Hati-Hati Moms, Balita Juga Bisa Obesitas

Merries Insight
21 Februari 2016
Kesehatan
Share
Hati-Hati Moms, Balita Juga Bisa Obesitas

Moms, tidak hanya orang dewasa saja lho yang dapat mengalami obesitas. Anak balita juga dapat mengalami permasalahan kegemukan. Masalah obesitas pada balita umumnya disebabkan oleh beberapa hal Moms. Sehingga dalam mengatasi masalah obesitas pada balita ini Moms harus ekstra ketat dan telaten.

Seperti yang Moms ketahui, obesitas memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait cara mengatasi obesitas pada balita Moms harus tahu terlebih dulu perihal penyebab mengapa si kecil dapat mengalami obesitas atau kegemukan ini.

  1. Memiliki pola makan yang buruk
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan camilan yang tidak sehat
  3. Jarang melakukan olahraga
  4. Dalam keluarga terdapat sejarah obesitas
  5. Mempunyai penyakit medis seperti: endoktrin, hingga permasalahan neurologis
  6. Pengaruh obat seperti steroid dan obat psikiatris
  7. Stres hingga berujung depresi

Hal-hal tersebutlah yang dapat membuat si kecil menjadi obesitas, jadi Moms harus mengontrol si kecil dengan baik ya. Selain itu, masalah obesitas pada si kecil juga dapat menyebabkan beberapa masalah fatal Moms, seperti meningkatkan resiko terserang penyakit jantung, memicu hipertensi, diabetes, masalah pada pernapasan, dan kesulitan untuk tidur.

Tentu Moms tidak ingin bukan si kecil mengalami hal tersebut? Moms dapat mencegah obesitas pada balita dengan cara mengatur pola makannya. Selain itu, Moms juga wajib memperhatikan jenis camilan yang diberikan, agar tidak berlebihan dalam mencerna kalori dan takaran gizi yang masuk ke tubuh si kecil seimbang Moms.

Namun, jika si kecil ini sudah terlanjur mengalami obesitas maka Moms harus segera menyeimbangkan kembali berat badannya menggunakan beberapa alternatif cara berikut ini:

  1. Sebaiknya mulai lakukan suatu program yang dapat membuat berat badan si kecil turun Moms. Moms dapat mengawalinya dengan mengajak anak berolahraga secara teratur. Obesitas pada balita ini dapat di atasi dengan sering melakukan olahraga, tidak perlu olahraga berat, seperti jalan kaki di saat pagi dan sore hari hingga mengajaknya bermain bola atau alternatif permainan lain yang dapat menghasilkan keringat.
  2. Sedikit demi sedikit mulai ubah perilaku makan si kecil. Mulai kurangi jatahnya mengkonsumsi nasi, caranya dengan melebihkan komposisi sayur dan mengurangi takaran nasi di piring, jika si kecil masih merasa lapar, berikan ia buah-buahan. Namun, pilihlah buah yang berserat dan sedikit kalori. Hindari alpukat, dan mangga. Untuk mengonsumsi buah-buahan ini, lebih baik di nikmati secara langsung, jangan dijadikan jus, Moms.
  3. Hindari mengonsumsi junk food dan soft drink ya Moms, karena makanan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan dan tinggi kolesterol.

Mengatasi obesitas pada balita memang diperlukan kesabaran Moms. Terlebih Moms juga harus mengatur pola makan si kecil. Namun, jika Moms ingin si kecil selalu sehat, hal-hal ini akan menjadi sesuatu yang mudah, kok.