Seberapa Pentingkah Sendawa Pada Si kecil yang Baru Minum Susu?

Seberapa Pentingkah Sendawa Pada Si kecil yang Baru Minum Susu?

Mungkin Moms merasa khawatir saat Si kecil bersendawa mengeluarkan bunyi besar setelah minum ASI atau susu. Sebenarnya Moms tidak perlu takut. Pasalnya bila Si kecil tidak bersendawa, malah harus sengaja dibuat sendawa. Mengapa demikian? Pasalnya pada saat bersendawa itu pula Si kecil akan berusaha mengeluarkan gas yang turut masuk ke dalam perut saat menyusu. Sebenarnya seberapa penting sendawa pada Si kecil yang baru minum susu? Yuk Moms cari tahu!

Pentingnya Menyendawakan Si Kecil yang Baru Minum Susu

Si kecil yang baru lahir belum pandai menyusu secara benar. Sehingga tidak jarang terdengar suara mengecap saat mengenyot puting susu Moms ataupun dot. Pada saat itulah udara dari luar turut masuk ke dalam mulut dan perut Si kecil. Bila tidak disendawakan, maka Si kecil biasanya akan muntah, gumoh, atau malah tersedak air susunya sendiri. Hal inilah yang seharusnya dikhawatirkan.

Jangan sampai Si kecil tersedak air susu yang diminumnya karena bisa berbahaya. Namun, tidak lantas Moms mesti membuat Si kecil bersendawa tiap kali selesai menyusu. Berikut ini sedikit informasi seputar kapan saja Si si kecil mesti disendawakan.

  • Bila Moms memberi ASI secara langsung, tidak melalui botol, maka kebutuhan menyendawakan Si kecil lebih rendah. Apalagi bila Si kecil sudah lancar menyusu. Hal ini disebabkan saat menyusu langsung Si kecil hanya menelan sedikit udara dibanding menggunakan botol
  • Bila Si kecil tertidur lelap selesai menyusu, maka Moms tidak perlu bersusah payah menyendawakannya. Apalagi bila Si kecil tertidur pulas. Hal tersebut menandakan bahwa Si kecil tidak menelan banyak gas. Namun, usahakan saat tidur posisi kepala Si kecil lebih tinggi dibanding perutnya. Moms bisa juga menganjal tubuh Si kecil dengan bantal atau selimut agar sedikit miring. Hal ini bisa meminimalisir risiko Si kecil tersedak air susu yang diminumnya.
  • Setelah Si kecil memasuki usia 6-8 bulan, Moms tidak perlu menyendawakan lagi. Bersendawa cukup untuk Si kecil yang baru lagi dan belum tahu cara menyusu yang benar. Hanya saja, saat Si kecil belajar minum dari botol secara alami Si kecil akan menelan udara dari luar.
  • Bila Si kecil menangis atau terlihat tidak nyaman ketika menyusu, maka istirahatkan sebentar dari menyusu. Coba sendawakan Si kecil di tengah-tengah saat menyusu. Hal ini agar Si kecil tidak rewel. Pasalnya bila perut Si kecil terlalu banyak terisi gas bisa membuatnya menjadi tidak nafsu atau tidak nyaman.