Cara Aman dan Nyaman Menyusui Bayi di Tempat Umum

Merries Insight
22 December 2022
Kesehatan
Share
Cara Aman dan Nyaman Menyusui Bayi di Tempat Umum

Menyusui bayi adalah momen penting bagi Moms yang baru mempunyai anak. Lewat menyusui, Moms bisa lebih dekat dengan Si Kecil sekaligus memenuhi kebutuhan ASI yang penting untuk tumbuh kembangnya.

Menyusui bayi juga bisa menjadi momen yang menantang untuk Moms, terutama saat Moms terpaksa menyusui Si Kecil di tempat umum. Dikatakan demikian karena saat menyusui di tempat umum, orang-orang di sekitar akan menatap Moms yang tentu saja membuat Moms tidak nyaman. Padahal, menyusui di tempat umum dibutuhkan saat SI Kecil lapar sedangkan Moms dan Si Kecil sedang berada di luar ruangan.

Perlu Moms ketahui bahwa menyusui di tempat umum sebetulnya sudah dilindungi oleh undang-undang sehingga Moms tidak perlu terlalu khawatir. Adapun undang-undang tersebut pasal 128 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Pada UU tersebut disebutkan bahwa pihak keluarga, masyarakat, dan pemerintah harus mendukung penuh ibu yang menyusui bayinya, terutama saat di tempat kerja atau di tempat fasilitas umum.

Saat nanti menyusui di tempat umum, pastikan Moms melakukannya dengan aman dan nyaman. Untuk melakukannya, Moms bisa ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Berlatihlah di Depan Cermin

Sebelum menyusui di tempat umum, Moms bisa berlatih dulu di rumah terutama di depan cermin. Cara ini bisa membantu Moms menemukan posisi menyusui yang nyaman untuk Moms dan Si Kecil. Teruslah berlatih sampai menemukan posisi yang tepat.

2. Survey Tempat Umum yang Akan Dipakai

Saat bepergian ke tempat umum, Moms bisa melakukan survey lewat internet atau orang-orang terdekat. Cari tahu apakah tempat tersebut memiliki nursery room atau tidak. Jika tidak, Moms bisa cari tempat yang sekiranya aman dan nyaman untuk ibu menyusui, tidak terlalu ramai, serta tidak banyak dikunjungi perokok.

Setelah sampai di tempat umum yang dituju, Moms bisa langsung temukan spot yang sekiranya aman dan nyaman untuk menyusui. Jika tempat yang dikunjungi adalah taman, Moms bisa pilih spot berupa kursi yang teduh dan sejuk.

3. Mengenakan Pakaian yang Nyaman dan Mudah Dibuka

Supaya menyusui jadi nyaman dan mudah, Moms harus mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah dibuka, terutama di bagian dada. Kemeja longgar dan baju dengan kancing depan atau resleting adalah dua contoh pakaian yang bisa dikenakan. Di balik pakaian yang Moms kenakan nanti, Moms bisa mengenakan bra menyusui dengan bukaan depan yang mudah dibuka.

4. Menggunakan Nursing Cover

Jika tempat umum yang Moms datangi tidak memiliki spot yang cukup aman dan nyaman, Moms bisa menggunakan nursing cover saat menyusui Si Kecil. Nursing cover sendiri adalah kain yang bisa menutupi Si Kecil saat menyusui. Moms juga bisa menggunakan kain gendongan bayi saat Moms tidak memiliki nursing cover.

5. Menggunakan Bantal Kecil

Selama menyusui Si Kecil di tempat umum, tangan Moms mungkin akan terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya, Moms bisa menyangga tangan Moms dengan memakai bantal kecil. 

6. Siapkan Jawaban Saat Ditegur atau Dikritik Orang Lain

Tidak semua orang terbiasa dan menerima ibu yang menyusui di tempat umum. Mereka biasanya cenderung mengkritik dan menegur ibu menyusui, bahkan tidak jarang meminta Moms untuk menyusui Si Kecil di kamar mandi.

Siapkan jawaban yang tepat jika Moms mendapatkan teguran atau kritikan orang lain. Misalnya: saat orang lain menegur Moms dan meminta Moms menyusui di kamar mandi, Moms bisa katakan pada mereka, “kamar mandi adalah tempat untuk buang air dan mandi, bukan tempat untuk menyusui”.

Sebaliknya, Moms harus mengucapkan terima kasih saat ada orang lain yang justru mendukung Moms, bahkan merekomendasikan tempat umum yang aman untuk menyusui.

7. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Menyusui di tempat umum memang membuat Moms sedikit risih dan kurang percaya diri pada awalnya. Namun, pastikan Moms harus tetap tenang dan percaya diri. Ketenangan dan kepercayaan diri Moms akan membuat ASI keluar lebih lancar, sehingga Si Kecil pun bisa menyusui dengan mudah. Supaya semakin tenang dan percaya diri, Moms bisa meminta pendampingan dari orang-orang terdekat seperti Dads, kerabat, atau sesama ibu menyusui.

8. Tetap Waspada

Saat menyusui di tempat umum, Moms harus sedikit lebih waspada mengingat di sana tentu akan ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Pastikan barang-barang yang Moms bawa ada di dekat Moms supaya tidak berpotensi dicuri orang lain. Jangan sungkan untuk memberikan teguran jika ada orang-orang yang sekiranya mengganggu.

Menyusui di tempat umum adalah salah satu hal yang terkadang membuat risih jika belum terbiasa. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena kegiatan tersebut sudah mendapatkan jaminan perlindungan dari undang-undang. Moms tinggal lakukan cara-cara yang sudah Merries sebutkan. Dengan menyusui di tempat umum, Moms bisa tetap memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil walaupun sedang tidak ada di dalam ruangan yang aman dan nyaman.

Semoga cara-cara tersebut bisa dipraktikkan sehingga Moms bisa menyusui Si Kecil di tempat umum dengan aman dan nyaman. Jika Moms menemukan ibu lain yang menyusui di tempat umum, berikanlah dukungan supaya mereka bisa menyusui dengan lebih percaya diri.

Selama menyusui Si Kecil, pastikan Moms selalu memenuhi kebutuhannya seperti popok bayi. Untuk urusan popok, Moms bisa memilih popok Merries Skin Protection.

Popok Merries ini memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga membuat kulit Si Kecil bebas bernapas. Daya tampungnya cepat dan banyak sehingga kulit Si Kecil pun tetap kering dan terhindar dari kebocoran. 

Popok Merries ini juga dilengkapi lapisan antibakteri dengan ekstrak daun teh yang dapat mencegah iritasi dan bau. Popok Merries Skin Protection bisa Moms pesan langsung disini!