Manfaat Besar Membacakan Cerita Bagi Anak

Merries Insight
01 November 2015
Kesehatan
Share
Manfaat Besar Membacakan Cerita Bagi Anak

Moms, peribahasa mengatakan, buku merupakan gudang ilmu, dan membaca adalah kuncinya. Dengan kata lain, peribahasa tersebut menyatakan, dengan membaca kita akan mengetahui banyak hal di dunia ini, sesuai dengan buku yang kita baca. Baik itu tentang ilmu pengetahuan alam, dunia kedokteran dan lainnya.

Tapi bagaimana kalau si kecil belum bisa baca? Ya di bacakan dong Moms. Jangan khawatir, sama seperti membaca buku, membacakan cerita untuk si kecil pun banyak manfaatnya lho! Dilansir dalam parenting, berikut merupakan manfaat dari membacakan buku.

Meningkatkan Imajinasi

Membacakan buku untuk si kecil sangat efektif untuk mendorong banyak hal, termasuk mendorong keterampilan bahasa hingga mengaktifkan daya imajinasi si kecil. Dengan banyak mendengarkan cerita, otak si kecil akan lebih aktif untuk menggambarkan apa yang terjadi dalam cerita, sehingga imajinasi mereka pun akan terlatih dengan sempurna.

Mempercepat proses belajar membaca

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Chicago, menyatakan jika membacakan buku kepada anak balita, bermanfaat untuk mempercepat proses belajar membacanya nanti. Bahkan anak-anak yang sejak kecil terbiasa dengan buku bacaan, mereka akan cenderung lebih baik dalam pelajaran membaca ketimbang anak-anak yang tidak pernah mendengarkan cerita sejak kecil.

Baca Juga

Apakah Si Kecil Sudah Mulai Suka Mengarang Cerita Moms?

Rawat Si Kecil yang Lahir Prematur dengan Membacakan Buku

Mendengarkan Pendapat Anak Adalah Hal Kecil Berarti Besar

Mempercepat proses bicara

Anak-anak yang kerap mendengarkan orang tuanya membaca buku, akan cenderung memiliki Kosta kata yang lebih banyak ketimbang anak-anak yang tidak pernah dibacakan cerita oleh orang tuanya. Dengan demikian, anak yang sering mendengarkan cerita akan lebih cepat belajar berbicara, dan lebih banyak menguasai kosakata.

Gemar membaca

Anak yang sejak kecil biasa dibacakan cerita oleh orang tuanya, mereka akan cenderung tumbuh dengan buku. Dengan kata lain, mereka akan cenderung gemar membaca di waktu dewasa nanti, ketimbang mereka yang tidak pernah dibacakan cerita. Secara tidak langsung, hal ini akan menunjang prestasi akademik si kecil di sekolahnya nanti.

Bagaimana Moms, sudah tahu kan manfaat membacakan cerita kepada si kecil? Yuk mulai sekarang kita isi lemari buku di rumah dengan berbagai buku bermutu. Dengan banyaknya koleksi buku, di jamin si kecil akan terbiasa menjadikan mereka teman sejak usia dini. Selamat mencoba!

Baca Juga

Manfaat Besar Buah Pir untuk Si Kecil yang Masih Bayi

Rawat Si Kecil yang Lahir Prematur dengan Membacakan Buku

Apakah Si Kecil Sudah Mulai Suka Mengarang Cerita Moms?