Benarkah Persalinan Kedua Akan Terasa Lebih Cepat?

Merries Insight
15 November 2015
Kesehatan
Share
Benarkah Persalinan Kedua Akan Terasa Lebih Cepat?

Ketika hamil untuk kedua kalinya, banyak orang yang bilang kalau persalinan yang kedua akan terasa lebih cepat dan mudah. Secara psikologis, berita ini sangat baik agar Moms bisa lebih siap dan lebih percaya diri menghadapi persalinan yang kedua ini. Tapi bagaimana dengan faktanya? Apakah benar persalinan yang kedua akan terasa lebih cepat dan mudah?

Maaf ya Moms, bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi faktanya, baik persalinan yang pertama, yang kedua atau yang seterusnya, semuanya itu sama. Moms akan melewati beberapa fase pembukaan terlebih dahulu, hingga akhirnya dipandu bidan atau dokter untuk melahirkan si kecil. Semua proses tersebut terbilang sama.

Hanya saja, pengalaman Moms lah yang membuat hal ini berbeda. Secara psikologis, Moms akan lebih siap menghadapi kelahiran karena sebelumnya sudah mengalami hal ini. Selain itu, pengalaman ini pun akan lebih memudahkan Moms untuk mengetahui kapan waktu yang tepat harus datang ke dokter atau bidan, dan kapan harus mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran si kecil.

Secara tidak langsung, kesiapan Moms untuk menghadapi persalinan, baik dengan modal pengalaman atau mendengarkan mitos ini, merupakan kunci persalinan yang kedua terasa lebih mudah dan cepat. Menjelang persalinan, Moms akan merasa lebih tenang, lebih siap dan tentu saja hal ini akan membantu memperlancar proses persalinan.

Rasa Takut Repotkan Persalinan Pertama

Banyak ibu muda yang takut untuk melahirkan karena takut dengan rasa sakit yang tidak tertahankan. Parahnya lagi, di film-film dan orang tua banyak yang mengatakan jika melahirkan merupakan kondisi antara hidup dan mati, penuh darah dan penuh rasa sakit. Alhasil, rasa takut ini justru akan membuat Moms merasa takut, susah tenang dan akhirnya proses persalinan pun akan terhambat.

Maka dari itu, untuk Moms yang sekarang ini sedang menunggu proses persalinan, baik yang pertama atau yang kedua, sebaiknya persiapkan diri dengan baik, baik psikis ataupun fisik. Bagaimanapun juga, proses melahirkan merupakan ujian mental bagi wanita. Jika Moms tenang dan siap untuk menghadapinya, yakin semuanya akan terasa lebih mudah.