Apakah Si Kecil Harus Keramas Setiap Hari?

Merries Insight
19 Agustus 2019
Kesehatan
Share
Apakah Si Kecil Harus Keramas Setiap Hari?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apakah Si Kecil harus keramas setiap hari?
  2. Manfaat Keramas Bagi Si Kecil
  3. Kapan waktu ideal untuk keramas?
  4. Trik Agar Si Kecil Mau Keramas Sendiri

 

Rambut merupakan mahkota setiap wanita. Tidak hanya berlaku untuk Moms, peribahasa ini pun berlaku bagi Si Kecil. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan rambut Si Kecil dengan cara alami, dari mulai konsumsi makanan sehat dan rutin keramas.

Apakah Si Kecil harus keramas setiap hari?

Meskipun sekarang ini sudah banyak produk shampo yang khusus buat Si Kecil, faktanya keramas tidak boleh dilakukan setiap hari. Pasalnya, kelenjar keringat di kulit kepala Si Kecil masih belum terbentuk sempurna, sehingga rentan mengalami kulit kering.

Meskipun begitu, semua itu dikembalikan lagi kepada faktor cuaca di daerah setempat. Jika Si Kecil tinggal di lingkungan dingin dan tidak terlalu banyak berkeringat, maka keramas 2 hari sekali sudah cukup ideal. (oleh Meta Herdiana Hanindita SpA., dokter spesialis anak di RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

Kondisi berbeda jika Si Kecil tinggal di lingkungan yang panas sehingga membuat dia terus berkeringat sepanjang hari, maka tidak masalah Si Kecil keramas setiap hari. Tapi sebelum itu, pastikan shampo yang digunakan benar-benar aman dan tidak mengandung alkohol. Kenapa sebaiknya shampo Si Kecil tidak mengandung alkohol?

Alkohol bisa membuat kulit kepala kering berlebihan sehingga meningkatkan produksi minyak. (Oleh Mark Townsend, penata rambut selebriti Hollywood)

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan shampo yang mengandung bahan alami dan lembut, seperti shampo dengan minyak zaitun, minyak kemiri atau bahan alami lainnya.

Manfaat Keramas Bagi Si Kecil

Manfaat keramas yang paling utama adalah, kulit kepala dan rambut Si Kecil akan selalu segar dan wangi. Selain itu, rambut pun jadi lebih sehat dan pertumbuhannya jadi lebih maksimal, apalagi jika Moms menggunakan shampo khusus dengan formula yang memaksimalkan pertumbuhan rambut Si Kecil.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya saat Si Kecil terbiasa keramas sendiri.

  1. Membuat Si Kecil jadi lebih percaya diri karena rambutnya lebih sehat dan bersih. Selain itu, tampilan rambut yang indah akan membuat Si Kecil terlihat lebih menarik.
  2. Si Kecil terbebas dari risiko masalah kulit kepala, seperti serangan kutu rambut, borok kepala, dan masalah rambut rontok, rambut bercabang dan pertumbuhan rambut yang lambat.
  3. Si Kecil sudah tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri sejak dini, dan akan menggunakan kebiasaan baik ini sampai mereka dewasa nanti.

Selain itu, karena keramas yang dilakukan oleh Si Kecil sendiri, hal ini akan melatih Si Kecil kepada kesadaran untuk hidup bersih, dan mereka jadi lebih mandiri.

Kapan waktu ideal untuk keramas?

Dilansir dalam parenting.firstcry.com, sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan Si Kecil harus keramas, apakah pagi hari, siang atau malam. Tapi yang jelas, banyak pakar kesehatan rambut menyarankan agar Si Kecil keramas saat mandi sore.

Alasannya, setelah mandi sore, umumnya anak-anak akan lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, dan jarang melakukan aktivitas yang membuat keringatnya keluar deras. Kondisi ini sangat menguntungkan karena Si Kecil bisa tidur dalam kondisi rambut yang bersih.

Hal ini berbeda saat Si Kecil keramas di pagi atau siang hari. Rambut mereka akan terpapar keringat, debu, kotoran dan hal lainnya yang membuat rambutnya kotor kembali. Dalam kondisi ini, Si Kecil tentu butuh keramas ulang di sore hari. Jelas, kegiatan ini tidak efektif, bahkan cenderung berbahaya bagi rambut.

Trik Agar Si Kecil Mau Keramas Sendiri

Dalam bukunya yang berjudul Mommyclopedia, Dr Meta menyarankan agar Moms membiasakan Si Kecil keramas tanpa paksaan. Pasalnya, banyak anak yang masih kaget saat air mengguyur kepalanya, sehingga terkadang dia reflek memeluk Moms atau bahkan menangis.

Jangan dimarahi, ini reaksi normal. Selain itu, dalam buku tersebut Dr Meta pun memberikan beberapa saran agar Si Kecil mau keramas sendiri tanpa paksaan, tanpa tangisan :

  1. Ajak Si Kecil membeli shampo, dan biarkan dia memilihnya sendiri. Jika Moms khawatir Si Kecil memilih shampo yang tidak aman, berikan pilihan shampo terbaik dengan kemasan menarik.
  2. Ajarkan Si Kecil mandi sendiri, termasuk bagaimana cara keramas yang baik dan benar. Yakinkan jika keramas aman dan baik untuk kesehatan rambutnya.
  3. Jangan memaksa Si Kecil untuk keramas. Pemaksaan yang dilakukan Moms justru bisa membuat Si Kecil takut untuk keramas, dan selalu menganggap jika kegiatan ini menakutkan.
  4. Pastikan Si Kecil membilas rambutnya hingga bersih. Moms bisa membebaskan mereka untuk membilas rambut langsung dengan gayung, atau dengan shower.

Jangan lupa, berikan contoh bagaimana keramas yang baik dan hasilnya maksimal. Hal ini disebabkan karena anak-anak umumnya lebih efektif saat belajar dengan cara mendengar dan melihat langsung. Selamat mencoba Moms!