Cara Perawatan Tali Pusat Bayi yang Baru Lahir

Merries Insight
19 Desember 2014
Kesehatan
Share
Cara Perawatan Tali Pusat Bayi yang Baru Lahir

Moms pastinya ada rasa cemas ketika akan membersihkan tali pusat bayi anda yang baru lahir. Sebenarnya tidak ada yang perlu dicemaskan. Berikut terdapat informasi bermanfaat seputar perawatan bayi baru lahir yaitu cara mudah bersihkan tali pusat bayi yang baru lahir.

Jika dulu orang tua kita mengajarkan kita menggunakan kapas yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan tali pusat bayi yang baru lahir, kini anda tak perlu lagi melakukannya. Mengapa? Karena justru dengan tidak melakukan apa-apa pada tali pusat bayi yang baru lahir menjadi cara yang paling efektif dan disebut-sebut sebagai perawatan yang terbaik untuk tali pusat bayi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian terbaru yang menunjukan bahwa tali pusat bayi yang baru lahir sebaiknya tidak perlu diberi perawatan apa-apa karena nanti dengan sendirinya bekas potongan tali pusat tersebut akan terlepas dengan sendirinya.

Bekas potongan tali pusat biasanya akan terlepas sekitar satu minggu hingga 10 hari pasca bayi dilahirkan. Tali pusat yang mengering sendiri hingga akhirnya terlepas dengan sendiri memiliki risiko terkena infeksi sangat kecil. Nah, untuk mengatasi gesekan antara popok dan bekas potongan tali pusat, anda dapat mengakalinya dengan melipat bagian teratas popok agar tidak mengenai tali pusat atau bisa juga dengan memakaikan popok khusus bayi yang baru lahir seperti Merries. Produk Merries memang ada yang dirancang khusus untuk bayi yang baru lahir. Produk popok bayi Merries yang khusus untuk bayi yang baru lahir memiliki desain khusus seperti adanya celah pada popok khusus untuk tempat bekas potongan tali pusat bayi.

Jika Moms menemukan adanya tanda-tanda infeksi seperti bekas potongan tali pusat bernanah, berbau, dan bahkan terjadi pendarahan, sebaiknya anda langsung periksakan segera ke dokter spesialis, Dokter pastinya mempunyai solusi khusus untuk menangani masalah infeksi pada bekas potongan tali pusat bayi. Moms juga bisa melakukan pertolongan pertama yaitu dengan membersihkan luka infeksi dengan pembersih yang aman untuk bayi lalu memberinya salep antibiotic yang aman untuk bayi.

Semoga bermanfaat ya Moms informasi perawatan bayi baru lahir ini.