Atasi Ketergantungan "Teman Tidur" Dengan Ini

Atasi Ketergantungan "Teman Tidur" Dengan Ini

Moms, pernah dengan istilah teman tidur? Pastinya dong, hampir setiap anak pasti akan memiliki teman tidurnya sendiri, baik itu berupa boneka atau guling khusus. Biasanya, orang tua akan memberikan teman tidur ini supaya si kecil mau tidur sendiri di kamarnya.

Tapi sayangnya, teman tidur yang awalnya hanya sebatas pengalih perhatian ini, malah bisa menjelma menjadi teman sejatinya yang tidak tergantikan. Bahkan lebih parahnya lagi, mereka bisa sangat ketergantungan karena sudah terlanjur nyaman bersama sang teman tidur tersebut.

Jika sudah begini, Moms sendiri kan yang akan kerepotan untuk memisahkannya? Nah, supaya si kecil tidak ketergantungan dengan teman tidurnya, berikut solusinya:

Buat batasan

Teman tidur terkadang merupakan teman bermain si kecil juga. Nah, supaya teman tidurnya ini tidak terlalu mendominasi, buatlah batasan. Misalnya, jika boneka Teddy merupakan teman tidurnya, berikan pengertian jika si Teddy ini hanya boleh di bawa ketika tidur saja. Selebihnya, suruh si kecil memilih mainan lainnya. Tentu saja ini harus dalam pengawasan anda.

Carikan pengganti

Baca Juga

Menyikapi Balita yang Rebutan Mainan dengan Teman Sebayanya

Dampingi Anak Atasi Konflik Dengan Teman

Jadilah Teman yang Baik untuk Si Kecil

Sebenarnya cukup mudah untuk mengalihkan perhatian si kecil dari satu mainan kepada mainan lainnya. untuk itu, coba tawarkan mainan lain, atau mungkin aktivitas luar yang bisa membuat si kecil sejenak melupakan boneka Teddy miliknya. Dengan begitu, Boneka Teddy tersebut tidak akan terlalu denominasi dalam kesehariannya.

Jadwal Mandi

Ingat Moms, bukan jadwal mandi si kecil Lho, tapi jadwal mandi si Teddy alias masuk Laundry. Untuk itu, ingatkan si kecil untuk rela melepas si Teddy agar menginap di tempat Laundry dengan alasan si Eddy sedang mandi. Dengan cara ini, si kecil akan diajari supaya terbiasa tidur tanpa si Teddy dan berusaha menghilangkan rasa ketergantungannya kepada teman tidur.

Intinya, berikan si kecil pengertian untuk tidak bergantung kepada sesuatu. Melatih si kecil untuk menjauh dari teman tidur merupakan salah satu cara untuk mengajarkan kepadanya tentang kemandirian. Semakin dini mereka di bina untuk mandiri, maka akan semakin mantap hasilnya di kemudian hari. Gimana, setuju Moms?

Baca Juga

Alasan Si Kecil Enggan Berbaur dengan Teman Sebayanya

Si Kecil sering "berulah", lebih baik time-out atau memberikan hukuman lain?

Dampingi Anak Atasi Konflik Dengan Teman