Hal yang Harus Dilakukan Saat Si Kecil Mengalami Cegukan

Merries Insight
10 Desember 2021
Umum
Share
Hal yang Harus Dilakukan Saat Si Kecil Mengalami Cegukan

Bayi seringkali mengalami cegukan terutama untuk bayi baru lahir. Cegukan pada bayi sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi. Tetapi bisa mengganggu kenyamanan bayi, sehingga saat bayi cegukan sebaiknya segera diatasi. Sebelum membahas cara mengatasi cegukan pada si Kecil, sebaiknya Mom ketahui lebih dulu apa saja penyebab cegukan pada bayi.

 

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Penyebab bayi cegukan sama halnya dengan yang terjadi pada orang dewasa, yaitu karena adanya kontraksi secara tiba-tiba pada diafragma. Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa hal itu terjadi, tetapi ada beberapa hal yang umum terjadi pada si Kecil.

Refluks Gastroesofagus

Refluks gastroesofagus terjadi pada si Kecil karena katup antara lambung dan esofagus belum berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu makanan dapat naik kembali dan menyebabkan cegukan. Bayi yang mengalami refluks gastroesofagus juga disertai dengan gumoh yang lebih sering.

Minum Susu Terlalu Banyak dan Cepat

Ketika si Kecil minum susu terlalu banyak dan cepat akan membuat banyak udara masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan distensi lambung. Hal ini kemudian akan mendorong diafragma sehingga terjadi kontraksi dan mengalami cegukan.

Menelan Udara

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terlalu banyak menelan udara dapat menyebabkan cegukan. Selain minum susu dengan cepat, hal lain yang menyebabkan udara masuk terlalu banyak ke tubuh adalah makan terlalu cepat, tertawa keras, batuk, makan dengan suhu terlalu panas, minum air terlalu dingin, dan iritasi diafragma.

 

Hal yang Dihindari Saat Bayi Cegukan

Banyak mitos beredar di masyarakat tentang cara mengatasi bayi cegukan. Namun beberapa mitos tersebut sebenarnya cukup berbahaya untuk dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari saat bayi cegukan.

  • Menakut-nakuti si Kecil
  • Mengagetkan si Kecil
  • Menempel kertas basah di dahi
  • Memberi bantuan pernapasan
  • Menarik lidah atau menekan dahinya

Dibandingkan melakukan hal tersebut sebaiknya Moms mengikuti cara mudah untuk meredakan dan menghilangkan cegukan pada si Kecil.

 

Cara Mengatasi Cegukan

Sebenarnya cegukan pada si Kecil dapat hilang sendiri. Tetapi jika si Kecil sudah tidak nyaman dengan cegukannya Moms dapat melakukan beberapa hal agar cegukannya hilang atau mereda. Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa Moms lakukan.

Menepuk

Saat bayi cegukan Moms dapat menepuknya perlahan. Gendong si Kecil dengan posisi seperti berdiri, kemudian letakan kepalanya di pundak, lalu tepuklah punggung si Kecil dengan lembut.

Memeluk

Cara selanjutnya adalah dengan memeluk si Kecil. Pelukan dapat membuatnya merasa nyaman dan menghilangkan cegukan.

Mengganti Posisi Menyusui

Saat si Kecil sedang menyusui bisa terjadi cegukan karena ada udara yang ikut masuk ke mulut. Hal itu menyebabkan terjadinya cegukan. Gantilah posisi menyusui agar tidak ada lagi udara yang ikut masuk.

Membuat Sendawa

Membuat si Kecil bersendawa akan menghilangkan gas yang menyebabkan cegukan. Bantu si Kecil bersendawa dengan menepuk punggungnya secara lembut.

Berikan Dot

Saat si Kecil cegukan secara tiba-tiba, Moms bisa memberikan susu dengan botol dot untuknya. Gerakan menghisap dot akan membantu mengendurkan diafragma sehingga cegukan berhenti. Usahakan posisi botol dot dimiringkan 45 derajat agar udara dalam botol tidak ikut masuk tertelan.

Memberi Makanan

Apabila Si Kecil sudah mengonsumsi MPASI, Moms dapat memberikan makanan sedikit demi sedikit dan perlahan agar si Kecil tidak terburu-buru menelan. Pangku si Kecil dan beri makanan sedikit demi sedikit.

Memberikan Susu

Bagi si si Kecil yang belum mengonsumsi MPASI dan tidak menggunakan dot, Moms bisa menyusuinya secara langsung. Susui secara perlahan dan sedikit demi sedikit agar tidak ada lagi udara yang masuk.

Menggendong

Menggendong si Kecil juga akan membuatnya terasa lebih nyaman saat sedang mengalami cegukan. Gendonglah selama kurang lebih 20 menit dengan posisi tegak sambil mengayunkan dan menggosok punggungnya dengan lembut. Gerakan ini juga akan membantu udara untuk keluar dan menghentikan cegukan.

Setelah melakukan cara-cara di atas biasanya cegukan akan hilang atau mereda sehingga si Kecil menjadi lebih nyaman. Tetapi apabila terjadi terus menerus mungkin ada permasalahan lain yang timbul.

 

Bahayanya Cegukan Terus Menerus

Umumnya cegukan pada bayi hanya berlangsung selama kurang lebih 10-20 menit saja. Apabila cegukan terjadi terus menerus bisa saja ini menandakan ada penyakit tertentu yang menyerang. Bila cegukan disebabkan oleh penyakit, maka akan diikuti gejala lainnya, seperti:

  • Muntah atau gumoh
  • Menjadi sering rewel
  • Sering melengkungkan badannya setelah makan, karena ada rasa tidak enak di perut
  • Mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya
  • Air liur berwarna kekuningan atau kehijauan
  • Kesulitan bernapas
  • Batu-batuk

Apabila cegukan lama tidak berhenti dan diiringi oleh gejala lainnya maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang lebih berisiko lainnya.

Saat bayi cegukan ia akan mengalami pergerakan spontan terus menerus, sehingga kulit si Kecil akan mudah mengalami gesekan dengan popok dan dapat menimbulkan merah dan ruam. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Moms menggunakan popok dengan bahan lembut dan nyaman di kulit si Kecil.

Popok Merries dapat menjadi solusi Moms agar kulit si Kecil selalu nyaman saat cegukan ataupun beraktivitas seperti biasa. Popok Merries hadir dalam berbagai pilihan, yaitu Merries Premium Tape, Merries Premium Pants, Merries Skin Protection, dan Merries Good Skin.

Merries Premium Tape merupakan popok dengan perekat lembut yang dapat dilepas pasang berulang kali. Popok ini bisa digunakan untuk bayi baru lahir karena tersedia dari ukuran New Born hingga ukuran L.

Merries Premium Pants adalah popok Merries berbentuk celana dengan karet di pinggang yang lembut dan fleksibel. Bagian karet dapat diregangkan hingga 2,5 kali sehingga si Kecil akan terasa nyaman saat menggunakan Merries Premium Pants.

Merries Skin Protection adalah popok pertama yang memberikan perlindungan dari ekstrak natural daun teh sehingga lebih higienis di kulit si Kecil. Lapisan anti bakterinya dapat melindungi si Kecil dari iritasi, ruam, dan gatal.

Merries Good Skin adalah Merries model celana dengan harga yang lebih ekonomis tetapi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk premium Merries. Memiliki desain dengan gambar menarik dan penuh warna sehingga si Kecil akan senang menggunakannya. Bagian karet juga lembut dan elastis sehingga nyaman dan tidak meninggalkan bekas di kulit si Kecil. Memiliki permukaan lembut dengan tiga lapisan bersirkulasi membuat kulit si Kecil bebas iritasi dan lembab. Merries Good Skin telah teruji klinis mencegah iritasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Indonesia (Perdoski).

Semua jenis popok Merries memiliki permukaan lembut, lapisan bersirkulasi udara, dan memiliki daya serap yang banyak dan cepat. Popok Merries akan membuat si Kecil merasa nyaman sepanjang hari meskipun ia aktif bergerak. Moms tidak perlu ragu lagi memilih popok Merries sebagai pilihan untuk si Kecil. Buat hari-hari si Kecil selalu nyaman dan tersenyum ceria dengan popok Merries!