Cara Mengeluarkan Angin yang Benar dari Bayi yang Habis Minum Susu

Merries Insight
17 November 2015
Kesehatan
Share
Cara Mengeluarkan Angin yang Benar dari Bayi yang Habis Minum Susu

Menyendawakan si kecil setelah meminum ASI atau susu, merupakan hal yang sangat penting. Selain menjaga bayi supaya tidak kolik, bersendawa setelah minum susu berfungsi untuk mengeluarkan angin yang masuk terhisap bersama masuknya ASI atau susu formula.

Walaupun terlihat sederhana, ternyata membuat bayi bersendawa ada seninya juga lho Moms! Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Pasalnya, banyak wanita yang bahkan merasa frustrasi karena tidak bisa alias selalu gagal menyendawakan anaknya.

Tiap Bayi Berbeda

Perlu diketahui juga, setiap bayi memiliki perbedaan dalam bersendawa. Beberapa anak bisa bersendawa dengan sendirinya, tapi ada pula anak yang memang harus disendawakan dulu. Walaupun begitu, untuk anak yang berusia 0-9 bulan, mereka masih belum bisa bersendawa lho Moms!

Hal tersebut terjadi karena mereka masih belum bisa mengeluarkan udara dari lambung dengan sendirinya. Biasanya, kemampuan untuk bersendawa ini akan mereka dapatkan ketika sudah berusia 9 bulan ke atas, terutama ketika mereka sudah mulai bisa duduk tegak sendiri.

Selain itu, terkadang posisi si kecil menentukan apakah dia bisa bersendawa atau tidak. Berikut merupakan cara membuat si kecil bersendawa setelah minum susu.

  • Posisikan satu tangan menopang antara leher dan kepala si kecil, kemudian tangan yang lain menahan pantat bayi.
  • Sebaiknya, posisikan agar dagu si kecil melewati bahu anda agar dia bisa bernapas lega.
  • Jangan lupa untuk meletakkan slubber atau sapu tangan di bahu moms untuk menjaga agar tidak baju anda tidak kotor akibat si kecil muntah atau gumoh.
  • Setelah posisinya tepat, saatnya anda menepuk-nepuk bagian punggung si kecil secara perlahan hingga dia benar-benar bersendawa. Ingat, tepuk-tepuk secara perlahan!
  • Agar sirkulasi udara dalam tubuh si kecil lebih maksimal, Moms bisa menggendong si kecil sambil berdiri atau pastikan tubuhnya alam posisi yang lurus.

Bagaimana Moms, cukup mudah bukan? Bagaimana dengan anda sendiri, punya pengalaman menarik ketika membuat si kecil bersendawa. Sharing yuk pengalamannya di sini!