Apa Sebenarnya Manfaat Susu Kehamilan?

Merries Insight
05 April 2016
Kesehatan
Share
Apa Sebenarnya Manfaat Susu Kehamilan?

Susu untuk ibu hamil saat ini sepertinya telah menjadi salah satu asupan penting yang wajib diminum selama masa kehamilan. Minuman tersebut sekilas hampir sama dengan susu pada umumnya karena memiliki warna dan rasa yang hampir sama. Bagi para wanita yang tidak suka minum susu mungkin beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan bergizi saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Padahal susu kehamilan sebenarnya memiliki manfaat lain yang sangat penting untuk tubuh, khususnya untuk si kecil di dalam rahim.

Sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bahwa susu kehamilan menawarkan manfaat yang besar. Bahkan sudah ada banyak penelitian bahwa minum susu secara rutin dapat membuat tubuh sehat. Di dalam susu terdapat banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah kalsium, protein, dan vitamin. Nutrisi ini dibutuhkan untuk perkembangan bayi dan kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari susu kehamilan yang wajib diketahui oleh para ibu hamil:

Susu Mengandung Banyak Kalsium

Kalsium merupakan salah satu zat yang wajib dipenuhi dalam tubuh selama masa kehamilan. Jika Moms kekurangan kalsium, hal ini dapat berdampak kurang baik untuk tumbuh kembang serta kesehatan si kecil. Karena alasan tersebut, Moms yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk minum 2 gelas susu setiap hari.

Susu Memenuhi Kebutuhan Protein

Jika selama kehamilan Moms kekurangan asupan protein, hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan janin. Selain itu kandungan protein yang terdapat pada susu juga sangat baik untuk memperkuat rahim, menyehatkan payudara, dan melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga

Apa Manfaat Si Kecil Berkompetisi?

Pentingkah Minum Susu Selama Masa Kehamilan?

Berapa Sebenarnya Berat Badan Ideal Si Kecil?

Susu Mengandung Vitamin D

Susu merupakan salah satu asupan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah rakhitis neonatal dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Minum susu juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 59 persen.

Susu Membantu Meredakan Mual

Saat sedang hamil, morning sickness atau mual adalah hal yang umum terjadi. Tetapi Moms dapat meredakan gangguan ini dengan meminum susu dingin secara rutin. Susu tersebut dapat membantu meringankan mual, maag, dan masalah lambung yang lain.

Susu Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Baca Juga

Berapa Sebenarnya Berat Badan Ideal Si Kecil?

Sebenarnya Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Belajar Baca Tulis?

Pentingkah Minum Susu Selama Masa Kehamilan?

Susu termasuk cairan yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Oleh sebab itu minum susu juga dapat membantu Moms terhindar dari dehidrasi saat hamil.

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh susu kehamilan, asupan tersebut tentu wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Jika Moms tidak mengalami intoleransi laktosa tetapi tidak suka minum susu, maka cobalah untuk meminumnya karena manfaat terbesar akan dirasakan oleh si kecil.