4 Pertanyaan yang Wajib Diajukan Saat Mengunjungi Dokter Kandungan

Merries Insight
30 November 2014
Kesehatan
Share
4 Pertanyaan yang Wajib Diajukan Saat Mengunjungi Dokter Kandungan

Saat hamil Moms tentu harus kontrol secara teratur ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin dan memastikan kehamilan baik – baik saja. Supaya kunjungan ke dokter kandungan benar – benar bermanfaat, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang wajib Moms tanyakan kepada dokter kandungan.

Berapa Usia Kehamilan

Dokter biasanya akan menentukan usia kehamilan dari 2 parameter yakni dari pemeriksaan USG dan hari pertama haid terakhir. Dengan mengetahui kapan hari pertama haid terakhir khususnya jika siklus haid teratur, dokter akan lebih mudah menentukan usia kehamilan secara akurat. Tetapi jika Moms lupa kapan hari pertama haid terakhir, maka akan dilakukan pemeriksaan USG. Makin dini periksa USG dilakukan, penentuan usia kehamilan tentu akan lebih akurat. Jika meleset biasanya hanya 1 atau 2 hari. Saat kontrol pertama, perkiraan tanggal persalinan biasanya sudah dapat diprediksi.

Apa Saja Pemeriksaan yang Wajib Dilakukan

Tes darah sangat dianjurkan sejak awal kehamilan seperti cek darah rutin meliputi komponen HB, leukosit, trombosit, dan hematokritnya. Ini dilakukan untuk mengetahui status Moms pada awal masa kehamilan secara laboratorium. Selain untuk mengetahui kondisi darah, pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya infeksi karena kaum hawa sering mengalami infeksi saluran kemih.

Apa Kehamilan Saya Normal

Hal selanjutnya yang wajib ditanyakan saat menemui dokter kandungan adalah apakah kehamilan Moms normal atau tidak. Dengan patokan usia kehamilan, kemungkinan pertama yang wajib ada adalah munculnya kantong kehamilan. Bila kantong tidak berkembang sesuai dengan usia kehamilan dan tidak ada janin di dalamnya, maka terdapat kelainan yang dikenal dengan telur kosong.

Apa Saja Suplemen yang Wajib Dikonsumsi

Dokter kandungan akan menyarankan kepada Moms untuk mengkonsumsi asam folat sejak 3 bulan sebelum kehamilan atau minimal sejak trimester pertama kehamilan. Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat bawaan pada bayi yang dikandung. Selain itu, tanyakan kepada dokter apakah ada suplemen lain yang perlu dikonsumsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin sehingga nantinya bayi dapat lahir sehat.