Amankah Membersihkan Telinga Si Kecil dengan Q-Tip?

Merries Insight
12 April 2016
Kesehatan
Share
Amankah Membersihkan Telinga Si Kecil dengan Q-Tip?

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, khususnya telinga bayi baru lahir atau si kecil yang usianya masih di bawah 6 bulan. Pada usia tersebut, Moms harus sangat berhati – hati saat membersihkan telinga si kecil. Menjaga kebersihan si kecil sangat penting untuk kesehatannya, khususnya bagian telinga. Bagian tersebut perlu dibersihkan agar tidak baud an kotor. Selain itu membersihkan bagian telinga bayi juga sangat bermanfaat untuk mencegah penumpukan kotoran telinga sekaligus menghilangkan sel – sel yang sudah mati yang biasanya menumpuk di lipatan telinga.

Kotoran telinga sebenarnya bukan zat yang berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi maupun berpengaruh terhadap pendengaran si kecil. Kotoran tersebut merupakan zat yang dihasilkan untuk melindungi telinga dari zat asing dan kuman.

Untuk membersihkan telinga si kecil, Moms harus melakukannya dengan hati – hati karena mungkin saja terjadi komplikasi dan dapat berakibat fatal misalnya infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, dan dapat mengganggu pendengaran si kecil. Q-Tip sampai saat ini masih menjadi salah satu alat yang banyak digunakan untuk membersihkan telinga. Namun apakah benda ini aman jika digunakan untuk membersihkan telinga si kecil? Cotton bud maupun Q-Tip sebenarnya kurang dianjurkan jika digunakan untuk membersihkan telinga bayi. Untuk membersihkan telinga si kecil secara aman, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

Membersihkan Telinga Si Kecil Saat Dimandikan

Ketika kotoran telinga terkena air, kotoran tersebut akan mencair dan mudah dibersihkan. Jadi sangat tepat jika membersihkan telinga si kecil saat memandikannya. Caranya, ambil kain halus yang lembab untuk membantu membersihkan bagian luar telinga si kecil. Setelah itu bersihkan pula dalam lipatan telinga serta seka kotoran yang sudah kering.

Menyeka dengan Air Hangat

Ketika Moms sedang memandikan si kecil, sekalah telinganya dengan menggunakan kain hangat. Jika Moms melakukannya secara rutin, telinga si kecil akan selalu terjaga kebersihannya. Cara tersebut juga akan membersihkan telinga dari penumpukan sel kulit mata dan kotoran telinga.

Jangan Memasukkan Cotton Buds Ke Telinga Si Kecil

Membersihkan telinga si kecil menggunakan cotton buds sangat tidak dianjurkan. Pasalnya membersihkan telinga dengan cotton buds kemudian memasukkannya ke lubang telinga dapat merusak gendang telinga. Hal ini dapat beresiko mengganggu fungsi pendengaran si kecil.

Beberapa tips kadang tidak berjalan lancar sesuai harapan. Jika kotoran di telinga si kecil tidak kunjung hilang dan justru kian bertambah, Moms dapat mencoba alternatif lainnya, salah satunya adalah menggunakan tetes telinga. Tetapi sebelum Moms menggunakannya, konsultasikan dulu dengan DSA si kecil.