10 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Bayi Baru Lahir

Merries Insight
25 Januari 2015
Kesehatan
Share
10 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Bayi Baru Lahir

Setelah sukses melahirkan anak pertama, Moms tentu sangat gembira. Namun setelah itu, banyak hal membuat para Moms baru merasa khawatir seperti bentuk fisiknya hingga kebiasaan si kecil yang mungkin saja membuat Moms stress. Untuk mengurangi kecemasan Moms, berikut ini adalah 10 hal yang wajib Moms ketahui tentang bayi.

  1. Bayi Baru Lahir Terlihat Aneh

Kepala bayi baru lahir bentuknya mungkin nampak terlalu lonjong, khususnya bila lahir normal. Ini terjadi karena perjalanan bayi melewati jalan lahir. Kadang seluruh tubuh bayi yang baru lahir juga diselimuti dengan rambut halus di pundak, dahi, punggung, dan pelipis, khususnya bayi lahir prematur. Namun bulu-bulu tersebut akan menghilang sendirinya seiring ia tumbuh besar.

  1. Kulit Kering

Kulit alami bayi sebenarnya licin dan lembut karena selama 9 bulan berada di alam air. Setelah ia lahir kulitnya akan terkena udara terbuka sehingga kulitnya menjadi kering. Jadi ini adalah hal yang normal.

  1. Ubun-ubun Bayi Berdenyut

Ubun-ubun merupakan bagian lunak di puncak kepala bayi. Pada area ini tulang tengkorak masih belum bersatu sehingga terlihat berdenyut. Kondisi ini adalah normal.

  1. Warna BAB Bayi

Warna BAB pada bayi baru lahir sangat beragam. Biasanya berwarna hitam dan tak berbau. Semakin sering bayi minum ASI, warna BAB nya akan menjadi kuning.

  1. Bayi Memberi Tahu Soal Kecukupan Makanan

Bayi perlu mendapat ASI tiap 2-3 jam sekali. Ketika lapar ia akan menangis. Bayi yang kecukupan ASI kulitnya tidak keriput dan tidurnya lelap.

  1. Mandi Satu Kali Sehari

Bayi yang baru lahir dimandikan satu kali saja setiap hari menggunakan lap basah. Setelah berusia 8 hari baru boleh dimandikan sehari dua kali walaupun tali pusarnya belum puput.

  1. Banyak Tidur

Bayi baru lahir tidur 13-16 jam sehari. Bayi perlu dibangunkan tiap 2-3 jam agar ia menyusu.Pola tidur bayi kadang masih terbalik di mana ia kadang terjaga di malam hari dan tidur terus di siang hari.

  1. Sering Menangis

Tangis bayi merupakan cara ia menyampaikan perasannya entah lapar, kedinginan, sakit, risih, bosan, atau ingin didekap.

  1. Bayi Belum Kenal Ibu

Bayi baru mulai mengenal Moms secara visual setelah berusia 2 bulan.

  1. Fase Newborn Sangat Singkat

Hari–hari pertama kelahiran memang berat untuk Moms. Tetapi ini akan cepat berlalu dan Moms akan merindukannya.