Artikel Parenting

Tips Pintar untuk Rumah Aman Bagi Balita yang Aktif

10
Tips Pintar untuk Rumah Aman Bagi Balita yang Aktif

Memiliki balita yang aktif merupakan impian setiap orang tua. Tapi sayangnya, kekuatan ekstra mereka untuk menjelajah seluruh sudut rumah, terkadang harus ditebus dengan beberapa insiden yang bisa saja membuat si kecil cedera. Tentunya anda tidak ingin kan kejadian ini menimpa si kecil?

Jika anda ingin si kecil bebas bermain, tanpa harus khawatir dengan keselamatannya, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah, dengan mendekorasi ulang rumah agar ramah untuk balita. Berikut merupakan tips menciptakan rumah aman untuk balita yang super aktif.

Amankan stopkontak

Stopkontak listrik merupakan bagian rumah yang sangat berbahaya. Inilah alasannya kenapa standar IKR (Instalasi Kabel Rumah) PLN harus menepatkan stopkontak listrik, setidaknya dalam ketinggian 1,5 Meter. Tujuannya, agar si kecil tidak bisa menjangkaunya.

Kran air panas

Berhati-hatilah dengan kran air panas. Walaupun posisinya sulit dijangkau si kecil, tapi ketika anda sedang memandikan, atau sedang mencuci tangan si kecil, bukan hal mustahil dia akan meraihnya. Untuk itu, pisahkan kran air panas dalam wastafel rumah anda.

Pintu

Kebanyakan rumah sekarang ini sudah menggunakan penutup pintu otomatis. Untuk menghindari insiden tangan terjepit atau si kecil yang tertabrak ketika pintu ditutup, sebaiknya gunakan penutup pintu otomatis hidrolik yang menutup secara perlahan.

Obat-obatan

Selain aktif bergerak, si kecil pun kini sedang aktif mencoba rasa apapun makanan yang menurutnya asing. Banyak sekali insiden anak yang overdosis karena mengonsumsi obat keras milik dewasa. Untuk itu, usahakan tempatkan seluruh obat dalam kotak obat dan simpan di posisi yang sulit dijangkau si kecil.

Sudut Tajam

Beberapa ruangan atau furnitur rumah anda mungkin memiliki sudut tajam, misalnya saja sudut meja atau lemari besi. Nah, usahakan agar sudut ini tidak terlalu tajam dengan cara membungkusnya. Kalau ingin lebih aman, anda bisa menyimpan sementara furnitur tersebut.

Selain melakukan beberapa hal di atas, yang paling penting harus dilakukan adalah, tingkatkan pengawasan anda terhadap si kecil. Ingat, biarkan mereka bergerak aktif, tapi awasi dan jaga mereka dari berbagai hal yang berpotensi mencederainya. Selamat bermain Moms!

artikel terkait