Apa sih yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Pengasuh?

Merries Insight
25 Maret 2016
Kesehatan
Share
Apa sih yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Pengasuh?

Mencari pengasuh memang sering dipilih sebagai solusi saat orang tua mempunyai kesibukan bekerja dan tidak bisa mengasuh si kecil sendiri. Kehadiran pengasuh pun diakui sangat membantu dan meringankan tugas orang tua. Memperkerjakan pengasuh malah sudah bukan hal tabu lagi di kota-kita besar. Moms dan Dads yang sibuk bekerja membutuhkan bantuan pengasuh untuk menjaga Si kecil.

Bisa dibilang suatu keberuntungan bila Moms dan Dads mempunyai keluarga atau saudara dekat yang bisa dimintai tolong mengasuh si kecil. Akan tetapi, tidak ada salahnya pula mencari pengasuh bila memang dibutuhkan. Hanya saja, memilih pengasuh tidak boleh coba-coba. Pasalnya keselamatan Si kecil menjadi taruhannya. Tentu Moms dan Dads tidak ingin menitipkan Si kecil kepada orang yang salah bukan? Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut ini saat mencari pengasuh:

Kepastian Identitas Pengasuh

Pastikan identitas pengasuh yang diberikan lengkap, asli, dan bisa dipercaya. Misalnya kartu identitas dan nomor telepon keluarga terdekat pengasuh yang bisa dihubungi. Sehingga Moms tidak perlu bingung mesti menghubungi siapa saat diperlukan.

Pertimbangkan Kualitas Pengasuh

Kualitas pengasuh jelas menjadi pertimbangan berikutnya yang tidak boleh diabaikan. Dalam hal ini Moms bisa memberi nilai lebih kepada para pengasuh yang sudah mempunyai pengalaman lama di bidangnya. Namun, pastinya kualitas tidak berdasarkan latar belakang pengasuh. Untuk mengetahui gambaran kualitas pengasuh mungkin Moms bisa melakukan wawancara langsung. Melalui wawancara langsung sekiranya Moms bisa menilai karakter calon pengasuh.

Baca Juga

Ini yang Terjadi Jika Anda Menyerahkan Si Kecil Sepenuhnya Kepada Pengasuh

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membawa Si Kecil ke Kantor

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendekorasi Kamar Bayi

Kesehatan Pengasuh

Kesehatan pengasuh juga perlu diperhatikan. Hal ini karena mengingat Si kecil dalam masa perkembangan cenderung masih rentan dan sensitif tehadap penyakit. Oleh sebab itu, pastikan calon pengasuh si kecil Moms sehat dan tidak berisiko menularkan penyakit berbahaya.

Kecocokan dengan Orang Tua

Kecocokan antara pengasuh dengan orang tua juga menjadi poin penting. Hal ini karena saat mengasuh Si kecil, mesti ada hubungan komunikasi yang lancar antara Moms selaku orang tua dengan pengasuh. Apalagi mengingat kehadiran pengasuh adalah untuk menggantikan peran orang tua saat sibuk bekerja atau tidak bisa mendampingi Si kecil. Sehingga ada komunikasi dua arah yang baik seperlu mengetahui tingkat perkembangan Si kecil.

Kecocokan dengan Si Kecil

Baca Juga

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendekorasi Kamar Bayi

Mempelajari Efek Antibiotik Bagi Bayi Dan Mencari Solusi Saat Bayi Sakit

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendekorasi Kamar Bayi

Selain mesti cocok dengan Moms, pengasuh yang dipilih juga mesti cocok dengan Si kecil. Hal ini berhubungan dengan psikologis Si kecil. Bila Si kecil senang dan cocok dengan pengasuh, tentu akan memberi nilai tambah tersendiri. Si kecil pastinya akan mendengarkan dan tidak rewel saat didampingi pengasuh. Untuk mengetahui senang tidaknya Si kecil kepada pengasuh, Moms bisa bertanya langsung kepadanya. Tanyakan apakah Si kecil senang bermain bersama pengasuh atau malah merasa tidak nyaman.