Buah Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Merries Insight
24 Agustus 2021
Umum
Share
Buah Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan untuk ibu hamil sangatlah penting. Moms perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan Moms dan Si Kecil dalam kandungan. Buah menjadi sumber nutrisi yang mudah didapatkan dan memberikan banyak manfaat.

Tidak ada buah untuk ibu hamil yang dikhususkan wajib dikonsumsi, tetapi Moms bisa mencari buah yang kaya akan kandungan asam folat, vitamin C, beta karoten, dan kalium.

Moms dapat menyantap buah secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Agar tidak bosan Moms bisa memvariasikan penyajian menu buah, misalnya menjadi rujak, salad buah, jus, pie buah, dan lainnya. Perhatikan bahan pelengkapnya, pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa pilihan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

 

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

Beragam buah bisa Moms konsumsi selama kehamilan. Selain segar tentunya menyehatkan untuk Moms dan Si Kecil. Berikut ini beberapa buah yang baik untuk ibu hamil.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah untuk ibu hamil yang bisa menjadi sumber lemak baik dan berbagai vitamin. Alpukat baik untuk sistem pencernaan Moms dan dapat membantu perkembangan otak janin.

2. Kiwi

Buah kiwi bermanfaat untuk menjaga saluran pernapasan Moms tetap sehat. Kandungan vitamin A, C, E, asam folat, fosfor, dan kalium sangat baik untuk Moms dan Si Kecil.

3. Jeruk

Buah untuk ibu hamil lainnya yang bermanfaat untuk Moms adalah buah jeruk, Kandungan air yang tinggi membantu memenuhi kebutuhan cairan Moms. Vitamin C, folat, dan serat juga baik untuk Moms dan Si Kecil.

4. Pisang

Kalium yang terkandung dalam pisang dapat memberikan energi untuk Moms yang biasanya mudah lelah saat hamil. Buah pisang mudah dicerna sehingga nyaman untuk pencernaan ibu hamil.

5. Mangga

Selain jeruk, mangga juga menjadi buah untuk ibu hamil yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin A yang baik untuk janin agar saat lahir memiliki daya tahan tubuh yang baik.

6. Apel

Buah yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah apel. Buah apel mengandung vitamin A, C, dan kalium yang baik untuk Moms dan Si Kecil. Menurut penelitian, buah apel dapat mengurangi risiko Si Kecil terlahir dengan asma dan alergi.

7. Buah Bit

Ibu hamil sering mengalami anemia, untuk membantu mengatasinya Moms dapat mengonsumsi buah bit. Nutrisi yang terkandung dalam buah bit sangat banyak, misalnya asam folat, zat besi, serat, dan antioksidan.

8. Buah Beri

Buah untuk ibu hamil lainnya adalah berbagai macam buah beri seperti rasberi, bluberi, dan stroberi. Berbagai macam buah beri tersebut memiliki kandungan karbohidrat, serat, folat, dan vitamin C.

9. Anggur

Buah anggur mengandung antioksidan, vitamin C, folat, dan serat yang baik untuk meningkatkan imunitas. Mengonsumsi buah anggur baik untuk Moms karena membantu perubahan biologis yang terjadi ketika hamil.

Masih banyak berbagai buah-buahan yang baik untuk ibu hamil lainnya. Ingat Moms harus pastikan buah yang dikonsumsi telah dicuci dengan bersih. Sebaiknya Moms jangan memakan satu macam buah secara berlebihan. Makanlah berbagai macam buah-buahan agar bisa mendapat berbagai manfaatnya.  

 

Konsumsi Buah Mentah Untuk Ibu Hamil

Ketika Moms sedang hamil muda, biasanya sering merasa mual dan tidak nafsu makan. Biasanya ingin makan yang asam agar mual hilang, seperti mangga muda. Tetapi apakah sebenarnya boleh makan buah mentah bagi ibu hamil?

Sebenarnya tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk memakan buah mentah, tetapi secara kandungan nutrisi buah mentah lebih sedikit dibandingkan buah matang. Selain itu ada beberapa buah mentah yang mengandung getah, seperti pepaya. Getah tersebut mengandung zat yang kurang baik untuk kesehatan Si Kecil.

Jadi, ada baiknya Moms mengonsumsi buah matang agar bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Bila ingin makan yang asam saat hamil muda, Moms bisa mengonsumsi buah matang dengan rasa asam. Contoh buah yang baik untuk ibu hamil muda dengan rasa asam adalah mangga, jeruk, dan kiwi.

 

Buah yang Dihindari Ibu Hamil 

Faktanya tidak ada buah untuk ibu hamil yang dilarang untuk dikonsumsi, selama dalam jumlah yang wajar. Berlebihan dalam mengonsumsi sesuatu pasti akan menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa buah yang sebaiknya Moms hindari dan batasi jumlahnya selama hamil.

1. Durian

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh sama sekali makan durian. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena durian memiliki kandungan glukosa yang tinggi yang bisa membuat Moms diabetes dan obesitas. Namun, selama Moms mengonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebih maka akan aman. Buah durian mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil.

2. Nangka

Sama seperti durian, banyak mitos yang mengatakan nangka berbahaya bagi ibu hamil. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hal tersebut benar. Buah nangka sendiri memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Tetapi Moms tetap perlu membatasi jumlah buah nangka yang dikonsumsi, karena dapat mempengaruhi kadar gula darah.

3. Pepaya Mentah

Buah untuk ibu hamil lainnya yang perlu Moms perhatikan jumlahnya adalah pepaya mentah atau muda. Pepaya mentah dengan kulit yang masih hijau memiliki getah yang mengandung enzim papain. Enzim papain dapat menimbulkan efek yang merangsang persalinan, untuk itulah sebaiknya Moms tidak boleh mengonsumsi secara berlebih. 

4. Nanas

Buah nanas memiliki enzim bromelain yang dapat meningkatkan risiko keguguran. Tetapi buah nanas sendiri memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang baik untuk ibu hamil. 

Moms masih diperbolehkan mengonsumsi nanas selama jumlahnya sedikit. Buah nanas juga bisa Moms konsumsi saat mendekati hari melahirkan sebagai salah satu induksi alami.

 

Buah Sebagai MPASI

Kandungan nutrisi buah tidak hanya baik untuk Moms tetapi juga untuk Si Kecil. Moms bisa memperkenalkan berbagai rasa buah saat ia sudah masuk tahap MPASI.

Berbagai menu MPASI dengan buah-buahan dapat Moms berikan sehingga Si Kecil akan terbiasa mengonsumsi buah nantinya. Moms dapat membuat puree buah untuk makanan selingan, caranya cukup menghaluskan buah dengan saringan atau bisa dengan blender. 

Untuk buah yang mengandung banyak air Moms memerasnya dan memberikannya sebagai minuman. Sedangkan buah yang lunak seperti pisang Moms dapat memberikannya langsung dengan mengerok atau menghaluskannya dengan sendok.

Jangan campurkan air dan pemanis apapun ke dalam menu buah, biarkan Si Kecil makan rasa asli dari buah.

Selain memberikan MPASI yang terbaik dan sehat untuk Si Kecil, Moms juga perlu memperhatikan penggunaan popok yang nyaman. Moms bisa menggunakan popok Merries untuk Si Kecil.

Popok Merries merupakan popok pilihan No.1 para ibu di Jepang dengan berbagai tipe dan keunggulan masing-masing. Salah satunya adalah popok Merries New Born Tape yang memiliki lapisan permukaan lembut bagi kulit bayi yang baru lahir.

Selain itu, lapisan penyerapnya memiliki kemampuan menyerap yang baik dan daya tampung banyak. Si Kecil akan merasa nyaman saat tidur hingga pagi karena popok tidak mudah bocor dan nyaman. Yuk Moms pastikan Si Kecil mendapatkan yang terbaik dan selalu nyaman dengan popok Merries.