Bagaimana Mengatasi Ruam pada Si Kecil

Ask the Expert
2 bulan lalu | Ditanyakan oleh Sahara

Moms bertanya dong bagaimana cara mengatasi ruam pada si kecil soalnya anakku ruam dan jadi rewel

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Simak berikut ini:

1. Pastikan Anda rutin mengecek popoknya

Poin ini sangat penting sekali, yaitu mengecek popok bayi Anda, apakah sudah basah atau kotor? Anda juga perlu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengganti popok bayi Anda.  Bersihkan area kulit yang tertutup popok dengan kain lembut atau dengan menyemprotkan air dari botol. Anda juga bisa mengelapnya dengan tissue, tapi jangan menggosoknya terlalu keras. Hindari juga tissue basah yang mengandung alkohol atau pewangi. Ketika Anda memandikan bayi Anda, gunakan sabun lembut, tepuk-tepuk bagian yang munculnya ruam.

Usahakan bayi Anda memiliki jam-jam di mana ia tidak memakai popok. Hal ini dapat membuat kulitnya tetap kering dan bebas dari gesekan. Saat tidak memakai popok, Anda bisa membaringkannya di atas handuk.

2. Rutin mengganti popoknya

Saat ruam muncul pada kulit bayi Anda, rutin mengganti popok adalah hal yang sangat harus dilakukan. Kapan Anda harus menggantinya? Nomalnya memang 2 sampai 3 jam sekali. Tapi usahakan untuk secepat mungkin, saat sudah terlihat kotor, Anda harus langsung menggantinya. Ruam ditambah kulit yang lembap dapat memicu iritasi yang semakin menjadi-jadi.

Begitu juga dengan cara saat memakaikan popok pada bayi, usahakan popok tidak dibalutkan dengan ketat, agar kulitnya dapat bernapas dan ruam tidak menjadi parah. Pastikan Anda menunggu kulit bayi kering terlebih dahulu, sebelum diberikan popok baru. Popok yang sekali pakai juga dapat membantu kulit bayi Anda tetap kering.

3. Memberikan krim atau gel untuk bayi

Anda juga bisa menggunakan krim yang mengandung zinc untuk meredakan ruam kulit, serta mencegah iritasi lainnya. Anda bisa bertanya pada dokter atau apoteker tentang krim yang baik untuk dioleskan pada kulit bayi. Hindari menggunakan krim steroid (hydrocortisone) kecuali dokter meresepkannya. Jenis krim tersebut dapat mengiritasi kulit pantat bayi, apalagi jika pemakaiannya tidak tepat.

Setelah memakaikan krim yang tepat, Anda bisa oleskan petroleum jelly, agar krim tidak menempel di popok. Gel seperti vaseline mungkin cocok untuk diaplikasikan, selain kandungan parfumnya yang sedikit, harganya juga terjangkau. Tipe gel ini juga tidak terlalu kuat, sehingga aman digunakan.

Tulis Komentar

1 Komentar


Yulia Fitriani 2 bulan lalu
Thank dok