Berhubungan Seks yang Aman Saat Hamil

Merries Insight
12 April 2021
Kesehatan
Share
Berhubungan Seks yang Aman Saat Hamil

Ketika sedang hamil mungkin banyak Moms yang takut untuk berhubungan seks. Moms dan Dads seringkali merasa khawatir akan membahayakan Si Kecil dalam kandungan jika melakukan seks saat hamil. Jika dilakukan dengan baik dan memperhatikan beberapa kondisi, berhubungan seks saat hamil tidak akan membahayakan Si Kecil di perut kok Moms.
Bila Moms tidak memiliki masalah selama kehamilan, maka cukup aman untuk melakukan hubungan seks saat hamil. Berhubungan seks tidak akan melukai Si Kecil dalam kandungan karena terlindungi oleh cairan ketuban di dalam rahim.

Manfaat Berhubungan Seks Saat Hamil

Melakukan seks saat hamil memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan. Tidak hanya bagi Moms, kehamilan Moms pun dapat mendapatkan manfaatnya jika Moms dan Dads melakukan hubungan seks saat hamil. Apa saja manfaatnya, yuk simak berikut ini:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Ketika melakukan seks saat hamil sirkulasi darah Moms menjadi lebih lancar. Bila sirkulasi darah Moms lancar maka asupan oksigen dan nutrisi untuk Si Kecil tidak akan terhambat. Tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan Moms dan juga perkembangan Si Kecil di kandungan.

2. Membuat Tetap Aktif

Berhubungan seks saat hamil bisa membuat Moms tetap aktif meskipun semakin sulit bergerak karena kehamilan yang semakin membesar. Berhubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 50 kalori.

3. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Terdapat penelitian yang menyatakan jika rutin melakukan seks saat hamil bisa menurunkan risiko preeklamsia (gangguan kehamilan dengan meningginya tekanan darah dan kandungan protein yang tinggi pada urin) bisa menyebabkan komplikasi pada berbagai organ vital). Hal tersebut dikarenakan pada sperma terdapat kandungan protein HLA-G yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

4. Si Kecil Terhindar dari Stress

Dengan berhubungan seks saat hamil Moms akan lebih fit, meningkatkan imunitas dan hormon oksitosin. Jika merasa bahagia Moms akan terhindar dari hormon stress seperti kortisol, sehingga perkembangan Si Kecil akan lebih baik.

Baca Juga

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Baik dan Aman untuk Wanita Hamil

Cara Aman Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Menyeruput Kopi Saat Menyusui, Aman?

5. Melatih Otot Panggul

Saat persalinan Moms membutuhkan otot panggul yang kuat. Saat melakukan seks saat hamil dapat melatih otot panggul. Melatih otot panggul juga baik untuk pemulihan Moms setelah melahirkan.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Moms yang tengah hamil besar biasanya akan merasakan sulit tidur meski sudah berganti-ganti posisi. Dengan berhubungan seks saat hamil akan membuat Moms tidur lebih nyenyak karena setelahnya menjadi lebih rileks. Pergerakan saat sedang melakukan hubungan seks juga akan membuat Si Kecil di perut lebih tenang sehingga Moms tidak merasakan tendangannya saat tidur.

7. Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati ketika tengah hamil terkadang menjadi naik turun tak menentu hal ini karena pengaruh hormon yang dihasilkan di masa kehamilan. Ketika melakukan seks saat hamil dan mencapai orgasme, Moms akan mengeluarkan hormon endorphin dan oksitosin yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Kondisi yang Diperbolehkan Berhubungan Seks saat Hamil

Agar berhubungan seks saat hamil menjadi aman, ada beberapa kondisi yang menjadi patokan diperbolehkannya melakukan seks saat hamil yaitu sebagai berikut:

● Dilakukan Setelah Trimester Pertama

Beberapa ahli menyatakan jika sperma mengandung senyawa prostaglandin yang bisa menimbulkan rasa mulas bagi ibu hamil. Pada kondisi hamil muda ini juga Si Kecil dan ari-ari belum terbentuk dengan sempurna. Untuk itu sebaiknya berhubungan seks saat hamil muda dihindarkan terlebih dahulu.

Baca Juga

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Baik dan Aman untuk Wanita Hamil

4 Tips Aman Konsumsi Telur Saat Hamil

Ini Aturan Behubungan Seks Pasca Melahirkan

● Kondisi Kandungan Sehat

Perlu diperhatikan jika hubungan seks saat hamil diperbolehkan bila kondisi kandungan Moms dalam keadaan sehat. Kandungan Moms normal, tidak ada penyakit dan gangguan seperti mulut rahim terbuka, ketuban pecah, infeksi atau lainnya. Bila memang ada penyakit tertentu atau keadaan tidak normal lainnya, maka konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan seks saat hamil.

● Tidak Ada Riwayat Pendarahan

Apabila Moms memiliki riwayat pendarahan selama hamil sebaiknya hindari berhubungan seks saat hamil. Ada baiknya Moms konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan jika tetap ingin melakukan seks saat hamil agar dipastikan bahwa kondisinya aman. Jika Moms memiliki kondisi plasenta previa (plasenta berada di bagian bawah rahim), hindari berhubungan seks karena dapat meningkatkan risiko pendarahan yang bisa membahayakan kesehatan Moms dan Si Kecil.

Hindari Berhubungan Seks saat Hamil jika Mengalami Kondisi Ini
Ada beberapa kondisi yang membuat Moms sebaiknya menghindari berhubungan seks saat hamil karena bisa membahayakan kesehatan Moms dan Si Kecil. Beberapa kondisi yang membuat seks saat hamil sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut:

● Pecah ketuban dini
● Terjadi kontraksi saat berhubungan
● Memiliki riwayat pendarahan berat
● Memiliki riwayat keguguran
● Sebelumnya melahirkan prematur
● Gangguan plasenta seperti plasenta previa atau lainnya
● Leher rahim sudah terbuka
● Pasangan memiliki penyakit menular seksual

Posisi Seks Yang Aman Saat Hamil

Terkadang Moms merasa keinginan untuk berhubungan seks saat hamil menurun karena perut yang mulai membesar. Moms juga mungkin mengkhawatirkan Si Kecil tertekan berlebihan saat melakukan hubungan seks. Tidak ada aturan baku untuk posisi hubungan seks saat hamil, yang terpenting posisi perut Moms tidak tertekan maka akan aman. Moms dan Dads bisa melakukan seks saat hamil dengan berbagai posisi berikut agar lebih aman dan nyaman:

Baca Juga

Cara Aman Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Ini Aturan Behubungan Seks Pasca Melahirkan

1. Posisi Side by Side

Posisi ini dapat dilakukan dengan berbaring di kasur, kemudian Moms dan Dads saling berhadapan. Dengan posisi ini akan membuat Moms lebih nyaman serta penetrasi yang dilakukan juga bisa menjadi lebih dalam. Moms dan Dads juga bisa lebih intim karena posisi ini saling berhadapan satu sama lain.

2. Posisi Woman on Top

Posisi yang paling aman ketika melakukan seks saat hamil adalah posisi woman on top. Jika berada pada posisi ini perut Moms tidak akan tertekan, selain itu Moms juga bisa mengatur kendali kecepatan dan kedalaman penetrasi. Saat Moms sudah mulai lelah bergerak mintalah Dads untuk bergantian menggerakan pinggulnya.

3. Posisi Spooning

Untuk Moms yang telah memasuki kehamilan trimester ketiga akan sangat nyaman melakukan hubungan seks saat hamil dengan posisi spooning ini. Moms dapat berbaring di kasur dengan posisi menyamping kemudian Dads berbaring di belakang sambil melakukan penetrasi. Moms bisa menambahkan beberapa bantal di atas salah satu kaki agar lebih nyaman dan mudah melakukan penetrasi.

Nah, jadi jangan khawatir bila Moms dan Dads ingin melakukan seks saat hamil selama kehamilan Moms tidak mengalami gangguan apapun. Karena berhubungan seks saat hamil bisa membantu Moms dan juga Si Kecil secara tidak langsung. Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan utama Si Kecil yang akan hadir di tengah Moms dan Dads ya, salah satunya adalah popok. Moms dan Dads bisa memilih popok Merries untuk newborn (NB24) yang dilengkapi dengan perekat lembut yang dapat dilepas pasang berulang kali tanpa kehilangan daya rekat. Cocok untuk pasangan orang tua baru yang belum terlalu fasih memasang dan mengganti popok. Tiga lapisan bersirkulasi udara dari popok Merries juga membantu mencegah kebocoran dengan daya serap maksimal dan anti ruam popok karena cepat kering.

Referensi:
alodokter.com
halodoc.com
parentstory.com
Baca Juga

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Baik dan Aman untuk Wanita Hamil

Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Ini Aturan Behubungan Seks Pasca Melahirkan