi?

Waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan mandi bayi adalah paling tidak 1 bulan sebelum jadwal melahirkan.  Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan mandi bayi.

Waktu yang ini pas karena belum terlalu dekat dengan HPL Moms tapi tidak terlalu jauh sehingga Moms akan terlalu lama menyimpan barang-barang tersebut. 

Selain itu, untuk lebih mengamankan arus keuangan, Moms juga bisa mencicil ketika membelinya. Misalnya, bulan ini Moms membeli bak mandi. Kemudian di bulan berikutnya Moms kembali membeli handuk, lalu lanjutkan terus untuk tiap bulannya hingga semuanya terkumpul.Dengan begitu, beban keuangan keluarga tidak akan menjadi berat. Moms tetap bisa membeli kebutuhan lainnya tanpa mengganggu pengeluaran  rutin bulanan. Jangan lupa juga untuk rajin mengecek informasi promo di berbagai ecommerce yang kerap melakukan flash sale.

Perlengkapan mandi bayi merupakan hal yang perlu Moms penuhi saat memiliki anak pertama. Nanti begitu anak kedua lahir dan berikutnya, Moms hanya perlu membeli barang yang sudah mulai berkurang kenyamanannya. Contoh perlengkapan mandi yang sebaiknya Moms beli untuk tiap anak adalah handuk dan perlak. Karena kelembutan dan daya serap handuk akan terus berkurang seiring berjalannya waktu Moms gunakan untuk satu anak. Sehingga, ketika Moms melahirkan lagi, akan lebih baik jika membeli handuk dan perlak baru yang lembut dan daya serap optimal. Sebaliknya, perlengkapan seperti bak mandi ataupun alat bantu penyangga tubuh bayi saat mandi tidak perlu diperbaharui jika Moms melahirkan anak ke-dua atau ke-tiga. Umumnya, durabilitas kedua produk ini cukup tinggi. Tetapi, tetap diperiksa ya kondisi produk sebelum anak lahir, Moms.