Perubahan yang Terjadi Setelah Melahirkan

Merries Insight
13 Januari 2015
Kesehatan
Share
Perubahan yang Terjadi Setelah Melahirkan

Usai melahirkan kadang membuat sebagian Moms masih merasa belum lega. Pasalnya, kadang ada beberapa perubahan yang muncul pasca melahirkan, khususnya perubahan fisik. Berikut ini adalah beberapa perubahan signifikan pada tubuh wanita setelah melahirkan.

Rambut Rontok

Beberapa minggu pasca melahirkan, Moms biasanya akan mengalami masalah rambut rontok yang cukup parah. Rata-rata perempuan yang baru melahirkan akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya. Keadaan ini berbanding terbalik pada saat hamil di mana masa tersebut tidak akan terlalu merontokkan rambut. Setelah melahirkan, tubuh akan mengimbangi jumlah hormon sehingga menyebabkan Moms akan mengalami kerontokan rambut sekitar 6 bulan. Namun Moms tak perlu khawatir karena setelah hormon kembali normal atau seimbang, masalah ini akan hilang dengan sendirinya.

Perubahan Warna Kulit

Perempuan yang mengalami jerawat parah saat hamil akan menemukan kulitnya menjadi bersih pasca melahirkan. Moms kadang juga mengalami ruam merah di sekitar dagu dan mulut atau mengalami masalah kulit kering. Tetapi tak perlu khawatir karena masalah ini akan berakhir hanya dalam beberapa minggu setelah melahirkan.

Payudara Berubah

Payudara Moms mungkin akan bengkak, memerah, dan sakit karena menampung ASI. Pembengkakan biasanya akan mereda setelah 3 hari pasca melahirkan. Payudara juga akan mulai kendur karena kulit meregang. Jika tidak menyusui, Moms mungkin juga akan mengalami kebocoran ASI karena produksi ASI yang meningkat.

Perubahan Perut

Setelah melahirkan, rahim Moms masih tetap bulat dan mengeras. Setelah 6 minggu rahim akan mulai menyusut dan tidak akan terasa sakit lagi. Garis berwarna coklat di tengah perut akan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya. Namun bekas perut yang mengembang tidak akan hilang dengan mudah. Latihlah perut Moms dengan sit up setelah melahirkan. Jika rutin dilakukan, Moms akan mudah mendapatkan perut yang datar sama seperti saat sebelum hamil.

Kaki Bengkak dan Varises

Bengkak di kaki yang dialami selama hamil akan mulai berkurang setelah melahirkan. Untuk mengurangi bengkak, Moms dapat sering-sering berjalan. Varises mungkin dapat terjadi seiring penurunan berat badan setelah melahirkan. Namun varises tak akan hilang sepenuhnya.