Manjakan Moms dengan Pijatan Berikut untuk Mendukung ASI Eksklusif

Merries Insight
17 Juli 2015
Kesehatan
Share
Manjakan Moms dengan Pijatan Berikut untuk Mendukung ASI Eksklusif

Dads, ASI merupakan sebuah kebutuhan mendasar untuk bayi. Untuk itu, sudah menjadi tugas Dads untuk terus memberikan dorongan supaya Moms mau memberikan ASI eksklusif kepada si kecil, semua itu bertujuan supaya tumbuh kembang si kecil berjalan maksimal.

Banyak cara yang bisa Dads lakukan untuk mendukung kegiatan Moms selama menyusui, salah satunya adalah dengan memberikan pijatan kepada Moms supaya ASI yang dihasilkan semakin berlimpah, dan Moms pun merasa di dukung dan dimanjakan oleh Dad.

Pijatan tengkuk Moms supaya produksi ASI berlimpah.

Dr Utami Roesli, selaku Ketua Umum Sentra Laktasi, menyarankan kepada para suami untuk memberikan Back massage atau pijatan di tengkuk supaya Moms bisa menghasilkan ASI yang berlimpah. Tidak hanya itu, pijatan ini pun akan membuat Moms menjadi lebih rileks, dan merasa sangat dimanjakan.

Bagaimana caranya? Mudah kok, Dr.Utami menjelaskan jika di bagian dengung wanita, terdapat tonjolan tulang belakang kalau posisi kepala Moms sedang menunduk. Nah, dari tonjolan tersebut, Dad tinggal letakkan dua jari di sisi kiri dan kanan membentuk huruf V. Setelah itu baru Dad bisa memulai proses pemijatan dari atas ke bawah.

Dengan pijatan ini, biasanya Moms akan langsung merasa tenang dan secara otomatis ASI pun akan segera keluar. Pijatan ini sendiri bisa Dads lakukan di mana saja ketika Moms merasa kesulitan mengeluarkan ASI, atau ketika produksi ASI hanya sedikit. Dengan catatan, usahakan Moms dalam kondisi relaks.

Lebih lanjut lagi, Dr Utami menjelaskan jika hormon oksitosin sangat berpengaruh kepada produksi ASI. Karena itulah, tidak jarang produksi air ASI seorang wanita akan menurun drastis ketika dirinya merasa sedih, stres, kecewa dan timbul perasaan bersalah. Bagaimanapun juga, berpikir positif merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap Ibu menyusui.

Di sinilah peran Dads sangat dibutuhkan, utamanya untuk memberikan dukungan sekaligus sebagai penenang ketika Moms sedang merasa stres. Manjakan dirinya dengan apa yang Dads bisa. Dengan begitu, Moms pun akan merasa benar-benar dibutuhkan dan merasa dicintai.

Nah Dads, Dads sendiri bagaimana? Biasanya dukungan seperti apa yang Dads berikan kepada Moms tercinta yang sedang menyusui?