Tips Memilih Baby Wipes yang Tepat untuk Si Buah Hati

Merries Insight
04 Maret 2016
Kesehatan
Share
Tips Memilih Baby Wipes yang Tepat untuk Si Buah Hati

Baby wipes adalah perlengkapan si kecil wajib yang Moms siapkan untuk membersihkan kulit si kecil dari kotoran. Misalnya Si kecil yang sudah mulai belajar makan sendiri tentu ia belum bisa untuk makan dengan rapi. Atau Si kecil yang sudah belajar merangkak sana sini, Moms harus membersihkan tangannya sebelum makan agar kotoran di tangan tidak masuk ke mulut. Nah ada banyak sekali pilihan baby wipes yang bisa Moms pilih yang beredar di toko tapi tidak semuanya cocok baik untuk si kecil maupun untuk Moms sendiri. Jadi gimana cara pilih baby wipes yang tepat untuk keamanan Si kecil?

Tanpa parfum untuk yang sensitif

Berbagai produk baby wipes dijual dengan keharuman yang berbeda-beda ada yang wanginya enak ada juga yang terlalu berlebihan dan menusuk hidung. Tapi tidak semua kulit si kecil bisa tahan dengan kandungan parfum dan alkohol yang ada pada baby wipes. Kulit si kecil yang sensitif bisa jadi iritasi dan kemerahan menandakan Si kecil tidak cocok dengan baby wipes yang dipakai. Untuk kulit Si kecil yang sensitif, Moms bisa menggunakan baby wipes yang tanpa parfum alias tidak ada wangi-wanginya. Moms juga bisa beli baby wipes dari toko si kecil organik yang kandungan kimianya masih aman untuk Si kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Sekali pakai atau bisa dicuci?

Untuk Si kecil yang masih berusia beberapa minggu produk yang digunakan sebaiknya adalah yang bisa dipakai kembali. Baby wipes yang reusable terbuat dari bahan kapas dan tidak menyebabkan kulit Si kecil iritasi. Sedangkan si kecil yang sudah lebih besar bisa menggunakan baby wipes yang sekali pakai. Tapi sekali lagi, perhatikan reaksi kulit pada Si kecil setelah memaki baby wipes. Bisa jadi meski sudah menggunakan baby wipes tanpa parfum tapi masih menyebabkan kulit kemerahan dan menimbulkan ruam. Maka dari itu Moms bisa tetap menggunakan baby wipes yang reusable untuk selanjutnya, lagi pula bisa lebih hemat biaya pengeluaran kan?

Sesuai dengan kebutuhan

Baby wipes dijual dalam berbagai wadah, ada yang dalam wadah tabung, travel pack, atau dalam wadah kotak. Satu wadah juga macam-macam isinya, mulai dari beberapa lembar tisu, bahkan ada yang sampai ratusan. Moms bisa pilih berdasarkan kebutuhan misalnya seberapa sering Si kecil butuh baby wipes, seberapa praktisnya wadah baby wipes disimpan dalam tas ketika keluarga bepergian, atau seberapa cocoknya sebuah merk baby wipes pada kulit si kecil.