Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir di Masa Pandemi

Merries Insight
31 Maret 2022
Umum
Share
Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir di Masa Pandemi

Salah satu hal yang perlu dipikirkan Moms yang baru melahirkan adalah popok. Memilih popok bayi baru lahir memang cukup tricky dan mesti mempertimbangkan banyak aspek. Mulai dari budget sampai kenyamanan Si Kecil. Semakin ribet manakala Moms mesti memilihnya di masa pandemi seperti sekarang.

Di pasaran, ada dua jenis popok bayi sekali pakai yang bisa dibeli, yaitu popok jenis tape dan pants. Popok sekali pakai terbuat dari material sintetis yang bisa Moms buang setelah Si Kecil memakainya. Kelebihan dari popok tape dari Merries adalah memiliki perekat lembut dan dapat dilepas pasang berulang kali. Kemudian kelebihan popok pants dari Merries dapat diregangkan hingga 2.5 kali.

Untuk bayi yang baru lahir, Merries sarankan kepada Moms untuk membeli popok sekali pakai. Jenis popok ini tergolong praktis saat digunakan. Bila popok sudah dipenuhi cairan atau kotoran, Moms bisa langsung membuangnya. Popok ini pun juga mudah dikenakan, sehingga tidak membuat Si Kecil rewel. Saat ini, popok sekali pakai bisa dibawa ke mana saja, serta tersedia dalam berbagai jenis sesuai tahap perkembangan bayi, termasuk popok bayi baru lahir tentunya.

Tips Memilih Popok Bayi yang Baru Lahir di Masa Pandemi

Terlepas apa pun jenis popok yang Moms pilih, Moms harus jeli dalam memilihnya. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, di mana mobilitas begitu terbatas, sehingga Moms tak punya waktu banyak untuk memilih popok bayi.

Pada sub judul ini, Merries akan share beberapa tips yang bisa Moms pakai untuk memilih popok di masa pandemi, terutama popok untuk bayi yang baru lahir. Beberapa tips itu adalah:

Pilih Popok yang Ukurannya Pas

Setiap popok yang ada memiliki ukurannya masing-masing. Pilih ukuran yang sesuai berat badan Si Kecil . Pastikan ukurannya betul-betul pas, tidak longgar atau bahkan terlalu sempit.

Popok yang kelonggaran bikin popok mudah bocor, terutama bila Si Kecil buang air. Sebaliknya, popok yang terlalu sempit akan membuat sirkulasi darah pada bayi terhambat, serta menimbulkan bekas garis merah pada bagian tubuhnya.

Pastikan Popok yang Dipilih Daya Serapnya Baik

Daya serap adalah aspek lainnya yang patut diperhatikan,dalam pemilihan popok. Pastikan popok yang Moms pilih daya serapnya terbukti baik. Entah itu dari segi daya serap popok terhadap cairan, penyebaran cairan rata pada popok , maupun dari segi sirkulasi udara pada popok sehingga kulit Si Kecil bebas bernapas .

Pastikan semua aspek itu baik adanya. Hindari memilih popok yang daya serap dan aspek-aspek penunjangnya buruk. Memilih popok semacam itu hanya akan membuat kulit Si Kecil lembab dan jika dibiarkan akan menimbulkan ruam.

Kalau Bisa, Pilihlah Popok yang Sesuai Kebutuhan Si Kecil 

Kalau memungkinkan, Moms bisa pilih popok sekali pakai yang telah dilengkapi perekat A yang bisa custom . Popok ini cocok untuk bayi yang baru lahir hingga belajar merangkak . Pastikan perekat popoknya lembut sehingga tidak menimbulkan gesekan pada kulit Si Kecil. 

Merries menghadirkan popok yang telah dilengkapi perekat yaitu Merries Premium Tape. Perekat pada popok ini punya tekstur lembut dan bisa Moms lepas-pasang berulang kali. Selain perekat popoknya lembut , Merries Premium Tape ini juga memiliki kelebihan-kelebihan yang membuat bayi baru lahir nyaman menggunakannya.

Kelebihan pertama ada pada lapisan popoknya yang nyaman , permukaan popok yang bergelombang sehingga mampu menyerap banyak cairan dan kotoran lunak , serta dilengkapi sirkulasi udara yang baik . Kelebihan lainnya ada pada fitur alarm penanda pipis yang bisa membantu Moms untuk tahu kapan harus mengganti popoknya. Fitur tersebut punya bentuk berupa tiga garis berwarna kuning. Bila warna garisnya menjadi biru, maka itu tandanya Moms mesti segera mengganti popoknya.

Bila bayi Moms sudah mulai aktif, Moms bisa menggunakan popok celana, sehingga Si Kecil bisa dapat bergerak seharian. Sebagai saran, pilihlah popok yang pas di pinggang dan selangkangan seperti Merries Premium Pants supaya memudahkan Si Kecil bergerak.

Akibat Salah Memilih Popok untuk Bayi yang Baru Lahir

Jangan sampai Moms salah memilih popok yang tepat, terutama untuk Si Kecil yang baru lahir. Sebab, popok sangat berkaitan dengan kenyamanan dan kesehatan bayi. Jika salah pilih, akan ada berbagai dampak negatif yang dialami Si Kecil.

Ruam adalah salah satu dampak negatif dari salah memilih popok. Dampak ini biasanya disebabkan oleh daya serap popok yang rendah dan sirkulasi udara yang kurang baik. Hal itu perlahan menimbulkan lembab di kulit dan memunculkan ruam.

Bila dibiarkan, ruam itu bisa menimbulkan lecet dan kulit menjadi kemerahan. Keadaan itu pun membuat Si Kecil jadi rewel, tidak nyaman, serta tidak bisa tidur nyenyak.

Penutup

Memang memilih popok bayi baru lahir sangat tricky, namun jangan khawatir karena Merries Premium Tape sudah menyediakan kebutuhan Mom dan telah menjadi pilihan no 1 Ibu di Jepang.

Sampai di sini artikel Merries kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya, Moms!