Makanan yang Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Merries Insight
15 Agustus 2014
Kesehatan
Share
Makanan yang Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Gigi bayi mulai tumbuh saat si kecil memasuki usia 4 – 6 bulan. Pada tahap ini, Moms harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil. Dalam memilih makanan, pastikan si kecil diberi makanan yang dapat merangsang pertumbuhan giginya. Menemukan makanan untuk merangsang pertumbuhan gigi bukanlah hal yang sulit. Ada banyak biskuit bayi yang dijual di supermarket dapat menjadi makanan yang merangsang pertumbuhan gigi.

Saat hendak tumbuh gigi, bayi biasanya cenderung rewel dan senang menggigit sesuatu di sekitarnya. Beri si kecil makanan yang dapat dipegang dan digigit tetapi memiliki tekstur yang halus. Untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, Moms dapat memberinya biskuit bayi.

Jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan, Moms dapat memberinya makanan yang dapat dipegang dan digit seperti wortel rebus. Iris wortel tersebut dengan bentuk kecil memanjang kemudian rebus sampai lunak. Berikan pada si kecil dan biarkan ia memegang serta mencoba menggigitnya sendiri. Kebiasaan si kecil menggigit makanan inilah yang memiliki peranan penting dalam merangsang pertumbuhan giginya.

Tidak sedikit bayi yang rewel saat akan tumbuh gigi. Bahkan beberapa bayi ada yang sampai demam atau panas. Ini disebabkan karena gigi yang tumbuh akan menembus gusi. Moms tidak perlu khawatir, karena seiring berjalannya waktu gigi akan tumbuh dan rewelan si kecil akan berkurang.