Waspadai Penularan Flu Perut Pada Si Kecil!

Merries Insight
07 Mei 2016
Kesehatan
Share
Waspadai Penularan Flu Perut Pada Si Kecil!

Oke Moms, ini memang agak sedikit aneh dan asing di telinga. Pasalnya, selama ini kita hanya tahu flu itu merupakan penyakit akibat serangan virus influenza yang menyebabkan demam, sakit kepala, hidung meler dan lainnya. Atau ada juga flu tulang yang kebanyakan diderita kamu dewasa.

Teru apa dong flu perut. Apakah berbahaya?

Sama seperti penyakit lainnya, flu perut merupakan salah satu penyakit yang wajib diwaspadai. Pasalnya, penyakit yang dalam dunia medis lebih dikenal dengan nama Gatroenteritis ini akan membuat si kecil menderita diare parah, nyeri perut, demam, menggogil dan lainnya.

Uniknya lagi, walaupun bernama flu perut, gatroenteritis tidak disebabkan oleh virus influenza, melainkan virus lainnya, seperti rotavirus, calicivirus, adenovirus, dan astrovirus. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, flu perut bisa disebabkan bakteri Salmonella, Staphylococcus, E. Coli atau bahkan giardia.

Mengenai tingkat bahayanya sendiri, gatroenteritis bisa dikategorikan bahaya sesuai dengan bakteri penyebabnya. Selain itu, semakin tinggi dan parah gejalanya, maka semakin bahaya juga dampaknya. Dalam kondisi tertentu, bisa menyebabkan kematian lho!

Sangat menular

Selain sangat berbahaya tergantung dari tingkat keparahan gejalanya, gatroenteritis pun dikenal sangat menular. Yang paling ditakutkan, si kecil yang tertular penyakit ini, kadang tidak menunjukan gejala-gejala yang bahaya, tapi akan langsung memberikan serangan kejutan yang nggak disangka-sangka.

Mengenai media penularannya, gatroenteritis bisa menular lewat penggunaan piring dan perangkat makan yang sama dengan penderita flu perut. Dalam penelitian terbaru di Inggris, flu perut kebanyakan beredar di area dyacare dan kebanyakan menyerang anak-anak diusia bayi hingga balita.

Bagaimana cara penanganannya?

Barbara Frankowski, selaku dokter spesialis anak dari Vermont Children’s Hospital di Burlington, menyatakan jika flu perut merupakan penyakit yang membutuhkan penanganan cepat. Semakin cepat anda membawa si kecil ke dokter atau rumah sakit, maka semakin besar kemungkinan si kecil untuk sembuh.

Selain itu, berikan selalu si kecil air putih dalam jumlah yang cukup untuk mencegahnya mengalami dehidrasi, terlebih kalau penyakit ini telah membuat si kecil muntah dan diare yang sangat parah. Menurut Barbara, gejala ini menunjukan jika flu perut disebabkan karena bakteri E. coli.

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya pastikan si kecil dalam kondisi bersih, baik lingkungan atau tubuhnya sendiri. Kalau anda ingin menitipkan si kecil ke daycare, sebaiknya berikan perangkat makan pribadi yang anda bawa sendiri dari rumah, dan hanya boleh digunakan oleh si kecil.

Ingat Moms, waspada dan melakukan pencegahan sedak dini merupakan hal yang terbaik bisa anda lakukan bagi si kecil. Selamat mencoba!