Senam Kegels Itu Apa Sih?

Merries Insight
18 Januari 2016
Kesehatan
Share
Senam Kegels Itu Apa Sih?

Hallo Moms, ada yang tahu apa itu yang dimaksud senam sehat kegels? Kok saat ini lagi marak-maraknya, ya para Moms ingin mendalami senam kegels? Latihan senam kegels ini ditemukan oleh Dr. Arnold Kegel sekitar tahun 1948. Sedangkan otot-otot yang dilatih itu meliputi otot yang berkaitan dengan panggul yang berfungsi sebagai penyokong saluran kemih, kandung kemih, rahim serta rektum.

Bagi para Moms yang ingin melakukan senam sehat kegels ini, harus paham betul mana otot-otot yang harus dikerutkan dan dilepaskan. Jika Moms masih bingung, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter keluarga ataupun dokter langganan yang akan membantu menemukan otot-otot panggul secara benar. Karena, perlu Moms tahu kalau salah dalam praktiknya, hal ini malah bisa menyebabkan infeksi saluran kemih lho Moms. Makanya harus hati-hati dan dilakukan secara benar ya Moms.

Untuk lebih detailnya, Moms perlu mengetahui manfaat lebih jauh akan senam kegels itu sendiri. Salah satu manfaat dengan melakukan senam sehat kegels ini adalah memperkuat otot pinggul. Perlu diketahui Moms, kalau semakin kuat otot pinggul maka kualitas hubungan suami istri akan semakin baik lho Moms. Bahkan senam kegels ini juga mampu untuk memperlama durasi dalam berhubungan juga .

Wah, pastinya Moms semakin penasaran juga nih dengan manfaat senam sehat kegels selanjutnya. Untuk manfaat yang selanjutnya, dengan melakukan senam kegels ini, maka Moms akan lebih cepat dalam meraih puncak hubungan suami istri Moms. Asal Moms tahu, senam sehat kegels ini juga bermanfaat besar bagi wanita yang belum menikah lho. Manfaat tersebut meliputi mempersiapkan rahim sehingga akan memberi pengaruh besar saat prosesi melahirkan. Bahkan, senam kegels ini juga bisa dilakukan oleh pria juga yang akan memberikan manfaat lebih dalam untuk segi hubungan suami istri juga.

Sedangkan bagi Moms yang ingin mempraktikkan senam sehat kegels ini, menurut Dr Kegels, dalam praktiknya harus dilakukan secara bertahap. Pada awalnya, Moms bisa mengerutkan otot selama 5 detik dan mengendurkannya selama 5 detik pula. Untuk gerakan ini, Moms bisa ulangi sebanyak 4-5 kali. Dan untuk selanjutnya, Moms bisa tingkatkan intensitas gerakan mengerutkan serta mengendurkannya selama 10 detik.

Senam sehat kegels ini bisa Moms lakukan sambil duduk maupun berdiri, jadi mudah sekali. Tapi hati-hati ya Moms, jangan menegangkan otot di daerah perut, paha, dan pantat. Untuk hasil yang maksimal, Moms harus fokus pada otot panggul dan usahakan untuk tidak menahan napas. Cobalah untuk rileks dan fokus hanya pada pengencangan otot-otot di sekitar alat vital dan rektum ya Moms. Bagaimana Moms? Dengan cara sederhana, Moms bakalan mendapatkan manfaat yang luar biasa.