Bahan Makanan untuk Meringankan Morning Sicknes Pada Masa Kehamilan

Merries Insight
04 Mei 2016
Kesehatan
Share
Bahan Makanan untuk Meringankan Morning Sicknes Pada Masa Kehamilan

Dua per tiga wanita hamil akan menderita mual dan muntah di sela kehamilannya. Uniknya, tidak hanya pagi, morning sickness pun bisa terjadi kapan saja, bahkan sepanjang hari. Bahkan tidak jarang beberapa ibu hamil harus dilarikan ke rumah sakit karena morning sickness yang terlalu parah.

Tapi tenang Moms, sebenarnya ada kok beberapa cara efektif untuk mengatasi morning sickness, salah satunya lewat makanan.

Apel Hijau

Selain sebagai penunjang kesehatan kehamilan, apel hijau pun memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, salah satunya vitamin C, serat, dan lainnya. Karena kandungannya, Apel hijau diklaim sangat efektif untuk mengatasi mual ketika morning sicknes.

Nah Moms, agar khasiatnya lebih terasa, sebaiknya konsumsi Apel hijau dalam kondisi segar, atau bisa dibuat jus tanpa gula.

Jeruk

Memang kandungan citamin C dalam jeruk tidak sebesar buah jambu, tapi buah yang satu ini punya kelebihan unik yang nggak dimiliki buah lainnya, yakni rasa manis dan aromanya yang menyegarkan. Hal inilah yang membuat jeruk terbukti efektif untuk mengatasi gejala morning sicknes.

Khusus untuk mengatasi morning sickness, anda bisa rutin mengonsumsi jeruk sebagai camilan, atau disaat rasa mula itu mulai datang menyerang.

Jahe

Rempah-rempah yang satu ini sudah cukup lama dikenal sebagai bahan alami yang efektif mengatasi mual, termasuk untuk meredakan morning sicknes. Selain karena aromanya, jahe pun memiliki zat spesial yang membuatnya mampu menghangatkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan mood.

Jahe bisa Anda sajikan bersama dengan campuran madu ataupun dibuat ramuan wedang jahe, dengan rasa manis yang berasal dari kayu manis.

Daun mint

Sama seperti jahe, daun mint memiliki aroma yang menyegarkan, sehingga efektif untuk mengatasi morning sicknes. Selain itu, daun mint pun efektif untuk mengontrol otak dalam menyeimbangkan mood, mengatasi stress dan gangguan lainnya selama masa kehamilan.

Cara mengonsumsi daun mint cukup mudah kok Moms, anda bisa menggunakannya sebagai campuran teh, atau bisa juga dengan cara mengunyahnya langsung.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin B6 yang melimpah. Zat ini terbukti ampuh untuk menetralkan asam lambung, menyehatkan organ pencernaan, sekaligus efektif untuk mengatasi mual. Selain itu, pisang pun disebut kata folat dan zat gizi lainnya yang baik untuk ibu hamil.

Tapi ingat Moms, makanan diatas hanya bersifat membantu meringankan gejalanya saja. Kalau rasa mual dan muntah anda sudah terlalu parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Selamat mencoba!