Bagaimana Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil?

Merries Insight
25 Februari 2016
Kesehatan
Share
Bagaimana Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil?

Perut yang terus membuncit saat hamil akan sedikit mengurangi keleluasaan bergerak, terutama ketika Moms sedang duduk bersantai. Saat Moms sedang duduk, ada aturan-aturan yang harus Moms perhatikan agar sakit punggung selama hamil tidak terjadi.

Memang sakit punggung selama hamil tidak melulu disebabkan oleh cara duduk, tetapi disebabkan pula olah berat badan Moms yang kian bertambah selama mengandung si kecil. Namun, dengan menerapkan posisi duduk yang tepat saat hamil setidaknya sakit punggung dan tengkuk saat hamil dapat diminimalisir.

Nah, Moms posisi duduk yang tepat saat hamil berikut mungkin dapat membantu Moms menemukan kenyamanan saat bersantai.

Duduk di kursi

Posisi duduk yang tepat saat hamil jika tempat duduk adalah sebuah kursi yaitu dengan menyandarkan seluruh tulang belakang pada sandaran kursi. Usahakan Moms juga memilih dudukan yang empuk, ini ditujukan agar Moms lebih nyaman dan rileks saat duduk.

Dalam menentukan posisi duduk yang tepat saat hamil posisi kaki juga harus diperhatikan lho Moms. Jangan pernah biarkan kaki menggantung, jika kaki tak sampai letakkanlah bangku kecil untuk menyangga kaki. Ini ditujukan untuk menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan kaki tidak membengkak.

Duduk di lantai

Sebenarnya, duduk di lantai tak disarankan bagi ibu hamil. Namun, jika Moms terpaksa duduk di lantai ada juga kok posisi duduk yang tepat saat hamil. Caranya yaitu dengan posisi bersandar pada tembok. Jika memungkinkan, gunakan bantal sebagai alas duduk agar posisi tulang ekor yang menyembul keluar selama hamil tak mengganggu kenyamanan duduk.

Saat duduk di lantai, jangan biarkan kaki terlalu menekuk. Akan lebih baik jika menselonjorkan kaki dan menggerak-gerakkan kaki sesekali.

Sama halnya dengan berdiri, duduk juga tak boleh dilakukan terlalu lama. Karenanya setiap 2 jam sekali usahakan berdiri dan berjalan jalan atau paling tidak miringkan pantat sekali kali sambil duduk.

Tak hanya posisi yang tepat saat hamil yang kudu diperhatikan. Cara berdiri juga harus diperhatikan agar Moms dan debay tak cidera. Cara bangkit yang baik jika Moms duduk di atas kursi adalah dengan mencondongkan badan sedikit kedepan lalu menjejakkan satu kaki ke depan sedang satu kaki lainnya sebagai penyeimbang. Letakkan kedua tangan diatas paha dan dengan segenap tenaga berdirilah secara perlahan.

Jika Moms duduk di lantai, maka yang perlu Moms lakukan untuk berdiri adalah dengan memiringkan badan kesamping lalu menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk berdiri. Jika ada benda sekitar yang bisa dijadikan pegangan, Moms bisa meraihnya untuk menumpu berat badan.

Setelah berhasil berdiri, Moms tak boleh langsung melangkah. Sebaiknya diamlah sejenak dan biarkan tubuh seimbang terlebih dahulu. Baru setelah berdiri, Moms dapat mencoba untuk mulai berjalan.